Comscore Tracker

5 Daun Jenis Aromatik yang Sering Digunakan saat Memasak, Bikin Lezat!

Masakan pun semakin terasa kaya akan cita rasa 

Dalam mengolah atau memasak berbagai jenis masakan, tentu kita mengharapkan hasil yang lezat dan dapat menggugah selera. Tentunya cita rasa yang diharapkan tak lepas dari bahan-bahan yang juga digunakan.

Bahan-bahan tersebut tidak hanya sebatas tentang rempah atau bumbu saja, melainkan juga dapat berupa daun aromatik. Fungsi serta kegunaan utama dari daun aromatik dapat beragam, dari mulai memberikan aroma, cita rasa, bahkan hingga pewarna. 

Bila kamu gemar memasak, tak ada salahnya untuk mengenal lebih dekat mengenai daun-daun aromatik yang sering dimanfaatkan untuk memasak. Berikut daftarnya! 

1. Serai

5 Daun Jenis Aromatik yang Sering Digunakan saat Memasak, Bikin Lezat!Youtube/ rebyc sag

Siapa yang tidak mengenal jenis daun yang satu ini? Memang sudah bukan rahasia umum lagi bila kegunaan serai sering dimanfaatkan untuk mengolah suatu olahan.

Tidak hanya sebatas untuk olahan berupa tumisan, serai juga dapat digunakan ketika memasak makanan bersantan, berkuah, atau justru dimanfaatkan sebagai tusuk sate.

Tentunya serai memang menjadi daun aromatik yang cukup populer di kalangan ibu rumah tangga. 

2. Kemangi

5 Daun Jenis Aromatik yang Sering Digunakan saat Memasak, Bikin Lezat!jainsusa.com

Jenis daun aromatik yang satu ini erat kaitannya dengan masyarakat Jawa Barat yang gemar mengonsumsi lalapan. Secara umum kamu mengetahui bahwa daun kemangi memiliki aroma yang wangi, namun juga sangat kuat. Aroma inilah yang kemudian dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis pada makanan seperti pepesan.

Selain itu, banyak orang yang juga menggemari kemangi untuk dikonsumsi secara langsung sebagai lalapan tanpa diolah.

Baca Juga: 6 Pilihan Menu Menggunakan Campuran Daun Rucola, Enak dan Sehat!

3. Daun jeruk

5 Daun Jenis Aromatik yang Sering Digunakan saat Memasak, Bikin Lezat!farawayfoods.co.uk

Jenis daun lainnya yang memiliki aroma wangi dan kuat adalah daun jeruk. Tak dapat dimungkiri bahwa memang daun jeruk memiliki aroma yang segar, apalagi bila dimasukkan ke dalam masakan.

Tentunya dengan memanfaatkan daun ini maka kamu dapat mendapatkan hasil masakan yang tak hanya lezat, namun juga beraroma wangi, segar, dan menggugah selera. 

4. Daun salam

5 Daun Jenis Aromatik yang Sering Digunakan saat Memasak, Bikin Lezat!seanowaste.co.uk

Jenis daun yang seakan dipasangkan dengan serai ini memang seringkali dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam memasak. Daun serai telah dipercaya mampu memberikan sensasi rasa tersendiri ketika mencicipinya.

Pada umumnya untuk jenis daun ini lebih cocok dimanfaatkan untuk tumisan agar cita rasanya semakin nendang. 

5. Daun pandan

5 Daun Jenis Aromatik yang Sering Digunakan saat Memasak, Bikin Lezat!indianexpress.com

Menjadi salah satu jenis daun yang paling populer untuk dimanfaatkan dalam masakan, tak heran bila daun pandan hampir selalu ada di setiap sesi memasak.

Daun yang terkenal dengan aroma wanginya ini memang sering dimanfaatkan untuk memberikan cita rasa yang gurih, aroma wangi pada makanan, atau bahkan pewarna alami. Dengan beragam kegunaan yang diperoleh, daun pandan menjadi daun aromatik yang paling digemari. 

Nah, beberapa jenis daun aromatik di atas dapat menjadi informasi untukmu agar semakin mengenal daun-daun yang bermanfaat untuk masakanmu di dapur. Ada lagi daun aromatik versimu? 

Baca Juga: 9 Bahan Makanan Ini Bisa Dijadikan Pengganti Daun Ketumbar, Lho!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya