Comscore Tracker

Sejarah Perkembangan Teknologi Transportasi, Ada Sejak Zaman Kuno

Kapal adalah teknologi transportasi tertua di Bumi

Berbicara mengenai transportasi, tentu kita tak akan lepas dari pembahasan sejarah dan perkembangan teknologinya. Di zaman purba, nenek moyang kita melakukan perpindahan atau migrasi dengan cara berjalan kali secara berkelompok. Uniknya, kuda dan keledai justru mengalami domestikasi oleh manusia pada 3500 SM, seperti diulas dalam The British Museum.

Hal tersebut membuktikan bahwa penjinakan hewan liar justru terjadi di era setelah manusia mengenal teknologi transportasi lainnya, yakni kapal. Yup, kapal adalah teknologi transportasi massal tertua yang pernah dibuat oleh manusia. Tentu saja kapal di zaman kuno tidak sama dengan kapal yang ada di era modern.

Nah, kali ini, kita akan ungkap sejarah dan perkembangan teknologi transportasi yang dibuat oleh manusia. Sejak kapan nenek moyang kita mengenal teknologi transportasi? Yuk, simak artikelnya!

1. Teknologi perahu sudah ada sejak zaman purba

Sejarah Perkembangan Teknologi Transportasi, Ada Sejak Zaman Kunoilustrasi gambar tentang kapal manusia di zaman kuno (wikimedia.org/Piotrus)

Dilansir Monterey Boats, teknologi perahu tertua di dunia sudah ada sejak 8.000 tahun lalu atau sekitar 6000 SM. Bentuknya tentu sangat berbeda dengan yang kita kenal sekarang. Saat itu, nenek moyang manusia membuat semacam ruang kosong di tengah batang pohon. Jika boleh dikatakan, teknologi kuno itulah yang menginspirasi pembuatan perahu kano modern.

Nah, hebatnya lagi, manusia purba sudah tahu dan paham bagaimana membuat perahu yang ringan dan tidak mudah tenggelam. Studi sejarah yang didapatkan oleh ilmuwan dan sejarawan membuktikan bahwa mereka yang hidup di Zaman Batu atau Neolitikum sudah mampu menciptakan perahu kecil dengan ketelitian tingkat tinggi.

Karena perahu terus mengalami perkembangan, dibuatlah kapal laut yang makin besar. Dengan mengandalkan dayung, layar, dan tiupan angin, orang zaman dulu bisa menjelajahi wilayah yang saling berjauhan. Kini, teknologi kapal sudah sangat maju dan modern. Hampir semua kapal modern digerakkan dengan sistem komputer dan navigasi canggih.

Baca Juga: 5 Teknologi Ini Bakal Mengubah Tren Mobil

2. Kereta adalah alat transportasi massal darat tertua

Sejarah Perkembangan Teknologi Transportasi, Ada Sejak Zaman Kunoilustrasi kereta uap yang dibuat pada 1800-an (wikimedia.org/Weixi Zeng)

Setelah manusia bisa melakukan domestikasi pada kuda dan keledai, mereka mengembangkannya sebagai hewan penarik kereta. Pada awalnya, alat transportasi darat yang pertama dibuat oleh manusia adalah kereta roda. Bahkan, kereta roda sudah ada sejak 5.000 tahun lalu, ditulis dalam South African History Online.

Nah, khusus untuk perkembangan lokomotif, sejarah mencatat bahwa teknologi kereta dan lintasan (jalur tetap) modern sudah ada di era 1750--1840. Lintasan jalur kereta modern untuk pertama kalinya dikenalkan di Inggris saat George Stephenson menjadi insinyur yang ditunjuk untuk membangun rel kereta api Stockton-Darlington. Rel tersebut akhirnya sukses menjadi jalur kereta api modern sejak 1825.

Saat ini, kereta api dengan teknologi canggih sudah ada di banyak negara maju. Bahkan, Jepang sudah membuat kereta tercepat di dunia, yakni L0 Series Maglev. Menurut laman berita Visual Capitalist, kereta buatan Jepang tersebut mampu melesat dengan kecepatan 602 kilometer per jam. Sebelumnya, kereta Qingdao Sifang Maglev buatan China juga dinobatkan sebagai kereta darat tercepat dengan kecepatan maksimal 600 km per jam.

3. Mobil menyusul setelahnya

Sejarah Perkembangan Teknologi Transportasi, Ada Sejak Zaman Kunoilustrasi foto dari mobil zaman kuno (wikimedia.org/Carlos Goul)

Menurut berita yang dilaporkan dalam Live Science, Leonardo da Vinci sudah membuat sketsa dan diagram tentang kereta mekanis pada 1500-an. Namun, sketsa tersebut tidak pernah ia aplikasikan dalam bentuk penemuan. Lalu, kereta mekanis dengan uap yang paling awal diciptakan adalah gerobak buatan penemu asal Prancis, yakni Nicolas-Joseph Cugnot. Kereta mekanis tersebut dikenalkan pada 1769.

Terlepas dari sejarah penemuan kereta mekanis, teknologi berbagai macam alat transportasi darat sudah berkembang sejak era 1800-an. Inggris, Prancis, Jerman, dan Amerika saling berlomba mengembangkan kereta mekanis yang menjadi awal pembuatan mobil. Baru pada 1886, Karl Benz mematenkan sistem mekanis mobil roda tiga yang diberi nama Motorwagen.

Evolusi dan perkembangan mobil atau motor makin pesat. Saat ini, kamu sudah bisa melihat dan bahkan mengendarai berbagai macam mobil dan motor yang dijual di pasaran. Teknologi komputer dan sensor digital sudah menjadi menu wajib yang ada di tiap-tiap mobil atau motor modern.

4. Pesawat adalah alat transportasi paling efektif dan efisien

Sejarah Perkembangan Teknologi Transportasi, Ada Sejak Zaman Kunoilustrasi pesawat terbang (unsplash.com/John McArthur)

Bisa dikatakan bahwa pesawat adalah alat transportasi paling efektif dan efisien karena mampu mengangkut banyak penumpang antarkota dan bahkan antarnegara. Menurut sejarah, Orville dan Wilbur Wright (Wright bersaudara) menemukan rancangan, sistem mekanis, dan desain pesawat terbang pertama di dunia pada 1903.

Namun, penemuan pesawat terbang juga terinspirasi melalui kisah-kisah ilmuwan di masa lalu yang melakukan eksperimen sederhana mengenai aerodinamika. Beberapa ilmuwan terkemuka yang dijadikan inspirasi pembuatan pesawat adalah Otto Lilienthal, Abbas Ibn Firnas, Montgolfier bersaudara, Pilatre de Rozier, Marquis d'Arlandes, dan beberapa ilmuwan lainnya.

Nah, kini, manusia juga tengah mencoba dan menciptakan wahana transportasi untuk ke luar angkasa. Pada 2021 lalu, Blue Origin menjadi wahana yang sukses membawa warga sipil ke luar angkasa. Pada umumnya, sejak 1960-an, hanya astronaut dan kosmonaut yang bisa ke luar angkasa untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

So, itu tadi perkembangan teknologi transportasi yang dijabarkan secara singkat. Tentunya, perkembangan zaman akan terus berubah dan pasti memengaruhi teknologi manusia di masa depan.

Baca Juga: 9 Juli Hari Satelit Palapa: Sejarah dan Perkembangan Teknologi Satelit

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya