Comscore Tracker

7 Suku Paling Aneh di Dunia, Awas Diserang kalau Berani Mendekat!

Ada yang masih menolak berkontak dengan dunia luar...

Terlepas dari dunia baru yang kita tinggali saat ini, beberapa suku aneh di seluruh dunia masih merangkul dan mempraktikkan budaya khas yang mereka percaya. Banyak dari suku-suku ini menjalani kehidupan yang terpencil, mereka tidak tertarik pada bagian dunia yang lain, dan mungkin itulah yang mereka lakukan untuk menjaga tradisi lama mereka dari kepunahan.

Mereka tersembunyi di sudut-sudut bumi yang paling dalam dan paling terpencil. Alat berburu yang mereka gunakan, kebiasaan, pakaian, hingga tradisinya tetap akan mereka jaga meskipun sudah ketinggalan zaman. 

Berikut beberapa suku paling aneh yang tersebar di dunia. Sudah abad ke-21 tapi mereka tetap bersikeras untuk mengusir siapapun yang berusaha mengusik kebudayaan mereka!

1. Sentinelese

7 Suku Paling Aneh di Dunia, Awas Diserang kalau Berani Mendekat!ootlah.com

Melansir Ootlah, suku Sentinelese menjadi salah satu dari sedikit orang yang belum terjamah dunia. Pasalnya, suku ini memang menolak segala bentuk kontak dengan dunia luar.

Suku Sentinelese dapat mempertahankan privasi kebudayaan mereka karena mereka memiliki pulau untuk diri mereka sendiri. Adapun tempat mereka tinggal yaitu di Pulau Sentinel Utara di Kepulauan Andaman di India.

Ketika beberapa orang mencoba menjalin kontak dengan suku Sentinelese, selalu berakhir dengan penyerangan. Ya, orang-orang Sentinelese menyerang segala kapal yang mendekat dengan panah dan tombak.

Kendati begitu, pemerintah India menganggap orang Sentinel sebagai orang yang berdaulat, dengan hak untuk menyerang atau bahkan membunuh. Aneh tapi harus tetap dijaga, berhubung mereka unik banget.

2. Kazakh

7 Suku Paling Aneh di Dunia, Awas Diserang kalau Berani Mendekat!redbull.com

Alih-alih menggunakan kemampuan mereka, suku Kazakh justru mengandalkan burung elang untuk berburu rubah, marmut dan serigala lalu mengenakan bulu mangsa yang mereka tangkap, demikian dilaporkan oleh Redbull. Bahkan anak laki-laki berusia 13 tahun pun sudah harus bisa membawa elang emas yang berat tersebut sebagai ajang pembuktian diri.

Mereka termasuk ke dalam klasifikasi semi-nomaden yang telah bergerak di sekitar Pegunungan Altai sejak abad ke-19. Jumlah mereka sekarang sekitar 100 ribu orang, tetapi hanya ada sekitar 250 pemburu yang tersisa.

3. Surma

7 Suku Paling Aneh di Dunia, Awas Diserang kalau Berani Mendekat!ootlah.com

Terdiri dari suku Suri dan suku Mursi, orang-orang Surma tinggal di Lembah Omo Atas di Ethiopia. Suku Suri sangat bangga dengan budaya dan tradisi mereka. Ketika seorang anak laki-laki tumbuh dewasa, atau ketika seorang pria ingin menikahi pengantin wanita, mereka harus membuktikan diri dengan melakukan seni bela diri yang disebut sagine. Pada dasarnya ini merupakan duel seremonial.

Di sisi lain, ketika seorang gadis ingin dinikahi, mereka sering menghancurkan gigi bawahnya dengan batu. Kemudian mereka memotong bibir bawah dengan pisau cukur dan meregangkan bibir dengan piring kayu. Mereka terus mengganti piring hingga yang lebih besar sampai mereka mencapai bentuk yang diinginkan.

Setelah beberapa saat, bibirnya membentang sedemikian rupa sehingga pas dengan lempeng tanah liat di sekitarnya. Ini dianggap sebagai bentuk kecantikan dan status bagi wanita Suri, mahar seorang gadis bertambah seiring dengan ukuran bibirnya.

Baca Juga: Suku Paling Terpencil di Brazil, Inilah 10 Fakta Suku Yanomami

4. Chukchi

7 Suku Paling Aneh di Dunia, Awas Diserang kalau Berani Mendekat!ootlah.com

Suku Chukchi berisi orang-orang yang mendiami Semenanjung Chukchi dan pantai Laut Chukchi di dalam Federasi Rusia. Mereka tinggal di Chukotka Autonomous Okrug, di mana sebagian besar dari mereka mempertahankan cara hidup tradisional mereka. Sama seperti kebanyakan kelompok etnis yang berhasil mempertahankan cara hidup mereka, suku Chukchi umumnya mengusir orang luar.

Orang-orang Chukchi telah dijuluki sebagai survivor ulung. Buktinya mereka telah berhasil bertahan dari upaya tanpa henti yang dilakukan Uni Soviet untuk meredupkan kebudayaan mereka. Hingga kini budaya suku Chukchi tetap utuh.

5. Yao

7 Suku Paling Aneh di Dunia, Awas Diserang kalau Berani Mendekat!pinterest.com

Suku Wayao atau Yao adalah kelompok etnis yang bermarkas di ujung selatan Danau Malawi. Kelompok yang berpenduduk sekitar 2 juta orang ini tersebar di tiga negara: Malawi, Mozambik, dan Tanzania. Nama 'WaYao' sendiri berarti 'orang pegunungan' atau orang yang datang dari bukit. 

Berhubung mereka tidak percaya pada pengobatan barat, orang-orang Yao memiliki banyak pengetahuan tentang ramuan obat lokal. Penyembuh yang ditunjuk melakukan perjalanan jauh untuk mengumpulkan tanaman dan bahan-bahan kuat untuk membuat obat-obatan mereka.

6. Bayaka

7 Suku Paling Aneh di Dunia, Awas Diserang kalau Berani Mendekat!redbull.com

Suku Bayaka memiliki pengetahuan yang kaya tentang obat herbal, tetapi orang-orang Aka menggunakan bahasa mereka sendiri dan juga tradisi berburu sendiri. Mereka adalah salah satu dari sejumlah suku di daerah terpencil Afrika yang berpenduduk setengah juta. Namun, para sesepuh sekarang melaporkan bahwa mereka tidak dapat mengajarkan keterampilan tradisional karena mereka tidak bisa pergi jauh ke dalam hutan seperti dulu.

7. Himba

7 Suku Paling Aneh di Dunia, Awas Diserang kalau Berani Mendekat!redbull.com

Suku Himba hidup tersebar di barat laut Namibia dan Angola selatan. Ketika diam, mereka hidup dalam struktur berbentuk tipi yang dibangun dengan lumpur dan kotoran.

Mereka juga membuat api leluhur menyala 24 jam sehari sebagai penghormatan kepada dewa mereka, Mukuru. Kekayaan suku diukur pada sapi, tetapi kambing adalah bagian yang lebih sering mereka makan.

Hingga saat ini, diperkirakan ada 20 ibu hingga 30 ribu anggota suku Himba yang tersisa, tetapi mereka terus-menerus terancam oleh perkembangan baru. Meski demikian, banyak yang mempertahankan gaya hidup tradisional mereka.

Baca Juga: 7 Fakta Suku Amazon, Suku Petarung Wanita Inspirasi Wonder Woman

Adhyasta Dirgantara Photo Writer Adhyasta Dirgantara

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya