Kebakaran Hebat Terjadi di Timur Roma, Api Lahap Sejumlah Mobil 

Asap hitam membumbung ke langit ibu kota Italia

Jakarta, IDN Times - Kebakaran besar melanda bagian timur Kota Roma, Italia sejak Sabtu (9/7/2022). Kobaran api besar mengakibatkan timbulnya asap hitam tebal, yang membumbung ke udara dan membuat gelap sebagian langit ibu kota Italia.

Pada bulan lalu, kebakaran semak melanda bagian barat Kota Roma yang mengakibatkan dua orang ibu dan anak dilarikan ke rumah sakit akibat menghirup asap. Kepulan asap diketahui terlihat sampai ke jalan lingkar barat Roma atau Grande Raccordo Anulare, dikutip dari The Local

1. Kebakaran sudah terjadi di jalan Palmiro Togliatti sejak Sabtu sore

Kebakaran besar yang melanda area pinggiran Roma telah mengakibatkan kepulan asap tebal yang terlihat dari area pusat kota. Berdasarkan saksi mata, insiden kebakaran ini diketahui terjadi pada pukul 5.30 sore, pada area semak-semak di samping jalan Palmiro Togliatti. 

Kobaran api terus menjalar hingga membakar sejumlah kendaraan yang terparkir di jalan Tuscolana. Menurut keterangan dari warga lokal di lokasi kejadian, beberapa kali ledakan terjadi akibat api yang melahap mobil. 

Berdasarkan foto dari warga lokal, kobaran api yang sangat dekat dengan permukiman penduduk di Centocelle dan Cinecitta. Namun, tidak ada korban dalam insiden ini dan warga di beberapa bangunan harus dievakuasi, dilaporkan El Tiempo

Baca Juga: Kebakaran Hutan Hanguskan 1.500 Hektare, Butuh 3 Ribu Pemadam! 

2. Sebanyak 20 pemadan kebakaran sudah diterjunkan ke lokasi kejadian

Setelah satu hari mengupayakan memadamkan api, regu pemadam kebakaran yang datang ke lokasi kejadian berhasil mengendalikan kobaran api pada Minggu (10/9/2022). 

"Api yang menjalar sejak Sabtu sore di Roma sudah menghanguskan beberapa mobil yang terparkir di Centocelle. Kini kobaran api tersebut sudah berhasil dikendalikan," ungkap perwakilan regu Pemadam Kebakaran Kota Roma, dikutip La Prensa Latina

Sebanyak 15 hingga 20 kendaraan pemadam kebakaran sudah diluncurkan ke area tersebut, untuk memastikan api sudah berada di bawah kendali. 

Sementara itu, semua warga Kota Roma didesak untuk menutup jendela dan menggunakan masker di jalanan, terutama pada area yang terdampak asap hitam.

3. Kobaran api diduga berasal dari aksi pembakaran 

Menurut keterangan dari juru bicara Wali Kota Roberto Gualtieri, kebakaran ini disebabkan oleh pelaku yang membakar dengan sengaja. Ia menyebut bahwa api tersebut memang disengaja untuk merusak citra wali kota baru. 

Dilansir The Brussel Times, investigasi sudah dilangsungkan untuk mengetahui siapa pelaku kebakaran ini. Namun, masih belum diketahui apakah pelaku kebakaran ini berasal dari individu atau kemungkinan disebabkan oleh organisasi kriminal. 

"Kobaran api terbaru yang melanda Roma dalam beberapa hari ini adalah salah satu dari rentetan episode kebakaran besar, yang membuat Roma dan seluruh warganya terus diliputi ketegangan dan ketakutan," tutur Wali Kota Roberto Gualtieri, dikutip Euractiv

Gualtieri, yang baru menjabat pada Oktober 2021, menambahkan bahwa ini saatnya untuk memodernisasi dan merevitalisasi Kota Roma. Ia juga menegaskan pentingnya untuk mengatasi masalah sampah perkotaan di ibu kota Italia. 

Baca Juga: Sungai Terpanjang Italia Alami Kekeringan Terburuk dalam 70 Tahun

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya