Fakta Menarik Monster Lapis Baja Ukraina T-64BV

Tua bukan berarti lemah

Jakarta, IDN Times - Sudah satu bulan pertempuran antara pasukan Ukraina dan Rusia membara di Eropa Timur. Perang ini dicap sebagai peperangan terbesar di Eropa semenjak Perang Dunia ke-2. Berbagai jenis alutsista yang dimiliki Kiev dan Moskow pun saling berhadapan satu sama lain, terutama tank. 

Layaknya Rusia, Ukraina mewarisi ribuan tank dalam berbagai jenis pasca kejatuhan Uni Soviet. Ukraina diketahui mengandalkan empat jenis tank tempur, yakni T-64, T-72, T-80, dan T-84. Meskipun begitu, T-64 model BV menjadi tank utama dalam perangnya melawan Rusia, di mana tank ini memang sudah lama menjadi tulang punggung angkatan darat Ukraina. 

T-64BV bukan tank terbaik ataupun tercanggih yang dimiliki Ukraina. Tetapi kehadirannya sudah lebih dari cukup untuk mendukung militer negeri keranjang roti Eropa tersebut. Berikut adalah fakta-fakta menarik seputar monster lapis baja T-64BV pelindung Ukraina. 

1. Tank tempur utama hadapi amukan Rusia

Kemampuan tempur tank T-64BV tidak bisa diremehkan sama sekali. Walaupun tergolong alutsista tua, namun tank tempur ini berhasil membuktikan taringnya di hadapan Rusia. Tank model T-64 pertama kali diluncurkan Uni Soviet pada 1960an. Varian ini menjadi satu-satunya tank tempur Soviet yang tidak diekspor ke luar negeri. Sedangkan T-64BV mulai diproduksi Soviet di tahun 1980. 

Ketangguhan T-64BV sebenarnya kalah jauh pasca kemunculan T-72 yang mayoritas digunakan oleh Rusia. Tapi semenjak Ukraina terus mengembangkan teknologi dari armada T-64BV perbandingan kekuatan tersebut secara bertahap bisa dikejar, seperti yang dilansir dari Forbes

Situasi ini terbukti menolong Ukraina sebagaimana militernya masih dapat bertahan dari terjangan tank tempur Rusia yang membabi buta. Bahkan T-64BV terlihat aktif mempertahankan garis pertahanannya di Kota Mariupol yang tengah dikepung militer Rusia.

Spesifikasi T-64BV:

  • Senjata utama meriam 125mm 2A46M
  • Senjata mesin 12.7mm NSVT dan 7.62mm PKT koaksial
  • Perlindungan ERA Kontakt-1
  • Kecepatan jalan raya 45 km/jam
  • Jarak tempuh 600 km

2. Jumlah T-64BV Ukraina tidak main-main

Fakta Menarik Monster Lapis Baja Ukraina T-64BVFormasi BMP-1, BTR-4, dan T-64BV Ukraina memperingati Hari Kemerdekaan (twitter.com/RALee85)

Baca Juga: 5 Klub Ukraina yang Terdampak Konflik Ukraina dan Rusia

Setidaknya enam ribu tank tempur Soviet menghiasi gudang-gudang militer Ukraina. Hanya dengan minimnya anggaran membuat Kiev untuk mengandalkan seperenam dari total keseluruhan yang ada. Melansir The Military Balance 2021, Ukraina memiliki 620 T-64BV yang tersebar di seluruh negeri.

Apabila dibandingkan dengan Rusia tentu jumlah ini tidak sebanding dengan armada tank Kremlin. Namun, selama perang berlangsung besarnya jumlah tank Rusia gagal membuat Kiev kewalahan, di mana batalion tank T-64BV Ukraina terus memberikan perlawanan yang menggigit. Sejauh ini militer Ukraina hingga per 27 Maret 2022 telah kehilangan 66 unit T-64BV. 

3. Mendapatkan pembaruan modern dalam beberapa tahun terakhir

Fakta Menarik Monster Lapis Baja Ukraina T-64BVT-64BV model 2022 yang diujicoba oleh militer Ukraina (mil.in.ua)

Ukraina mengalami kesulitan mengembangkan tank-tank baru dikarenakan terbatasnya anggaran. Kondisi ini lalu membuat Kiev memilih untuk meningkatkan kemampuan ribuan tank yang mereka miliki ke standar yang paling modern. Salah satu tank yang menjadi perhatian mereka adalah T-64BV. 

Dikutip dari The Defense Post, walaupun mayoritas T-64BV yang digunakan Ukraina masih menggunakan teknologi lama, tetapi di antaranya sudah mendapat pemutakhiran terbaru sesuai dengan model 2017. Upgrade yang dijalani T-64BV model 2017 berfokus pada pemasangan infra merah dan alat navigasi baru. 

Bahkan beberapa minggu sebelum Rusia menginvasi Ukraina, Kementerian Pertahanan Ukraina mengumumkan pembaruan T-64BV ke model 2022. Varian ini memiliki keunggulan pada lapisan pelindung, radio, hingga mesin terbaru.

4. Menggantikan peran T-80 dan T-84

Fakta Menarik Monster Lapis Baja Ukraina T-64BVTank T-84 Ukraina yang jumlahnya sangat sedikit (twitter.com/DPRKJones)

Peperangan sengit yang dihadapi Ukraina melawan lautan monster lapis baja Rusia membuat mereka lebih berhati-hati. Militer Ukraina memiliki tank-tank yang seharusnya jauh lebih baik ketimbang varian T-64BV, seperti T-80UD dan T-84. Hanya jumlah dari kedua tank tersebut sangatlah terbatas. The Military Balance 2021 mencatat bahwa Ukraina secara resmi mempunyai 4 unit T-84 dan 34 unit T-80UD.

Di sisi lain, kedua varian tank tersebut sudah lama tidak mendapat pembaruan khusus sehingga dari segi persenjataan hingga perlindungan sudah ketinggalan jaman, seperti dilansir dari Military Watch Magazine. Situasi ini secara terpaksa mendorong militer Ukraina untuk lebih mengandalkan T-64BV daripada secara terang-terangan mengerahkan tank 'tua' mereka.

5. Beberapa T-64BV berhasil direbut kembali dari tangan separatis

Sepak terjang T-64BV melawan Rusia sebenarnya sudah dimulai sejak pecahnya Perang Saudara Ukraina 2014 silam. Pasukan separatis Donetsk dan Luhansk yang disokong Rusia pada awal-awal hingga puncak konflik pada 2015 berhasil merebut T-64BV dari militer Ukraina. 

Namun dengan pecahnya perang Ukraina-Russia, tank-tank T-64BV yang sebelumnya digunakan pasukan separatis ternyata berhasil diambil alih kembali. Salah satunya seperti contoh di atas yang menunjukkan seorang personel militer Ukraina berpose di samping T-64BV milik pasukan separatis di sekitar Kota Mariupol.

Situasi senjata makan tuan ini memang marak terjadi. Tidak hanya persenjataan Ukraina, alutsista Rusia, seperti tank, yang ditinggalkan krunya juga digunakan kembali oleh militer Ukraina guna melawan agresi Kremlin.

Baca Juga: Rusia Klaim 1.351 Tentaranya Tewas, Sementara Ukraina 14 Ribu

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya