Comscore Tracker

Resep Pai Madu dengan Sensasi Manis Gurih yang Bikin Terlena

Cocok dijadikan inspirasi dessert rumahan

Kue pai madu menjadi salah satu penganan ringan yang cocok disantap bersama segelas teh atau kopi. Menikmati santapan ini bisa dilakukan dengan membuatnya di rumah memakai bahan-bahan yang simpel.

Dilansir Life, Love and Sugar, kamu bisa membuat pai madu yang lembut berdasarkan resep di bawah ini. Jangan sampai ketinggalan!

1. Siapkan bahan-bahan

Resep Pai Madu dengan Sensasi Manis Gurih yang Bikin Terlenailustrasi madu (pixabay.com/ExplorerBob)

Bahan-bahan:

  • Kulit pai siap pakai
  • 4 butir kuning telur
  • 600 ml heavy whipping cream
  • 144 gram light brown sugar
  • 45 gram tepung maizena
  • ½ sdt garam
  • 120 ml madu
  • 2 sdt ekstrak vanila
  • Secukupnya sea salt (opsional)

2. Masak adonan custard

Resep Pai Madu dengan Sensasi Manis Gurih yang Bikin Terlenailustrasi panci di atas kompor (pexels.com/Teona Swift)

Langkah pertama, siapkan kulit pai siap masak dan masukkan ke dalam cetakan atau loyang khusus. Setelah itu, diamkan kulit pai di lemari es selama beberapa saat sembari menyiapkan adonan isian.

Di tempat lain siapkan panci bersih berukuran sedang. Tambahkan heavy whipping cream, maizena, dan brown sugar, lalu pindahkan panci ke atas kompor. Masak menggunakan api sedang sampai adonan mulai mengental.

Baca Juga: 5 Jenis Apel Paling Cocok Dijadikan Isian Pai, Jangan Salah Pilih!

3. Tambahkan kocokan telur, madu, dan vanila

Resep Pai Madu dengan Sensasi Manis Gurih yang Bikin Terlenailustrasi adonan kocokan telur (unsplash.com/jurien huggins)

Setelah adonan heavy whipping cream mulai mendidih, segera angkat panci dari kompor. Berikutnya, kocok kuning telur di wadah terpisah hingga benar-benar tercampur secara merata.

Kemudian masukkan kocokan telur sedikit demi sedikit ke dalam krim sambil diaduk biar telur tidak menggumpal. Terakhir, masukkan madu dan tambahkan ekstrak vanila ke dalamnya. Aduk sampai adonan halus.

4. Pindahkan ke loyang dan panggang

Resep Pai Madu dengan Sensasi Manis Gurih yang Bikin Terlenailustrasi kulit pai (pexels.com/Anna Pyshniuk)

Bila sudah, keluarkan kulit pai dari dalam kulkas. Kemudian campurkan adonan ke atasnya, ratakan pakai spatula atau sendok biar penampilannya semakin menarik. Lalu pastikan bahwa oven yang hendak dipakai sudah dipanaskan dengan suhu sekitar 245 derajat celcius.

Jika adonan pai madu sudah siap dan panggangan telah panas, selanjutnya adalah masak adonan selama 40 atau 45 menit. Nantinya bagian atas hidangan akan berubah menjadi cokelat keemasan untuk mendandakan makanan sudah matang.

5. Masukkan ke dalam kulkas sebelum disajikan

Resep Pai Madu dengan Sensasi Manis Gurih yang Bikin Terlenailustrasi pai madu (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Kalau pai madu sudah matang segera keluarkan loyang dari panggangan. Setelah itu diamkan sampai suhunya berubah menjadi suhu ruang agar lebih set. Baru pai madu bisa dimasukkan ke dalam kulkas biar benar-benar padat.

Setelah didinginkan, pai madu bisa segera dinikmati atau ditaburi menggunakan garam laut agar lebih sedap dan memiliki sentuhan rasa asin. Cocok sekali disantap sebagai dessert atau pelengkap di acara penting biar makin meriah.

 

Bikin makanan lezat seperti pai madu dapat dipraktikkan untuk dinikmati sebagai pencuci mulut dan lainnya. Cara membuatnya terbilang sederhana dan memerlukan bahan yang simpel pula. Tertarik mencoba?

Baca Juga: 5 Macam Isian Gurih untuk Mini Pai, Bikin Kalap!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya