Comscore Tracker

7 Rekomendasi Restoran Sunda di Bandung, Mari Bukber, yuk!

Menu tradisional sunda dengan cita rasa otentik

Kuliner Bandung adalah makanan Sunda. Di daerah ini, tersebar warung makan serta rekomendasi restoran Sunda yang beragam.

Untuk kamu yang sedang ingin bukber, mari simak rekomendasi restoran Sunda di Bandung yang terkenal ciamik rasanya. Jangan lupa mampir di salah satu rekomendasi berikut, ya.

1. Kampung Daun

7 Rekomendasi Restoran Sunda di Bandung, Mari Bukber, yuk!menu makanan Kampung Daun (instagram.com/ kampungdaun)

Kampung Daun menghadirkan suasana seperti sebuah desa kecil di Sunda, dengan menawarkan konsep tempat makan yang menyatu dengan alam di alam terbuka serta aneka sajian yang mengunggah selera. Restoran yang dibuka pada tahun 1999 ini memiliki sekitar 47 gazebo tradisional dengan pemandangan pohon rimbun di atas lahan seluas dua setengah hektar.

Ada banyak menu legendaris yang wajib dicoba, seperti nasi kukus legend yakni nasi kukus dicampur dengan ikan teri, daun kemangi, cabai, dan petai dikemas dalam daun pisang. Makanan ringan seperti surabi dan pisang goreng.

Alamat: Jl. Sersan Bajuri Km. 4.7 no. 88 RRI Lembang (Di dalam The Trinity Villa)

Jam Operasional: (Di bulan ramadan) Weekday: 11.00 - 21.00 | Weekend:10.00 - 22.00

2. Nasi Bancakan

7 Rekomendasi Restoran Sunda di Bandung, Mari Bukber, yuk!Makanan dalam sajian prasmanan dengan alat makan tradisional di Restoran Nasi Bancakan (instagram.com/nasibancakan.bdg)

Restoran ini memberikan nuansa Sunda yang kental, mulai dari alat makan bergaya lama menggunakan seng atau kaleng, dekorasi interior khas sunda tempo dulu, hingga makanan tradisional dalam prasmanan dan aneka jajanan tradisional sunda yang disediakan.

Nasi di sini disajikan di atas daun pisang yang sering diadakan dalam tradisi syukuran seperti khitanan dan weton anak. Menu favorit sunda di Nasi Bancakan hampir semuanya tersedia seperti Gurame Goreng, Ayam Paha Panggang, Tahu Ulat, Tumis Jamur, Orek Tempe, Kue Jagung, Pepes Jamur, Sate Ati Ampela, Ikan Mas Goreng, Jamur Jengkol dan lain-lain. Semuanya bisa nikmati dengan harga bersahabat di kantong.

Alamat: Jl. Diponegoro No.25, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

Jam Operasional: Buka setiap hari, pukul 10.00 -  21.00 WIB

3. Sambal Hejo Natuna

7 Rekomendasi Restoran Sunda di Bandung, Mari Bukber, yuk!hidangan cimplung khas Sambal Hejo Natuna (instagram.com/ sambelhejo_natuna)

Restoran Sambel Hejo memungkinkan pengunjung memilih dari menu. Namun, jika tidak meminta sesuatu yang spesifik, mereka akan membawakan sepiring pilihan menu ke meja segera setelah pengunjung duduk. Ambil sebanyak yang diinginkan dan akan dikenakan biaya berdasarkan jumlah yang  diambil. Harap diingat bahwa harga pada menu adalah per item, bukan per piring.

Hidangan paling populer dari Sambel Hejo adalah cimplung. Itu terbuat dari kentang dan tepung, dibentuk menjadi bola, lalu dikukus dan digoreng. Sulit menemukannya di tempat lain. Dapat pula menikmati ayam goreng, ikan bakar, tahu kukus dan jamur, dan masih banyak lainnya.

Alamat:  Jl. Natuna No.29, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung

Jam Operasional: Buka setiap hari, pukul 09.00 -  19.30 WIB

4. Sindang Reret

7 Rekomendasi Restoran Sunda di Bandung, Mari Bukber, yuk!Sajian menu Restoran Sindang Reret (instagram.com/ sindangreretbandung)

Sindang Seret Bandung adalah Restoran lain yang menyajikan makanan tradisional Sunda. Terletak di jantung kota, restoran ini sangat strategis dengan landmark kota. Buka sejak tahun 1973, nuansa yang dihasilkan di restoran ini juga memiliki ciri khas Sunda dengan pelayanan yang menggunakan pakaian adat sunda dan dilengkapi dengan dekorasi kental suasana Sunda.

