Comscore Tracker

Jangan Lakukan 5 Kegiatan Ini saat Perut Kosong, biar Nggak Nyesel!

Salah satunya, jangan berinvestasi saat perut kosong!

Kondisi perut kosong bisa memengaruhi kita dalam berbagai cara, dan tidak semua konsekuensinya berhubungan dengan pola makan. Sebagai contoh, belanja saat perut lapar cenderung bikin kita kalap, atau adu argumentasi saat lapar bikin kita emosian, dan sebagainya.

Faktanya, memang ada beberapa aktivitas atau kegiatan yang tidak disarankan untuk dilakukan saat perut kosong karena adanya risiko konsekuensi yang tidak diinginkan. Penasaran apa saja? Simak daftarnya berikut ini.

1. Membuat keputusan yang berhubungan dengan finansial

Jangan Lakukan 5 Kegiatan Ini saat Perut Kosong, biar Nggak Nyesel!Ilustrasi menabung (pexels.com/cottonbro)

Ingin berinvestasi misalnya main saham? Jangan membuat keputusan yang berkaitan dengan finansial saat perut kosong. Menurut studi tahun 2021 yang dilakukan oleh The Endocrine Society, grelin, yaitu hormon lapar, dapat mendukung pengejaran imbalan atau keuntungan yang lebih kecil dan lebih cepat daripada keuntungan yang lebih besar yang butuh waktu lebih lama. Ketika peserta studi lapar, mereka dilaporkan jauh lebih mungkin untuk mengambil keuntungan 20 dolar AS di hari itu daripada 80 dolar AS dalam waktu seminggu.

Tim peneliti mengatakan bahwa grelin mungkin memainkan peran yang lebih luas daripada yang sebelumnya diakui dalam hal perilaku pengambilan keputusan terkait perilaku yang berhubungan dengan reward dan pengambilan keputusan, seperti pilihan yang berhubungan dengan keuangan. 

2. Ngopi

Jangan Lakukan 5 Kegiatan Ini saat Perut Kosong, biar Nggak Nyesel!ilustrasi kopi (pexels.com/DominikaRoseclay)

Biasanya kopi adalah hal yang pertama dinikmati pada pagi hari sebelum mulai beraktivitas. Akan tetapi, minum kopi saat perut kosong amat tidak disarankan karena tidak baik untuk perutmu.

Dilansir Eat This Not That!, saat kopi mengenai lapisan perut (saat perut kosong), itu dapat mempercepat produksi asam lambung. Bila tidak ada makanan di perut untuk membantu menyerap sebagian dari asam tersebut, itu dapat merusak lapisan perut dan menyebabkan gangguan pencernaan dan mulas.

Kopi yang diminum tanpa makanan juga bisa berdampak buruk seperti memicu kegelisahan, gemetar, bahkan bisa menyebabkan jantung berdebar pada sebagian orang.

Selain itu, menurut sebuah penelitian dalam British Journal of Nutrition tahun 2019, minum kopi kental di tengah kondisi tidur yang terganggu pada malam hari dengan perut kosong dapat mengganggu kontrol gula darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk diabetes dan penyakit jantung.

Baca Juga: Lapar Terus Menerus? 10 Kondisi Ini yang Mungkin Sedang Kamu Alami!

3. Berbelanja

Jangan Lakukan 5 Kegiatan Ini saat Perut Kosong, biar Nggak Nyesel!ilustrasi membayar belanjaan (pexels.com/energepic.com)

Saat perut lapar, baiknya jauh-jauh dari toko atau pusat perbelanjaan. Kenapa? Karena dalam kondisi lapar, fokus otak kita hanya mencari dan mendapatkan makanan. Pikiran pencarian reward tersebut bisa secara tidak sadar membuatmu jadi membeli sesuatu secara impulsif.

Menurut sebuah laporan berjudul "Hunger promotes acquisition of nonfood objects" dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences tahun 2015, orang-orang yang ke mal saat perut kosong pada akhirnya menghabiskan 64 persen uang lebih banyak daripada orang lain yang pergi berbelanja saat perut kenyang.

4. Mengunyah permen karet

Jangan Lakukan 5 Kegiatan Ini saat Perut Kosong, biar Nggak Nyesel!ilustrasi makan permen karet (pexels.com/cottonbro)

Banyak orang yang memilih untuk mengunyah permen karet saat lapar di antara waktu makan, mungkin menganggap itu bisa "menyibukkan" mulut. Akan tetapi, mengunyah permen karet saat perut kosong bisa lebih banyak kerugiannya daripada keuntungannya.

Permen karena yang dikunyah saat lapar bisa menipu tubuh kita dengan berpikir bahwa kita sedang makan. Lalu, lambung akan merespons dengan memulai produksi asam untuk mengantisipasi beberapa nutrisi untuk dicerna, menurut laporan dalam The American Journal of Gastroenterology tahun 1988.

Nah, saat makanan yang ditunggu-tunggu lambung tak kunjung datang, semua asam lambung ekstra tersebut dibiarkan begitu saja. Selain berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan dan rasa tak nyaman di perut, kadar asam lambung yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan tukak lambung, yaitu luka pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung.

5. Tidur

Jangan Lakukan 5 Kegiatan Ini saat Perut Kosong, biar Nggak Nyesel!ilustrasi tidur (pexels.com/@vanyaoboleninov)

Khususnya saat kamu sedang berupaya menurunkan berat badan, makan larut malam memang sangat tidak disarankan. Begitu pula tidur saat perut kosong. Ini malam bikin kamu sulit untuk tertidur dan mungkin membuatmu terbangun beberapa kali tengah malam, sehingga membuat tingkat energimu rendah saat bangun tidur pada pagi hari.

Ironisnya, memaksakan diri untuk tidur tiap malamnya dalam kondisi kelaparan juga bisa bikin berat badan naik. Ini bisa membuatmu bangun tidur keesokan harinya dengan perasaan lelah karena tidur tak nyenyak atau kurang tidur. Saat kurang tidur, otak kita akan mencari energi dalam bentuk lain, yaitu makanan, menurut laporan dalam Nature Communications tahun 2014. Inilah alasan kenapa tidur dengan perut kosong bisa menciptakan lingkaran sehat dari kurang tidur dan pilihan makanan atau pola makan yang tidak sehat.

Dilansir Bright Side, lapar dan kadar glukosa tubuh yang rendah bisa mencegahmu untuk terlelap, tidur dangkal atau tak nyenyak, dan bangun lebih awal. Kondisi kurang tidur pun meningkatkan hormon lapar, sehingga ini bisa membuatmu makan lebih banyak keesokan harinya.

Jadi, daripada nantinya menyesal, sebaiknya jangan lakukan kegiatan di atas saat perut kosong, ya!

Baca Juga: 7 Dampak Buruk Minum Kopi Saat Perut Kosong, Jangan Menantang Tubuhmu

Basri W Pakpahan Photo Verified Writer Basri W Pakpahan

Menulis untuk Memperbaiki Diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya