Comscore Tracker

Bagaimana Rasanya Tinggal di Planet Mars? Ini 10 Gambaran Ilmiahnya!

Ada banyak tantangan yang harus dihadapi manusia

"Mars adalah planet yang paling mungkin untuk ditinggali di tata surya, selain Bumi,"  - Laura Kerber, Research Scientist NASA Jet Propulsion Laboratory. 

Sejak tahun 2018, para ilmuwan NASA mengatakan bahwa besar kemungkinan manusia untuk tinggal di Mars. Eksplorasi kehidupan di planet merah tersebut telah dilakukan selama beberapa tahun belakangan ini. 

Sudah ada beberapa bukti yang mendukung gagasan tersebut. Di antaranya adalah adanya air di permukaan, metana, amonia, dan bahkan baru-baru ini NASA dikejutkan dengan penampakan makhluk mirip serangga di sana.

Apakah kamu penasaran bagaimana rasanya hidup di Mars? Apa saja tantangan yang akan kita hadapi? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Pertama-tama, kita harus berhasil mendarat dulu di Mars

Bagaimana Rasanya Tinggal di Planet Mars? Ini 10 Gambaran Ilmiahnya!pmcvariety.com

Dilansir dari USA Today, hingga tahun 2018, NASA baru bisa mendaratkan kendaraan dengan berat satu ton di planet tersebut. Sedangkan jika ingin membawa manusia ke sana, kita membutuhkan kendaraan berbobot sepuluh ton. Itu dibutuhkan untuk mengangkut manusia beserta segala keperluan hidupnya. 

2. Kamu akan berjalan dengan melompat-lompat karena kekuatan gravitasi Mars lebih kecil daripada Bumi

Bagaimana Rasanya Tinggal di Planet Mars? Ini 10 Gambaran Ilmiahnya!ablogaboutnothinginparticular.com

Untungnya, kamu tidak akan melayang-layang dengan bebas di planet tersebut. Dilansir dari Phoenix Mars Mission, gravitasi di Mars hanyalah 38 persen dari Bumi. Tak hanya itu, badanmu pun akan terasa lebih ringan di sana. 

3. Kamu harus siap menghadapi suhu yang ekstrem setiap harinya

Bagaimana Rasanya Tinggal di Planet Mars? Ini 10 Gambaran Ilmiahnya!dezeen.com

Warna merah pada planet Mars mengesankan suhunya sangat tinggi. Namun sebenarnya tidak. Temperatur rata-rata planet tersebut mencapai minus 60 derajat celcius. Saat musim dingin, suhu bisa mencapai minus 125 derajat celcius, sedangkan ketika musim panas 20 derajat celcius.

4. Manusia harus menggunakan pakaian astronaut setiap saat

Bagaimana Rasanya Tinggal di Planet Mars? Ini 10 Gambaran Ilmiahnya!reference.com

Salah satu cara untuk menghadapi suhu yang ekstrem adalah dengan mengenakan pakaian astronaut setiap saat. Dengan begitu, kulit tidak akan kedinginan dan “kaget” dengan perbedaan temperatur yang sangat ekstrem.

5. Kamu harus menyiapkan banyak tabung oksigen

Bagaimana Rasanya Tinggal di Planet Mars? Ini 10 Gambaran Ilmiahnya!dezeen.com

Selain berpakaian seperti astronaut, kamu juga harus membawa tabung oksigen ke mana-mana. Ini karena kandungan gas terbanyak di Mars adalah karbon dioksida. Dilansir dari Huffington Post, setidaknya gas tersebut menempati 95 persen dari keseluruhan komposisi udara Mars. 

Baca Juga: 5 Penemuan Menarik tentang Mars yang Mengejutkan Ilmuwan NASA

6. Kamu harus siap berhadapan dengan radiasi Matahari

Bagaimana Rasanya Tinggal di Planet Mars? Ini 10 Gambaran Ilmiahnya!businessinsider.com

Seperti yang telah disebutkan, planet tersebut memiliki lapisan atmosfer yang sangat tipis. Maka tak heran jika tingkat radiasi Matahari di Mars sangatlah besar. Bahkan kemungkinan besar sunscreen dengan SPF terbesar yang ada saat ini tak akan mampu melindungi kulit kita.

7. Kamu harus siap tinggal di dalam pesawat ruang angkasa selama kurang lebih enam bulan

Bagaimana Rasanya Tinggal di Planet Mars? Ini 10 Gambaran Ilmiahnya!ytimg.com

Dilansir dari Mars One, perjalanan dari Bumi ke Mars berkisar antara enam hingga delapan bulan. Durasi tersebut bergantung pada jarak orbit kedua planet. Ini berarti, manusia harus berada di pesawat ruang angkasa selama itu pula. Bakal bosan gak ya?

8. Ada kemungkinan manusia harus tinggal di bawah tanah

Bagaimana Rasanya Tinggal di Planet Mars? Ini 10 Gambaran Ilmiahnya!independent.co.uk

Melihat ekstremnya suhu dan tidak adanya oksigen, ada kemungkinan bahwa kita akan tinggal di bawah tanah nantinya. Upaya ini bisa melindungi kita dari cuaca planet merah yang tak terduga serta radiasi Matahari yang cukup kuat.

9. Kamu akan menyaksikan indahnya dua bulan di malam hari

Bagaimana Rasanya Tinggal di Planet Mars? Ini 10 Gambaran Ilmiahnya!forbes.com

Mars memiliki dua buah satelit alami, yaitu Phobos dan Deimos. Nah, keduanya akan muncul secara bersamaan di malam hari, sehingga kamu bisa menyaksikan dua bulan sekaligus. Terdengar aneh, tapi pasti menakjubkan!

10. Manusia harus membangun peradaban dari nol

Bagaimana Rasanya Tinggal di Planet Mars? Ini 10 Gambaran Ilmiahnya!pinimg.com

Dibandingkan dengan Bumi, Mars adalah planet yang benar-benar kosong. Hanya bebatuan dan pasir saja yang ada di permukaannya. Untuk bisa hidup nyaman seperti saat ini, manusia harus membangun peradaban mulai dari nol. 

Kita harus memikirkan permukiman, desain rumah yang sesuai, teknologi, dan lain-lain. Belum lagi keperluan sehari-hari seperti sumber makanan, air, listrik, dan bahkan internet. Semua harus dipikirkan dan dibangun dengan matang agar kita bisa tetap selamat.

Walaupun terkesan tidak mungkin, para ilmuwan tidak berhenti berusaha untuk menjadikan Mars sebagai planet yang bisa ditinggali. Namun hingga saat ini, masih sulit memperkirakan kapan kita bisa pindah ke planet tetangga tersebut. Tak heran, karena sangat banyak aspek yang perlu diperhitungkan. 

Kalau kamu sendiri, apakah tertarik untuk tinggal di Mars? Kira-kira apa yang akan kamu persiapkan sebelum ke sana?

Baca Juga: 9 Keyakinan Tentang Planet Mars yang Sempat Fenomenal

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya