Comscore Tracker

5 Food Fusion yang Viral di Indonesia, Bikin Ribut Netizen! 

Kamu udah cobain semuanya?

Food fusion merupakan jenis makanan yang menggabungkan tradisi atau teknik yang berbeda menjadi hidangan. Penyajiannya menekankan penataan yang artistik, kombinasi bahan, dan teknik pengolahan yang unik. 

Makanan ini menjadi populer dikarenakan memberikan kesan baru, unik, dan memorable, sehingga sangat cocok menjadi buah bibir kaum milenial bahkan buat pengemar food hunting sekalipun. Terus apa saja makanan tersebut? Yuk, simak!

1. Burger rendang

5 Food Fusion yang Viral di Indonesia, Bikin Ribut Netizen! Burger rendang (instagram.com/gimmesnaxbali)

Bagaimana jadinya jika American food ini berkolaborasi dengan rendang, Indonesian food? Yap, benar. Unik.

Kesan pertama burger bernuansa lokal ini sungguh positif. Bagaimana tidak, kearifan rasa rendang khas Padang, berpadu dengan saus, selada, bawang, dan roti wijen ini memberikan kesan gurih tersendiri. Ditambah bumbu rendang yang melebur satu dalam mulut, sungguh menjadikannya memiliki satu nilai kenikmatan di lidah masyarakat Indonesia.

2. Kebab nasi padang

5 Food Fusion yang Viral di Indonesia, Bikin Ribut Netizen! Kebab nasi padang (instagram.com/minangkebab.id)

Sempat viral beberapa waktu lalu, kebab yang merupakan street food asal Turki yang sempat menjamur di beberapa sudut kota, kini hadir dalam varian baru. Ya, nasi padang. Inovasi yang tak terduga dari kebab. 

Seperti yang kita tahu, kebab yang biasanya berisikan daging sapi, ayam, ataupun sosis, merubah nuansanya menjadi masakan padang yang begitu lekat dengan lidah masyarakat Indonesia. 

Sayuran, bumbu, maupun nasi khas Padang berselimutkan kulit kebab menjadikannya memiliki nilai unik tersendiri. Selain itu, karena mengandung nasi, cukup dengan sekali memakannya kamu langsung bisa merasakan kenyang.

3. Steik tempe

5 Food Fusion yang Viral di Indonesia, Bikin Ribut Netizen! Steak tempe (instagram.com/dokter_rachma)

Berawal dari problem harga daging yang terus meroket, steik kini tidak hanya berbahan dasar daging. Inovasi terus berlangsung hingga dipilihlah bahan baru yang lebih terjangkau dengan tekstur yang hampir menyerupai daging, yaitu tempe.

Dengan bumbu dan teknik penyajian yang sama seperti steik pada umumnya. Ternyata di luar dugaan, banyak masyarakat yang menyukainya. Maka tidak heran, jika food fusion satu ini mudah menjamur, terutama di kota-kota besar, seperti Jakarta dan Surabaya. 

Baca Juga: Kini Melokal, 8 Kuliner Indonesia Ini Dipengaruhi oleh Budaya Eropa

4. Croissant geprek

5 Food Fusion yang Viral di Indonesia, Bikin Ribut Netizen! Croissant geprek (instagram.com/jatuhcintah_)

Croissant yang biasanya hanya ber-topping-kan keju dan cokelat kini hadir dalam varian baru. Geprek. Bagaimana rasanya?

Dikarenakan tren makanan pedas semakin hits. Seorang pengusaha makanan bernama William mengungkapkan alasan penggabungan sajian Indonesia dan Prancis ini. “Kebetulan saya ini memproduksi croissant juga. Bahkan, jadi salah satu menu andalan di sini. Suatu saat, saya terbesit satu ide. ‘Bagaimana kalau croissant sama geprek di-collab aja, kayaknya enak nih?’ Dan ternyata benaran enak. Rasa ke-indonesia-annya kayak gurih, garing, pedas itu dapat banget. Saya sendiri aja suka sama makanan ini,” ungkapnya.

Hampir sama seperti geprek pada umumnya. Mulai dari ayam, tahu tempe, hingga cabe rawit; Semua bahan di-geprek dan dipadukan dengan croissant bersama topping pendukungnya seperti topping ice cream, keju cheddar, dan lain-lain. 

5. Croffle

5 Food Fusion yang Viral di Indonesia, Bikin Ribut Netizen! Croffle (instagram.com/gourmand.bread)

Croffle, makan yang sekilas mirip waffle ini tengah hits dan digandrung oleh pencinta kuliner. Berbahan croissant, tapi dimasak dengan cetakan waffle dan biasa disajikan dengan cokelat, daging dan buah-buahan.

Masakan ini pertama kali dibuat koki kue bernama Louise Lennox dan semakin populer di Indonesia semenjak chef sekaligus YouTuber, William Gozali, mengkreasikan cireng, pempek, dan martabak dalam bentuk waffle.

Gimana, tertarik dengan rasa lima food fusion yang tengah viral di Indonesia? Dari sekian banyak makanan tadi. Kira-kira, mana nih yang ingin kamu coba dulu?

Baca Juga: 5 Tempat Kuliner Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi

Raita Arya Photo Writer Raita Arya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya