Comscore Tracker

Ada 23 Juta Pendaftar Kartu Prakerja, Hanya 12 Juta yang Lolos

Kamu termasuk yang gagal? Cek di sini apa kesalahannya

Jakarta, IDN Times - Direktur Eksekutif Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, menyebut hingga saat ini sudah ada 23.171.233 orang yang mendaftar program kartu prakerja. Namun dari 23 juta pendaftar, Manajemen Pelaksana (PMO) hanya menetapkan 12 juta orang yang lolos mengikuti pelatihan.

"Dari 12 juta orang kemudian mereka join batch mengisi seluruh proses, pernyataan, jawab tes kemampuan dasar dan sebagainya," kata Denni dalam konferensi pers, Selasa (15/9/2020).

Menurut Denni, ada beberapa kesalahan yang dilakukan pendaftar sehingga mereka tidak lolos seleksi, apa saja?

1. Masalah email pendaftaran

Ada 23 Juta Pendaftar Kartu Prakerja, Hanya 12 Juta yang Lolos(Direktur Eksekutif Pelaksana Kartu Prakerja Denni Purbasari) www.ksp.go.id

Pertama, kata Denni, adalah email peserta yang salah ketik saat mendaftar. Selain itu, masalah lainnya adalah email peserta yang penuh atau sudah lama tidak digunakan atau masuk spam.

"Jadi pastikan pendaftar prakerja teliti dan cek sebelum submit email yang ditulis," kata Denni.

Dari masalah ini, jumlah pendaftar sebanyak 23 juta terseleksi menjadi 18 juta calon peserta.

Baca Juga: Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja di Situs Prakerja.go.id

2. Verifikasi kesesuaian NIK

Ada 23 Juta Pendaftar Kartu Prakerja, Hanya 12 Juta yang LolosIlustrasi KTP (IDN Times/Umi Kalsum)

 Manajemen Pelaksana selanjutnya memverifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau disingkat (Ditjen Dukcapil). Hasilnya dari 18 juta calon peserta menjadi 13,4 juta orang.

"Ini yang sudah NIK, KK, dan tanggal lahir persis dengan Dukcapil," ujar Denni.

3. Verifikasi nomor telepon

Ada 23 Juta Pendaftar Kartu Prakerja, Hanya 12 Juta yang LolosChase Chappell on Unsplash" target="_blank">unsplash.com/@chappelldigitalmarketing

Tahapan selanjutnya, PMO memverifikasi nomor telepon dengan mengirim SMS OTP ke nomor telepon calon peserta. Pada tahap ini calon ada 1,4 juta calon peserta yang terseleksi menjadi 12 juta orang.

"Supaya rekan prakerja selalu nomor telpon yang didaftarkan sampai 6 bulan ke depan berguna untuk menautkan rekening tempat insentif disalurkannya Rp600 ribu itu.

Denni mengatakan, akibat perbedaan nomor telepon, NIK serta akun peserta yang tidak aktif dapat membuat peserta lama mendapatkan insentif kartu prakerja.

Baca Juga: Pembuat Prakerja.org Blak-blakan Bikin Situs Tandingan Kartu Prakerja

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya