Comscore Tracker

YouTuber Tertua di Dunia Asal India Meninggal Dunia di Usia 107 Tahun

Selamat jalan Mastanamma!

India, IDN Times - Youtuber tertua di dunia yang terkenal dengan aksi memasak uniknya, Karre Mastanamma meninggal pada hari Senin lalu (03/12). Mastanamma meninggal dalam usia 107 tahun di desanya, Gudiwada, distrik Guntur. Melansir BBC, Sang nenek dikabarkan sudah mengalami sakit sejak enam bulan yang lalu.

1. Tenar di dunia maya berkat aksi memasaknya yang unik

YouTuber Tertua di Dunia Asal India Meninggal Dunia di Usia 107 Tahunyoutube.com

Dia meraih ketenaran di internet berkat aksi memasaknya, yang terdiri dari hidangan lokal dan tidak biasa. Saluran YouTube-nya, Country Foods, memiliki lebih dari satu juta subscriber dengan ratusan video memasak, termasuk yang paling ikonik yaitu watermelon chicken.

Channel yang dikelola oleh cucu dan temannya, diluncurkan pada tahun 2016 dan langsung hits di dunia maya. Lahir di negara bagian Andhra Pradesh,  dalam video Youtub-nya, dia sering duduk di lapangan terbuka di desa terpencil dengan peralatan memasak dan peralatan makan yang minim.

Dia akan menggunakan kukunya untuk mengupas sayuran, dan pisau tua bergaya India untuk memotongnya. Makanan disajikan di daun pisang tradisional India selatan.

2. Kabar duka diumumkan melalui sebuah video

YouTuber Tertua di Dunia Asal India Meninggal Dunia di Usia 107 Tahuntwitter.com/Arundhati_Rout

Kabar tentang kematiannya datang setelah penggemar mulai bertanya tentang mengapa video di channel Youtube-nya berhenti. Saluran tersebut, yang dimulai dan dijalankan oleh mediaperson yang berpusat di Hyderabad, K Laxman dan Srinath Reddy, kemudian mengumumkan berita duka tentang  Mastanamma melalui sebuah video, yang merekam perjalanan terakhirnya ketika desanya berkabung untuknya.

Mastanamma cepat menjadi populer karena banyak olahan makanan lautnya. Dia juga menikmati memasak hidangan yang lebih esoterik, yang bersifat lokal untuk komunitasnya serta eksperimennya sendiri seperti dari kepala babi, kepala domba hingga Semangka ayam dan kari siput, bahkan hingga ayam goreng ala KFC dengan bumbu Andhra

3. Sosok yang inspiratif

YouTuber Tertua di Dunia Asal India Meninggal Dunia di Usia 107 Tahunfreepressjournal.in

Kehidupan Mastanamma penuh dengan perjuangan dan sangat inspiratif. Dia telah kehilangan suaminya sejak berusia 22 tahun. Dia juga kehilangan lima anaknya akibat Kolera.

Untuk mencari nafkah, Mastanamma bekerja di ladang pertanian/ Cara memasaknya mampu menarik perhatian orang-orang di desanya. Namun kepopulerannya akhirnya mampu menyebar ke seluruh dunia setelah sebuah restoran yang dikelola cucunya, Lakshman menyediakan menu yang dipilihkan dan dimasak sendiri oleh Mastanamma, yang kemudian di upload ke Youtube.

Dalam memasak, sang nenek percaya jika cara zaman dulu dengan menggunakan kayu dan di lapangan terbuka adalah yang terbaik.

4. Perjalanan terakhir the Cooking Queen, RIP Mastanamma

https://www.youtube.com/embed/5PnvJnOUUfs

Baca Juga: SkinnyIndonesian24 Jadi YouTuber Indonesia yang Masuk YT Rewind 

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You