Comscore Tracker

Secara Ilmiah Ternyata T-Rex Gak Bisa Lari, Film Jurassic Park Itu Salah!

Jadi, kamu bisa godain T-Rex sesukamu.

Tyrannosaurus rex sebagai dinosaurus "utama" dalam film Jurassic Park itu ternyata gak bisa lari lho! Jadi selama ini apa yang dipertontonkan lewat film tersebut salah. Penemuan ini berdasarkan penelitian ilmiah terbaru dengan menggunakan teknologi-teknologi terkini di bidang medis. Walaupun begitu, T-rex tetap menjadi salah satu dinosaurus paling seram di zamannya. Kok bisa? Baca selengkapnya di sini ya!

Spesimen yang diteliti adalah fosil T-Rex yang digali pada tahun 1987.

Fosil ini diberi nama BHI 3033 oleh para ilmuwan, atau mereka memanggilnya dengan julukan "Stan" supaya lebih gaul. Beratnya sekitar 7206.7 kg berdasarkan kalkulasi mereka jika ditambahkan otot dan organ pada fosilnya (asumsi).

Teknologi medis terkini digunakan untuk mempelajari fosil tersebut.

Utamanya yang digunakan adalah CT scan, untuk menemukan tekanan yang bisa ditahan oleh tulang mereka sebelum hancur. Dari sini ditemukan fakta mengejutkan. Batasan tekanan yang bisa diterima tulang T-Rex itu gak memungkinkan mereka untuk lari.

Jika T-Rex berlari, daerah lututnya akan rusak karena tekanan yang diterima.

Mungkin bagi manusia yang mengalami gangguan sehingga gak bisa berlari, itu bisa diibaratkan arthritis, cidera lutut dan semacamnya. Jika dipaksakan lebih jauh, jaringan otot tipisnya akan robek akibat "ledakan" beban yang diterima.

T-Rex berjalan seperti ayam, walaupun begitu, ia masih bisa berjalan cepat.

Mengingat kaki T-Rex cukup panjang, ia bisa berjalan cepat. Namun ketika berjalan secara normal, para peneliti ternyata menggambarkannya seperti ayam yang berjalan. Kecepatan di atas 27.7 km akan menghancurkan tulang mereka, yang diasumsikan kekuatan tekanannya adalah 200 megapaskal (29.000 psi).

Mari kita bandingkan kecepatannya dengan manusia.

Kecepatan rata-rata manusia berjalan adalah 4.8 km/jam, kecepatan jogging sekitar 8-9 km/jam sedangkan Usain Bolt berlari dengan kecepatan sekitar 38 km/jam dalam jarak 100 m. Kecepatan maksimum T-Rex yang sekitar 27.7 km/jam itu bisa diibaratkan oleh peneliti ketika kita mengejar angkutan umum yang meninggalkan kita. Kesimpulan ini didapatkan dari konfigurasi tubuh dan peletakan otot tertentu hingga jejak kaki fosilnya.

Jadi T-Rex benar-benar gak bisa mengejar mobil seperti yang digambarkan di film.

Peneliti William Sellers dari University of Manchester mengatakan bahwa studi ini menggambungkan dua teknik biomekanik terpisah bahwa berlari akan sangat membebani tulang dan otot kaki T-Rex. Jalan cepat yang bisa T-Rex lakukan hanya karena kakinya panjang. Selain itu ia masih menjadi salah satu dino yang paling seram di masanya, karena termasuk predator utama.

Jadi walaupun ia gak bisa berlari mengejarmu, jangan coba-coba digodain ya sampai minta dia pegang lutut. Tahu sendiri tangannya cuma seberapa. Paling dia cuma bisa lari-lari cantik sebel. Tapi kalau kamu tersandung, ya mungkin itu apesmu, makanya jangan suka bully. Kayak mereka bakal ada lagi aja ya di bumi. Di mimpi lah misalnya.

Bayu Dewey Photo Verified Writer Bayu Dewey

a Disney dude who want to fulfill the purpose of life like Desmond Doss. story teller in an uncertain gaea.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya