Relawan Bergerak 1912 Papua Barat Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

Relawan Bergerak 1912 berasal dari kader Muhammadiyah

Jakarta, IDN Times - Relawan Bergerak 1912 Papua Barat Daya menyatakan dukungan resmi terhadap pasangan nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dalam Pilpres 2024.

Deklarasi dukungan tersebut dilakukan di Vega Hotel, Sorong, Papua Barat, pada Kamis (18/1/2024).

Koordinator Wilayah Relawan Bergerak 1912 Papua Barat Daya, Wiryawan Kresna Wisnu Brata menyebut, acara deklarasi itu juga dihadiri oleh pengurus pusat Relawan Bergerak 1912. Melalui deklarasi tersebut, Kresna mengaku optimis pasangan Prabowo-Gibran dapat memenangkan Pemilu 2024 di Papua Barat Daya.

Kresna mengaku, pihaknya akan segera melakukan konsolidasi bersama masyarakat di lapangan untuk memenangkan Prabowo-Gibran.

"Target yang akan kami sasar di Pemilu 2024 ini adalah generasi milenial (pemuda) di Papua Barat Daya," ujarnya dalam keterangan kepada awak media.

Baca Juga: Di Depan Relawan, TKN Sebut Banyak Pendukung Paslon Lain Pindah Haluan

1. Relawan Bergerak 1912 terdiri dari kader Muhammadiyah

Relawan Bergerak 1912 Papua Barat Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

Kresna mengatakan, kelompok Relawan Bergerak 1912 terdiri dari berbagai kader pemuda dari Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, hingga Ikatan Pelajar Muhammadiyah.

Oleh sebab itu, ia mengatakan, pihaknya mulai menjaring suara dari kelompok pemuda dan khususnya kelompok Muhammadiyah di wilayah Provinsi Papua Barat Daya. Melalui cara itu, ia berharap akan banyak mendapat tambahan suara dari generasi milenial.

"Kami hadir di Provinsi Papua Barat Daya berjumlah 60 orang dan terus konsolidasi ke enam kabupaten/kota," tuturnya.

Baca Juga: Maruarar Cabut dari PDIP, Ganjar: Ada Sesuatu dan yang Tahu Hanya Dia

2. Muhammadiyah secara kelembagaan tak berpihak pada paslon mana pun

Relawan Bergerak 1912 Papua Barat Deklarasi Dukung Prabowo-Gibranilustrasi capres dan cawapres (IDN Times/Aditya Pratama)

Kendati demikian, Kresna menegaskan, secara kelembagaan dan organisasi Muhammadiyah tidak memberikan dukungan terhadap paslon manapun.

"Kader-kader yang memiliki afliasi politik atau ingin melibatkan diri secara personal itulah yang kami libatkan. Jadi kami tidak memakai nama organisasi, maka yang kami gunakan nama Relawan Bergerak 1912,” tuturnya.

Baca Juga: Kemenhan Dinilai 11 dari 100, Anies Enggan Nilai Kinerja KLHK

3. Dinilai bisa melanjutkan estafet kepemimpinan Jokowi

Relawan Bergerak 1912 Papua Barat Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

Sementara itu, Koordinator Hukum Pusat Relawan Bergerak 1912 Afandi Affan menilai sosok Prabowo-Gibran sebagai penerus dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Oleh sebab itu, Relawan Bergerak 1912 memutuskan untuk mendukung Paslon Prabowo-Gibran seperti sebelumnya mendukung Jokowi-Ma'ruf pada Pemilu 2019.

"Relawan Bergerak1912 ini diarahkan agar menciptakan iklim politik yang gembira pada Pemilu 2024, untuk sejalan dengan nilai-nilai politik yang dibawa oleh Prabowo-Gibran," pungkasnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya