Comscore Tracker

5 Tips Mengendalikan Pengeluaran setelah Gajian, Bikin Hidup Nyaman

Sering kehabisan uang sebelum akhir bulan? Ikuti tips ini

Seorang pekerja yang mendapatkan penghasilan di setiap bulannya, perlu pandai dalam mengendalikan keuangan, apalagi setelah momen gajian. Pengeluaran yang tak jelas serta terus-menerus dapat membuat hidupmu gak nyaman ketika kondisi keuangan mulai menipis. Bekerja pun menjadi kurang fokus akibat pikiran yang dibebani kebutuhan hidup.

Lalu, bagaimana caranya agar penghasilan dari gajimu gak dihabiskan untuk pengeluaran yang tak perlu? Berikut lima tips yang bisa kamu jalankan.

1. Tumbuhkan kesadaran di setiap akan menggunakannya 

5 Tips Mengendalikan Pengeluaran setelah Gajian, Bikin Hidup Nyamanilustrasi memegang kartu (pexels.com/Anthony Shkraba)

Mendapatkan penghasilan dari bekerja, tentunya digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan lainnya. Untuk mengendalikan pengeluarannya supaya tak menghabiskan gajimu, maka tumbuhkan kesadaran setiap kali kamu akan menggunakannya.

Ingatlah bahwa kebutuhan hidup masih banyak, dana darurat juga perlu disiapkan. Ketika kamu menyadari hal ini, maka pengendalian di setiap pengeluaran akan terjaga. Sehingga, tak membuatmu membeli sesuatu secara berlebihan.

2. Membuat perkiraan belanjaan 

5 Tips Mengendalikan Pengeluaran setelah Gajian, Bikin Hidup Nyamanilustrasi perempuan sedang membuat perkiraan belanja bulanan (pexels.com/ANTONI SHKRABA)

Buatlah perkiraan kebutuhan belanjamu selama satu bulan. Mulai dari harian, mingguan, hingga bulanannya. Tips ini bisa menjadikanmu memiliki batasan dalam mengeluarkan uang. Kebiasaan boros pun semakin berkurang sehingga kamu bisa mulai belajar menabung.

Terkesan sederhana, tapi kegiatan memperkirakan pengeluaran kebutuhan belanja, bisa mengendalikan jumlah uang yang keluar agar tak terlalu besar. Maka, rutinkan kegiatan ini dan niatkan dengan kuat untuk terus melakukannya. Jangan hanya membuat perkiraan belanja selama beberapa kali saja, tapi konsistenlah.

Baca Juga: 5 Tips Atur Keuangan saat Gajian, Tetap Aman sampai Akhir Bulan

3. Konsumsi makanan yang tak terlalu mahal, terpenting sehat 

5 Tips Mengendalikan Pengeluaran setelah Gajian, Bikin Hidup Nyamanilustrasi makan sehat dan bergizi (pexels.com/Cats Coming)

Pengeluaran juga sering tak terkontrol akibat kebiasaan makan di luar atau mengonsumsi makanan dengan harga tinggi. Cobalah mulai berhemat terkait hal ini. Makanan sehat dan bergizi tak harus mahal. Banyak macam makanan dengan harga terjangkau yang juga menyehatkan.

Kendalikan pengeluaranmu setelah gajian dengan tidak menghabiskan sebagian besarnya hanya untuk urusan makanan saja. Kontrol dirimu ketika ingin mengonsumsi makanan dengan harga yang menguras dompet. Pilih saja yang lebih terjangkau dengan tetap memperhatikan kualitas gizinya.

4. Hindari berbelanja kebutuhan secara berlebihan 

5 Tips Mengendalikan Pengeluaran setelah Gajian, Bikin Hidup Nyamanilustrasi berbelanja sesuai jumlah yang dibutuhkan (pexels.com/cottonbro)

Setelah gajian memang momen yang menyenangkan, apalagi untuk berbelanja. Kendalikan pengeluarannya dengan cara tidak belanja berlebihan, apalagi sampai membeli barang yang sebenarnya kurang kamu perlukan untuk sekarang.

Utamakan kebutuhan yang memang harus dipenuhi sesuai porsi yang dibutuhkan. Membeli secara besar-besaran, bisa jadi malah tak akan terpakai semuanya. Jangan sampai sudah membeli banyak, tapi yang kamu gunakan hanya sebagian. Gunakanlah uang secara lebih bijaksana lagi, ya.

5. Kurangi pengeluaran yang tak perlu 

5 Tips Mengendalikan Pengeluaran setelah Gajian, Bikin Hidup Nyamanilustrasi berbelanja (pexels.com/Tim Douglas)

Evaluasi lagi pengeluaranmu selama ini, apakah masih ada sesuatu yang sebenarnya tak perlu dibeli? Jika ternyata ada, kurangilah pengeluaran untuk hal tersebut. Maka, kamu perlu rajin mencatatnya supaya tahu secara jelas hal-hal apa saja yang masih berlebihan, sehingga mudah untuk memangkasnya.

Tak perlu berhemat secara tak sehat, karena kamu bisa mengurangi pengeluaran dari sesuatu yang sederhana. Misalnya, tidak berbelanja baju setiap kali gajian, mengurangi kegiatan nongkrong di tempat yang banyak menghabiskan uang, atau dengan rajin memasak makanan sendiri di rumah.

Gajian adalah momen yang paling banyak ditunggu. Tapi beberapa orang kerap merasakan kesenangannya selama beberapa hari saja. Sebab, kondisi keuangannya mulai menipis, padahal gajian berikutnya masih jauh.

Hal tersebut tak akan terjadi jika kamu mampu mengendalikan pengeluaran setiap habis menerima pendapatan. Dengan begitu, gajimu tak akan berlalu tanpa sesuatu yang berarti, serta masih bisa mencukupi kebutuhanmu hingga waktu gajian datang kembali.

Mulai belajar mengontrol diri saat akan menggunakan uang. Ini demi kebaikan masa depanmu juga. Jangan hanya memenuhi kebutuhan di masa kini. Kebutuhan masa yang akan datang juga perlu kamu siapkan dan itu tanggung jawabmu mulai dari sekarang.

Baca Juga: 10 Tweet Kocak Warganet Habisin Uang Gajian, Berasa Miliarder!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya