Comscore Tracker

7 Manfaat Besar Magnesium untuk Tubuhmu, Harus Tahu

Berlimpah manfaat!

Magnesium adalah senyawa kimia yang memiliki lambang Mg dan nomor atom 12 dalam tabel periodik, magnesium adalah unsur ke sembilan yang paling melimpah di alam semesta loh.

Nah magnesium punya manfaat besar loh dalam kesehatan tubuh mulai dari fungsi tubuh hingga menjaga kesehatan orang organ dalam yang penting seperti jantung dan pencernaan. Berikut adalah deretan manfaat magnesium yang amat penting bagi tubuh, yuk simak!

1. Menjaga kesehatan tulang

7 Manfaat Besar Magnesium untuk Tubuhmu, Harus Tahupexels.com/@rawpixel

Fungsi magnesium yang utama kita bahas adalah menjaga kesehatan tulang. Magnesium berperan dalam mengatur kalsium keluar masuk dari selaput sel tulang dan otot, jika kadar magnesium di dalam tubuh kamu terlalu sedikit akan menyebabkan pengangkutan kalsium tidak berjalan dengan baik akibatnya tulang akan kehilangan kepadatannya dan menjadi rapuh. Serta magnesium juga membantu penyerapan kalsium dan vitamin D pada tubuh.

Nah, kekurangan magnesium dalam tubuh membuat tubuhmu berisiko tinggi terjangkit berbagai gangguan pada tulang seperti osteoporosis, pegal serta kram otot.

2. Menurunkan tekanan darah

7 Manfaat Besar Magnesium untuk Tubuhmu, Harus Tahupexels.com/@rawpixel

Mangesium memiliki fungsi anti peradangan yang kuat, sehingga dapat mencegah terjadinya pembekuan darah dan membantu pembuluh darah menjadi lebih rileks menurunkan tekanan darah.

Selain itu, magnesium juga akan membantu mengembalikan komposisi darah, mengatasi kelebihan sodium dan natrium darah, serta membantu mengatasi kelebihan kolesterol dalam darah dan membuat tekanan darah lebih terkontrol dan terhindar dari hipertensi.

3. Meningkatkan Kesehatan kardiovaskular

7 Manfaat Besar Magnesium untuk Tubuhmu, Harus Tahupexels.com/pixabay

Magnesium juga memiliki manfaat besar dalam meningkatkan kardiovaskular dalam membantu mengatur detak jantung dan melindungi dari stres yang dipicu oleh banyak penyebab seperti kram otot, gangguan pencernaan, nyeri, dan bahkan sembelit.

Selain menyehatkan kardiovaskuler, megnesium tersebut juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, dua faktor yang menjadi kontributor utama risiko serangan jantung. Selain itu, pemberian magnesium yang cepat setelah serangan jantung mengurangi risiko kematian dan magnesium juga sering digunakan untuk mengobati gagal jantung kongestif dengan mengurangi detak jantung tidak teratur.

Baca Juga: 10 Kesalahan Membuat Salad Sayur, Rasa dan Gizinya Bisa Hilang 

4. Menjaga kesehatan pencernaan

7 Manfaat Besar Magnesium untuk Tubuhmu, Harus Tahupexels.com/@rawpixel

Magnesium dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan meringankan sembelit berkat kemampuannya untuk merelaksasi otot-otot usus dan menyerap air untuk membantu melunakkan feses agar lebih mudah dikeluarkan, sehingga memungkinkan pergerakan makanan dan sisa sisa makanan yang lebih lancar melalui usus.

Dokter biasanya merekomendasikan suplemen yang mengandung magnesium untuk pasien yang mengalami sembelit kronis. Magnesium oksida memiliki manfaat pencahar lebih manjur dari yang lainnya, lho!

5. Mengurangi resiko diabetes

7 Manfaat Besar Magnesium untuk Tubuhmu, Harus Tahupexels.com/@wdnet

Bagi mereka yang mengalami sindrom metabolik atau pra-diabetes, peningkatan magnesium dapat membantu mencegah diabetes tipe-2. Magnesium membantu mengatur kadar gula darah dengan mengurangi resistensi insulin. Magnesium di sini akan berperan dalam peningkatan kadar gula darah.

6. Mengurangi Peradangan

7 Manfaat Besar Magnesium untuk Tubuhmu, Harus Tahuliputan6.com

Magnesium dapat berperan sebagai anti peradangan, sifat anti-inflamasi mineral juga dapat membantu mengurangi terjadinya dan intensitas flare-up dalam kondisi tertentu.

Malahan, kekurangan magnesium didalam tubuh dapat menyebabkan peradangan kronis, gejala dari banyak kondisi medis termasuk radang sendi, penyakit Crohn, fibromyalgia, sindrom iritasi usus besar (IBS), dan berbagai penyakit autoimun.

7. Meningkatkan penyerapan vitamin dan mineral

7 Manfaat Besar Magnesium untuk Tubuhmu, Harus Tahupexels/pixabay

Seseorang yang kekurangan magnesium kemungkinan besar juga akan kekurangan vitamin dan mineral lainnya. Magnesium membantu mengatur kadar kalsium, dan membantu penyerapan vitamin D.

Tanpa magnesium, tubuh tidak akan dapat menyerap natrium, kalium, atau fosfor dengan tepat. Kekurangan vitamin dan mineral ini dapat menyebabkan masalah medis yang serius, hal ini membuat peran magnesium dalam tubuh menjadi sangat penting untuk tubuh

Itu tadi deretan magnesium untuk kesehatan tubuhmu, banyak sekali makanan yang memiliki kandungan magnesium melimpah seperti kacang kacangan, sayuran hijau, beberapa jenis ikan, susu dan berbagai buah-buahan. Agar hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit kamu juga harus menjaga penyerapan nutrisi untuk tubuhmu. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Kandungan Gizi Kerang Pokea bagi Kesehatan, Enak Banget!

Annisa Fadillah Photo Verified Writer Annisa Fadillah

ig: @annisa_fadillah02

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya