Erdogan Doakan Pemilu Indonesia Berjalan Lancar

Dubes RI serahkan surat kepercayaan ke Erdogan

Jakarta, IDN Times - Duta Besar RI untuk Turki, Achmad Rizal Purnama menyerahkan surat kepercayaan dari Presiden RI Joko Widodo ke Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Istana Kepresidenan Turki, Ankara, Rabu kemarin.

"Presiden Erdogan memberikan perhatian khusus kepada Indonesia, yang terus mengawal isu Palestina di berbagai fora internasional,” kata Rizal, dalam keterangan KBRI Ankara, Kamis (18/1/2024).

1. Erdogan terkesan dengan video dirinya dan Jokowi

Erdogan Doakan Pemilu Indonesia Berjalan LancarPresiden RI Joko Widodo dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (dok. BPMI)

Di sela pembicaraan tersebut, Rizal sempat menunjukkan video Erdogan dan Jokowi yang menunjukkan kedekatan saat KTT OKI di Riyadh, tahun lalu.

“Presiden Erdogan terkesan saat saya menunjukkan video kedekatan Presiden Erdogan dan Presiden Jokowi yang bergandengan tangan di sela-sela KTT OKI di Riyadh beberapa waktu lalu, video saat saya mengendarai mobil listrik buatan Turki, TOGG dan masifnya kunjungan saya ke berbagai industri pertahanan di Turki dalam tiga bulan terakhir,” ucap Rizal lagi.

Baca Juga: Balas Dendam, Turki Serang Markas Kurdi di Irak dan Suriah

2. Erdogan harap pemilu Indonesia bulan depan berjalan lancar

Erdogan Doakan Pemilu Indonesia Berjalan LancarTiga capres yang berlaga di pemilu 2024. (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain itu, Erdogan juga mendoakan agar pemilihan umum di Indonesia yang digelar bulan depan, bakal berjalan lancar dan sukses serta membawa kemajuan bagi rakyat Indonesia.

Rizal juga menyampaikan prioritas kerja sama bilateral di bidang perdagangan serta industri pertahanan dan energi, serta farmasi.

3. Indonesia dan Turki sepakat capai target perdagangan bilateral

Erdogan Doakan Pemilu Indonesia Berjalan LancarDuta Besar RI untuk Turki Achmad Rizal Purnama dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (dok. KBRI Ankara)

Kedua negara pun sepakat untuk segera mencapai target perdagangan bilateral senilai 10 miliar dolar AS, penyelesaian negosiasi perjanjian perdagangan bebas kedua negara, perluasan kerja sama industri pertahanan, penguatan kerja sama keamanan dan penanggulangan terorisme, serta pengembangan kerja sama energi.

Rizal sendiri mulai menjalankan tugas di Turki sejak awal September 2023. Rizal yang sebelumnya adalah Kepala Biro Dukungan Strategis Pimpinan di Kementerian Luar Negeri RI. Ia dilantik menjadi Dubes RI untuk Turki oleh Presiden Jokowi pada 26 Juni 2023.

Baca Juga: Keras! Erdogan Sebut Israel Teroris

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya