Comscore Tracker

5 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur agar Tidurmu Lebih Nyenyak

Coba deh, dijamin kualitas tidurmu akan meningkat!

Setiap manusia pasti butuh istirahat setelah seharian beraktivitas. Salah satu cara untuk mengistirahatkan diri adalah dengan tidur. Tapi, ternyata nggak semua orang mendapatkan kualitas tidur yang baik. Padahal, kualitas tidur yang baik dapat membuat kita kembali segar dan merasa lebih semangat keesokan harinya. 

Sebenarnya, kamu hanya perlu melakukan beberapa kebiasaan serta lima tips berikut ini agar mendapatkan kualitas tidur yang baik. Kira-kira apa saja ya? Yuk disimak!

1. Cobalah membiasakan diri untuk tidur dengan terjadwal

5 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur agar Tidurmu Lebih NyenyakUnsplash.com/Mpho Mojapelo

Cobalah untuk tidur dengan terjadwal, bahkan di akhir pekan. Tidur dengan terjadwal bisa membuat otak dan tubuh kamu menciptakan alarm alami yang akan membantu kamu untuk bisa tidur dan bangun di jam yang sama. 

Dengan membiasakan hal ini, kamu akan mendapatkan kualitas tidur yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

2. Cobalah untuk tidak menggunakan teknologi digital beberapa jam menjelang waktu tidur

5 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur agar Tidurmu Lebih NyenyakUnsplash.com/Raden Prasetya

Menggunakan teknologi digital sebelum tidur akan membuat kamu kesulitan untuk tidur. Tentunya ini akan mengurangi waktu tidur kamu.

Cobalah untuk mengisi waktu sebelum tidur kamu tanpa perlu menggunakan teknologi digital. Kamu bisa mencoba untuk membaca buku, menulis, dan melakukan hal lainnya sebelum kamu tidur. Hal ini terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur kamu. 

Baca Juga: 7 Tips Bisa Cepat Tidur untuk Orang Insomnia, Langsung Lelap!

3. Buatlah suasana tempat tidur senyaman mungkin

5 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur agar Tidurmu Lebih NyenyakUnsplash.com/Jp Valery

Cobalah untuk menciptakan suasana tempat tidur yang benar-benar nyaman. Kamu nggak harus menyiapkan berbagai perlengkapan mahal kok. Cukup hal sederhana seperti meredupkan lampu kamarmu, membersihkan kamarmu, dan lain sebagainya.

4. Jangan berolahraga berat di malam hari

5 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur agar Tidurmu Lebih NyenyakUnsplash.com/Bruno Nascimento

Beberapa orang percaya bahwa setelah olahraga kita akan mudah mengantuk. Hal ini tidak salah. Namun, bila kamu melakukan olahraga yang terbilang cukup berat, terkadang tubuh malah menjadi lebih segar sehingga akan membuat kamu tetap terjaga.

Ada baiknya bila kamu melakukan aktivitas ringan seperti yoga, meditasi, mendengarkan musik, dan lain sebagainya.

5. Hindari makan berlebihan di malam hari

5 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur agar Tidurmu Lebih NyenyakUnsplash.com/Sander Dalhuisen

Makan yang berlebihan sangat tidak dianjurkan bagi kamu yang ingin mendapatkan kualitas tidur yang baik. Karena makan yang berlebihan dapat membuat organ pencernaan bekerja lebih keras sehingga akan mengganggu kualitas tidur kamu. 

Bila kamu merasa lapar saat menjelang tidur, kamu bisa coba untuk mengonsumsi makanan ringan. Karena tidur dalam keadaan lapar sangat tidak nyaman, bukan?

 

Itulah tadi lima tips untuk meningkatkan kualitas tidur agar tidurmu makin nyenyak. Sudah siap untuk menerapkannya malam ini?

Baca Juga: Tidur Berkualitas, Ini 10 Minuman yang Baik Diminum sebelum Tidur

Hengky Okniel Photo Writer Hengky Okniel

Terimakasih telah membaca :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya