[OPINI] Kesan Menarik dari Rapat Tim Editorial IDN Times

Community Writers diajak mengenal cara kerja media online 

IDN Times mengadakan rapat online tim editorial pada Senin (6/2/2023). Menariknya, sejumlah Community Writers aktif di berbagai kanal mendapatkan kesempatan menyimak pembahasan dalam rapat tersebut. Dengan begitu, mereka dapat memahami cara bekerja media online dan komunikasi yang berlangsung dari para penulis, editor, dan berbagai pihak bersangkutan lainnya.

Rapat diawali dengan ungkapan terima kasih dari Pemimpin Redaksi IDN Times, Uni Lubis, terhadap tim redaksi, founder Pandemic Talks, dan para Community Writers yang hadir. Ada beragam hal menarik terkait isu terbaru yang berhubungan dengan media yang menjadi pembahasan dalam rapat kali ini.

Salah satu yang menarik perhatian adalah tentang ChatGPT, chat bot berbasis kecerdasan buatan yang langsung populer begitu diluncurkan. Pembahasan itu membuat saya memahami bahwa meskipun bermanfaat, ChatGPT juga ditakutkan memberikan kerugian seperti kesalahan informasi. Oleh karena itu, menurut Uni Lubis, peran jurnalis cukup penting untuk memahami cara kerja ChatGPT agar bisa dimanfaatkan tanpa memberikan kerugian tersebut.

Setelah insight menarik tersebut, rapat berlanjut dengan evaluasi dan laporan dari berbagai tim yang ada di IDN Times. Community Writers yang hadir pun dapat mengetahui dengan detail evaluasi dari Tim Community yang berkaitan dengan perkembangan pesat. Jumlah artikel hingga jumlah penulis aktif yang rutin dalam mengirimkan artikelnya pun dilaporkan meningkat. Selain itu, ada pula bocoran rencana yang akan diadakan untuk merayakan hari ulang tahun ke-6 bagi IDN Times Community.

IDN Times jugamenyadari bahwa topik atau angle unik dari berbagai kanal yang berkaitan dengan isu terkini lebih berhasil menarik perhatian pembaca. Contohnya saja, kasus pembunuhan Mirna menggunakan zat sianida pada tahun 2016 yang dihubungkan dengan kasus dari komik Detective Conan. Tak dapat dimungkiri, banyak penulis di IDN Times yang kreatif dalam memanfaatkan momen, isu, atau berita viral dengan menulis artikel dari angle menarik.

Rencana dan evaluasi yang berlangsung membuat saya memahami sejumlah kegiatan menarik dari IDN Times. Rapat yang berlangsung sekitar 1 jam dan 30 puluh menit ini memberi pemahaman detail tentang cara bekerja media online. Apalagi, setiap tim memberikan evaluasi rinci yang membuktikan perkembangan pesat IDN Media sebagai media ternama di Indonesia.

Baca Juga: [OPINI] Rapat Redaksi IDN Times Rutinitas Mingguan untuk Tukar Insight

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya