TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep dan Cara Membuat Lontong Daun Pisang yang Pulen dan Enak

Olahan nasi yang juga membuat perut kenyang

resepkoki.id

Terbuat dari nasi, lontong biasa disajikan untuk masakan-masakan tertentu, misalnya gulai, soto, kari, hingga pelengkap bakso. Sebenarnya membuat lontong daun pisang tidak mudah, tapi gak susah juga. 

Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah untuk menu acara-acara tertentu, arisan misalnya. Bisa juga untuk hidangan spesial di rumah. Yuk, simak rekomendasi resep dan cara membuat lontong daun pisang yang pulen dan enak ini.

1. Tips antigagal membuat lontong daun pisang

jabar.idntimes.com

Sebelum membuat lontong daun pisang, simak tiga tipsnya ini dulu ya.

  1. Pilih jenis beras yang pule, karena memasak lontong daun pisang dengan beras yang pulen akan menghasilkan tekstur yang empuk dan berwarna cantik. Cuci dulu sampai bersih ya.
  2. Pastikan takaran beras dalam daun pisang sesuai dengan ruang yang ada. Jika terlalu sedikit, maka beras tidak akan matang sempurna. Terlalu banyak beras juga akan menyebabkan pecah saat matang.
  3. Jemur dulu daun pisang yang akan digunakan. Hal ini dilakukan supaya daun pisang menjadi lebih lemas ketika dibentuk.

2. Bahan-bahan untuk membuat lontong daun pisang

khasiatsehat.com
  • 300 gram beras pulen
  • 500 ml air
  • Daun pisang secukupnya
  • Lidi untuk menusuk daun pisang

Baca Juga: Resep Lontong Kupang Khas Surabaya, Nikmatnya Bikin Merem Melek

3. Siapkan daun pisang dan beras terlebih dahulu

bukalapak.com

Bersihkan dengan lap bersih yang diberi sedikit air, supaya kotoran yang menempel dapat dihilangkan, lalu keringkan. Potong daun pisang sesuai dengan ukuran 20 cm x 30 cm, lalu diamkan.

Siapkan mangkuk, lalu cuci beras sampai bersih. Lakukan proses pencucian beras sebanyak 2-3 kali. Tiriskan. Rendam beras dalam air, lalu diamkan sejenak.

4. Masukkan beras ke dalam daun pisang

beautynesia.id

Bentuk daun pisang hingga menyerupai tabung, kemudian tusuk salah satu ujung daun pisang, supaya tidak bocor ketika beras dimasukkan. 

Masukkan beras yang sudah direndam ke dalam daun pisang, lalu isi setengahnya saja. Pastikan tidak terlalu sedikit atau sebaliknya. Selanjutnya, tutup bagian yang satunya dengan lidi. Lakukan hingga beras habis.

5. Waktunya memasukkan lontong ke dalam panci

linisehat.com

Jika lontong sudah siap, masukkan ke dalam panci. Tuang air ke dalam panci hingga badan lontong terendam. Direndam supaya lontong daun pisang matang dengan merata dan sempurna. Rebus selama empat jam atau hingga matang. 

Baca Juga: Resep Lontong Balap Khas Surabaya, Begini Cara Mudahnya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya