Kabar Gembira! Wanita Arab Saudi Akhirnya Bisa Masuk Stadion

Memang selama ini mereka gak masuk stadion ya? Temukan jawabannya di dalam artikel ya

Setelah diizinkan mengemudi, wanita di Arab Saudi kembali mendapat angin segar. Khususnya bagi para wanita pecinta sepak bola. Pada tahun 2018 nanti, wanita Arab Saudi diizinkan untuk masuk stadion.

Memang belum semua stadion boleh dimasuki wanita. Namun, sedikitnya tiga stadion di kota besar akan boleh dimasuki wanita pada 2018 mendatang.

Ketiga stadion itu adalah King Fahd Stadium di Riyadh, King Abdullah Sport City di Jeddah, dan Prince Mohammed Bin Fahd Stadium di Dammam. Kemungkinan besar nanti, para wanita akan duduk terpisah dengan para pria di tribun.

Mengingat, selama ini pemerintah Arab Saudi juga memisahkan tempat duduk pria dan wanita di tempat-tempat umum.

Kesempatan perdana para wanita duduk di stadion adalah saat kerajaan Saudi merayakan ulang tahunnya ke-87 awal September lalu. Kala itu, ratusan perempuan diizinkan masuk ke King Fahd International Stadium.

Langkah Kerajaan Saudi membuka stadion untuk kaum hawa adalah satu bukti komitmen Putra Mahkota Mohammad bin Salman yang belum lama ini menggaungkan modernisasi Arab Saudi. Selama ini, wanita Arab Saudi memang dibatasi dalam berbagai hal.

Wanita Arab Saudi harus didampingi wali laki-lakinya untuk pergi ke suatu tempat, traveling, mengajukan paspor, bercerai atau menikah. Mereka juga dilarang berolahraga bersama laki lain, selain dengan suami atau walinya.

 

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya