Comscore Tracker

Resep Cloud Bread, Roti Awan yang Lembut dengan Bahan Sederhana

Olahan roti buat kamu yang gak suka ribet nih!

Belakangan roti awan atau yang lebih dikenal dengan cloud bread sedang populer di media sosial. Roti ini terkenal dengan kelembuan teksturnya. Bukan hanya teksturnya, ternyata rasanya juga nikmat.

Roti yang enak ini dapat dibuat dengan bahan yang sangat sederhana lho. Hingga membuat siapa pun bisa membuatnya dengan mudah. Roti ini cocok banget buat kamu yang gak suka ribet. Yuk, simak cara membuat roti awan yang lembut ini!

1. Bahan yang diperlukan

Resep Cloud Bread, Roti Awan yang Lembut dengan Bahan SederhanaYouTube/cookingwithhel

Bahan:

  • 3 butir putih telur
  • 1 sdt perasan air jeruk nipis (optional)
  • 1 sdt pasta vanilla (optional)
  • 30g gula pasir (bagi 3 sesi)
  • 10g tepung maizena

Baca Juga: 10 Pengganti Tepung Terigu yang Bisa  Bikin Roti Lebih Enak

2. Campurkan semua bahan 

Resep Cloud Bread, Roti Awan yang Lembut dengan Bahan SederhanaYouTube/cookingwithhel

Siapkan wadah. Masukkan putih telur dalam wadah. Saat memasukkan putih telur, pastikan telur dalam kondisi suhu ruangan supaya dapat berbentuk busa. Selain itu pastikan wadah yang digunakan dalam kondisi kering.

Tambahkan perasan air jeruk nipis kemudian kocok hingga berbusa dengan kecepatan rendah. Tambahkan gula secara bertahap. Bagi menjadi 3 kali sesi dengan jeda 30 detik. Tambahkan tepung maizena lalu kocok hingga merata.

3. Pisahkan adonan

Resep Cloud Bread, Roti Awan yang Lembut dengan Bahan SederhanaYouTube/cookingwithhel

Bagi adonan menjadi 2 bagian atau sesuai selera. Lalu tambahkan pewarna pada masing-masing adonan sesuai selera. Aduk manual hingga tercampur rata. Pindahkan adonan ke loyang dan letakkan secara bergantian sesuai selera.

4. Masukkan oven

Resep Cloud Bread, Roti Awan yang Lembut dengan Bahan SederhanaYouTube/cookingwithhel

Sebelum menggunakan oven, panaskan terlebih dahulu selama 10 menit dengan suhu 150 derajat. Setelahnya, masukkan adonan ke dalam oven. Atur pada suhu 150 derajat pada bagian atas dan bawah selama 35 menit. 

5. Cloud bread siap dihidangkan

Resep Cloud Bread, Roti Awan yang Lembut dengan Bahan SederhanaYouTube/Cooking with Hel

Setelah permukaan roti berwarna kecokelatan itu tandanya cloud bread sudah matang. Roti awan siap untuk dihidangkan. Kamu juga bisa menambahkan topping cokelat atau keju sesuia selera lho. 

Nah, jadi begitulah resep mudah membuat cloud bread atau roti awan yang sedang populer itu. Teksturnya yang lembut membuat roti awan cocok dikonsumsi anak-anak hingga orang dewasa. Selamat mencoba!

Download aplikasi memasak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan makanan dan masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Pemanggang Roti agar Awet, Gak Susah Kok!

dea merina Photo Writer dea merina

deamerina.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya