Antusiasme WNI Nyoblos di Adelaide Australia, Surat Suara Habis 

Ada puluhan WNI yang tidak nyoblos karena surat suara habis

Jakarta, IDN Times - Pemungutan suara Pemilihan Umum 2024 di Adelaide, Australia, digelar pada 10 Februari 2024 kemarin. Proses ini juga mencatat partisipasi luar biasa dari Warga Negara Indonesia (WNI) setempat.

Proses pemungutan suara yang dimulai pukul 9 pagi, berlangsung digelar di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) daerah South Australia State Library, Adelaide.

Menyikapi hal tersebut, Faruq Ibnul Haqi, perwakilan PPLN Sydney yang bertugas di Adelaide, menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat Indonesia yang telah datang ke TPS atas kehabisan surat suara menjelang penutupan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Menurut Faruq, total surat suara yang tersedia di TPS Adelaide adalah 570 lembar, ditambah dengan 2 persen surat suara cadangan. Namun, jumlah tersebut ternyata tidak mencukupi, mengingat tingginya partisipasi pemilih.

Akibatnya, sejumlah pemilih, diperkirakan mencapai puluhan orang, tidak dapat memberikan suara mereka karena surat suara telah habis terpakai lebih awal.

1. Sistem antrean saat mencoblos

Antusiasme WNI Nyoblos di Adelaide Australia, Surat Suara Habis Tiga capres yang berlaga di pemilu 2024. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dalam pemilu kali ini, terdapat sistem antrian yang diterapkan PPLN Sydney. Hal itu turut berkontribusi besar terhadap efisiensi dan ketertiban proses pemungutan suara.

Terlebih, para pemilih sudah menunjukkan sikap disiplin dan kesediaan untuk antre selama proses pemungutan suara. 

Baca Juga: WNI di Turki Mulai Mencoblos Melalui Kotak Suara Keliling 

2. WNI di Adelaide antusias mencoblos

Antusiasme WNI Nyoblos di Adelaide Australia, Surat Suara Habis ilustrasi pemilu (IDN Times/Esti Suryani)

Pemilu 2024 di Adelaide ini dianggap sukses karena mencatat penggunaan surat suara yang mencapai 100 persen, sebuah rekor baru dalam sejarah pemilihan di kota ini.

Antusiasme tinggi dari warga masyarakat Indonesia di Adelaide terhadap pemilu kali ini menunjukkan pentingnya partisipasi dalam proses demokrasi, terlepas dari jarak dan lokasi.

Faruq menyebut, ada beberapa warga masyarakat yang rela datang ke TPS dengan jarak masa tempuh sekitar 3.5 jam dari tempat tinggalnya.

3. Surat suara habis di TPSLN Adelaide

Antusiasme WNI Nyoblos di Adelaide Australia, Surat Suara Habis Suasana pencoblosan di Adelaide, Australia. (dok. PPLN Adelaide)

Menjelang dua jam penutupan pemungutan suara Pemilu 2024 di Adelaide, terdapat sebuah insiden yang menarik perhatian, yaitu habisnya kertas surat suara.

Menyikapi hal tersebut, Faruq Ibnul Haqi, perwakilan PPLN Sydney yang bertugas di Adelaide, menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat Indonesia yang telah datang ke TPS atas kehabisan surat suara menjelang penutupan TPS.

Alhasil, sejumlah pemilih yang jumlahnya diperkirakan mencapai puluhan orang, tidak dapat memberikan suara mereka karena surat suara telah habis terpakai lebih awal.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Surat Suara Sudah Terpakai, WNI di Malaysia Tak Bisa Nyoblos

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya