5 Fakta Ilmiah tentang Lucy, Nenek Moyang Tertua dari Manusia Purba

Jejak-jejak fosilnya menjadi bukti eksistensinya

Lucy adalah sebuah nama yang diberikan oleh ilmuwan kepada sosok spesies nenek moyang tertua dari manusia purba. Membahas mengenai Lucy tentu saja tidaklah mudah. Faktanya, keberadaan jejak-jejak fosilnya juga masih mengundang banyak perdebatan ilmiah hingga kini.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai Lucy, nenek moyang tertua dari manusia purba yang konon katanya juga menjadi nenek moyang tertua dari manusia modern (homo sapiens). Yuk, kita kenalan lebih dekat dengan Lucy.

1. Diperkirakan Lucy ada pada 3,2 juta tahun lalu

5 Fakta Ilmiah tentang Lucy, Nenek Moyang Tertua dari Manusia Purbaearthsky.org

Dilansir dari National Geographic, Lucy diduga sudah ada sejak 3,2 juta tahun lalu. Fosil kerangka Lucy ditemukan pada 1974 oleh ilmuwan paleontologi bernama Donald C. Johanson di Hadar, Afrika. Kerangka atau kumpulan fosil yang ditemukan oleh para ilmuwan memang tidak utuh, namun sudah cukup untuk membentuk sebuah pola tubuh organisme.

Lucy merupakan primata yang memiliki ciri-ciri mirip seperti manusia purba, namun juga condong ke arah kera. Badannya kurus dan memiliki tinggi sekitar 107 cm, Lucy merupakan spesies primata yang sudah masuk dalam golongan bipedal atau spesies yang dapat berjalan tegak dengan kedua kakinya.

Uniknya, ukuran tengkorak Lucy juga hanya cukup untuk menampung otak seukuran otak simpanse. Ilmuwan mengambil nama Lucy dari lagu berjudul Lucy in the Sky With Diamonds milik The Beatles yang kebetulan sering diputar berulang-ulang di wilayah penggalian situs fosil Lucy tersebut.

Apakah Lucy adalah perempuan? Menurut ahli biologi dan fosil manusia purba, Lucy adalah perempuan yang memiliki ukuran tubuh tidak lebih besar dibandingkan dengan fosil-fosil primata setelahnya di wilayah yang sama. Meskipun kontroversial, penemuan fosil Lucy telah membuka lembar baru bagi sains terutama paleontologi.

2. Jika data akan penemuan fosil tersebut valid, maka Lucy menjadi nenek moyang tertua dari semua manusia purba

5 Fakta Ilmiah tentang Lucy, Nenek Moyang Tertua dari Manusia Purbaabc.net.au

Jika memang data yang diperoleh ilmuwan mengenai Lucy tersebut valid dan sahih, maka dapat dipastikan Lucy memang menjadi nenek moyang tertua dari manusia purba yang pernah ada di muka Bumi ini. Mengapa keakuratan data ini penting? Karena dalam sains, data dan fakta empiris menjadi tolok ukur untuk dijadikan landasan studi dan penelitian ilmiah.

Dalam hal ini Lucy diklaim sebagai nenek moyang tertua yang berusia 3,2 juta tahun dan jika ini benar, maka ada rentang jarak waktu yang sangat jauh untuk menuju kepada homo sapiens alias manusia purba modern. Laman Human Origins menyebut bahwa homo sapiens baru ada pada kisaran ratusan ribu tahun, yakni sekitar 300 ribu tahun lalu.

Semua fosil manusia purba modern memang menyimpulkan garis waktu yang terdapat dalam rentang ratusan ribu tahun lalu. Nah, berarti ada jarak jutaan tahun antara Lucy dan homo sapiens. Masalahnya, hanya ada sedikit data pendukung yang dapat menyambung timeline antara Lucy dengan homo sapiens.

Namun, rupanya sains juga memiliki jawaban khusus akan hal ini. Seperti yang kita ketahui bahwa manusia purba bukan hanya dari golongan homo sapiens saja, melainkan ada banyak genus homo lainnya yang sayangnya telah punah. Ilmuwan meyakini bahwa rentang jutaan tahun tersebut dapat digenapi dengan kehadiran genus homo lainnya, yang pada akhirnya memunculkan homo sapiens sebagai spesies paling dominan.