Pengunjung bisa menyantap nasi timbel yang disajikan dengan ikan asin, ayam bakar, tempe, tahu, dll. Keistimewaannya pada varian minuman dan dessert seperti es cendol kajojo, dan rujak parahyangan. Minuman favorit termasuk laye keteineung, minuman guripan dan sankuariana.

Alamat: 

Surapati: Jl. Surapati No.53, Sadang Serang, Kecamatan Coblong, Kota Bandung

Lembang: Jl. Cibedug No.KM 22, Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Ciwidey: Jl. Raya Provinsi Ciwidey, Tenjolaya, Bandung, Kab. Bandung

Jam Operasional: Buka setiap hari, pukul 07.00 -  22.00 WIB

Baca Juga: 5 Restoran Romantis untuk Candle Light Dinner di Bandung

5. Alas Daun

7 Rekomendasi Restoran Sunda di Bandung, Mari Bukber, yuk!Menu di atas daun, Restoran Alas Daun. (instagram.com/ zekefoodies)

Terletak di dekat Gedung Sate, yang membuat restoran ini unik adalah cara mereka menyajikan makanan untuk pelanggan. Alih-alih menyajikan makanan di piring modern, makanan di sajikan dalam piring daun pisang. Menyajikan makanan dalam daun pisang dipercaya dapat menjaga rasa lembutnya bertahan lebih lama dibandingkan makanan yang disajikan di piring.

Pengunjung dapat menikmati berbagai masakan Sunda yang gurih di sini. Nasi Liwet yang gurih dengan ikan asin dan sambal, varian tempe dan tahu, ayam bakar, ikan, atau daging, dan sop ayam atau Sayur Lodeh (sup sayur yang dimasak dengan kuah santan).

Jangan lupa juga untuk mencoba menu minumannya. Retsoran ini memiliki varian terbaik dari es tradisional Indonesia seperti Es Goyobod (campuran buah yang disajikan dengan es dan susu), Es Cincau (jeli kelapa hijau disajikan dengan es serut), dan masih banyak lagi.

Alamat: Jl. Citarum No.34, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

Jam Operasional: Buka setiap hari, pukul 12.00 -  22.00 WIB

6. Ma'Uneh

7 Rekomendasi Restoran Sunda di Bandung, Mari Bukber, yuk!sajian makanan rumahan Ma'Uneh (instagram.com/ rumahmakanmauneh)

Dibuka pada tahun 1960, Ma'Uneh adalah restoran Sunda legendaris di Bandung. Banyak orang yang mengenal Ma'Uneh, meski lokasinya di Gang Terasana yang sempit dan berdekatan dengan pabrik kina di Jalan Pajajaran, Bandung.

Restoran Sunda ini menyajikan berbagai makanan khas Sunda rumahan. Hidangan favorit di sini adalah jeroan sapi (babat, usus, paru-paru, lidah, dll) dan aneka pepes (hidangan yang dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus atau dibakar).

Alamat:

Pajajaran: Jl. Pajajaran No.132, Arjuna, Kec. Cicendo, Kota Bandung

Setiabudi: Jl. Dr. Setiabudi No.159, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung

Jam Operasional: Buka setiap hari, pukul 10:00 - 22:00 WIB

7. Dapur Pandan Wangi

7 Rekomendasi Restoran Sunda di Bandung, Mari Bukber, yuk!menu Restoran Dapur Pandan Wangi (instagram.com/ gaga.foody)

Restoran ini memiliki aula yang luas dengan banyak meja, sehingga cocok untuk tempat makan keluarga dan kumpul teman. Selama akhir pekan dan hari libur panjang, pengunjung perlu melakukan reservasi 3-5 hari sebelum kedatangan untuk mendapatkan meja.

Di sini kalian dapat menikmati berbagai varian makanan tradisional Sunda seperti nasi liwet (nasi yang dimasak dengan santan, kaldu ayam dan bumbu) disajikan dengan daging goreng, sambal, dan bumbu lainnya.

Selain itu, juga bisa menikmati kuliner tradisional lainnya seperti tumis jenkol, tumis terong, nasi tutug oncom, tumis kacang pete, dan masih banyak lagi. Tentu semuanya akan disajikan dengan sambal dan lalapan.

Alamat: Jl. Patuha No.38, Lkr. Sel., Kec. Lengkong, Kota Bandung

Jam Operasional: Buka setiap hari, pukul 10.00 -  22.00 WIB

Segera pesan tempat di salah satu rekomendasi restoran di atas untuk menikmati makanan tradisional Sunda bersama keluarga, teman, maupun pasanganmu!

Baca Juga: 10 Restoran All You Can Eat di Bandung, Bukber Mulai Rp50 Ribuan

Anisa Destya Photo Verified Writer Anisa Destya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya