Comscore Tracker

10 Cara Melancarkan Haid yang Tidak Teratur secara Alami

Dear ladies, jangan membiarkan haid yang tak teratur, ya

Periode haid atau menstruasi pada setiap perempuan memang berbeda-beda. Secara normal siklus tersebut terjadi dalam 21 hingga 35 hari sekali. Namun, jika haidmu berada di luar jangka waktu tersebut, baik terlalu cepat maupun terlambat, ini artinya kamu harus mulai bertindak. 

Untungnya, melancarkan haid bukanlah hal yang sulit, dengan catatan tidak ada kondisi medis yang mendasari. Ada beberapa cara melancarkan haid secara alami. Yuk, simak berikut ini!

1. Olahraga teratur

10 Cara Melancarkan Haid yang Tidak Teratur secara Alamipexels.com/Li Sun

Cara pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat menstruasi lebih lancar adalah olahraga secara rutin. Kamu bisa menyesuaikan jenis olahraga dengan kemampuan dan preferensimu. Mulai dari yoga, joging, zumba, dan lain sebagainya. 

Bukan hanya itu, mengutip Healthline, olahraga teratur juga bisa membuat gejala sindrom pramenstruasi (PMS) dan kram perut lebih ringan. Periode haid pun bisa jadi lebih singkat karena aliran darah yang keluar lancar. 

2. Kompres dan mandi air hangat

10 Cara Melancarkan Haid yang Tidak Teratur secara Alamifreepik.com/rawpixel.com

Kompres dan mandi menggunakan air hangat tidak hanya meredakan kram perut yang kamu rasakan saat PMS dan haid. Metode ini juga bisa melancarkan siklus bulanan tersebut, lho.

Ini dimungkinkan untuk terjadi karena kompres dan air hangat akan membuat otot perut dan uterus lebih relaks. Akhirnya, aliran darah haid pun lancar. 

3. Berhubungan seksual sebelum haid

10 Cara Melancarkan Haid yang Tidak Teratur secara AlamiIlustrasi Seks (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk kamu yang sudah memiliki pasangan, berhubungan seksual juga bisa menjadi cara melancarkan haid, lho. Apalagi jika kamu melakukannya hingga mencapai orgasme. Apa alasan dari hal ini?

Melansir Medical News Today, aktivitas seksual akan membantu memperlebar serviks. Hal ini kemudian merangsang rahim untuk melepaskan lapisannya menjadi darah haid. 

4. Meditasi

10 Cara Melancarkan Haid yang Tidak Teratur secara Alamipexels.com/Andrea Piacquadio

Salah satu penyebab tidak lancarnya haid adalah stres yang tidak diatur dengan baik. Untuk meredakannya, cobalah untuk bermeditasi. Walaupun terdengar sederhana, cara ini mampu mengurangi stres dan menyeimbangkan hormon. 

Untuk melakukannya, duduklah dengan nyaman tempat yang tenang. Tarik napas, tahan, dan lepaskan secara berulang selama beberapa menit. Fokuskan otak pada tarikan napas, singkirkan pikiran-pikiran yang membuatmu stres dan tertekan. Cara ini bisa kamu lakukan selama 10 menit setiap harinya. 

5. Pastikan tubuh beristirahat dengan cukup

10 Cara Melancarkan Haid yang Tidak Teratur secara Alamipexels.com/Ketut Subiyanto

Kelelahan dan kurang tidur juga bisa merusak siklus haidmu. Cara paling mudah dan ampuh untuk mengatasinya adalah dengan istirahat dan tidur yang cukup. Dengan begitu, tubuh dan pikiran menjadi lebih relaks.

Pastikan kamu tidur selama 7 hingga 8 jam setiap malamnya, ya. Untuk meningkatkan kualitas istirahat, kurangi minum kopi, matikan lampu sebelum tidur, dan hindari scroll smartphone karena sinarnya akan membuatmu sulit terlelap. 

Baca Juga: 10 Proses Perubahan Tubuh Perempuan saat Berhubungan Seksual

6. Lakukan aktivitas yang membuatmu relaks

10 Cara Melancarkan Haid yang Tidak Teratur secara Alamilifehack.org

Selain istirahat dan tidur yang cukup, sebaiknya lakukanlah hal-hal lain yang membuatmu rileks dan senang. Mulai dari yoga, bertemu teman, keluarga, melukis, atau bahkan menonton serial dan film favoritmu. Dengan begitu, stres bisa ditangani dan akhirnya haid pun jadi lebih lancar. 

7. Jaga berat badan agar tetap ideal

10 Cara Melancarkan Haid yang Tidak Teratur secara Alamihelpguide.org

Naik turunnya berat badan juga berperan besar. Berat badan yang turun drastis berisiko menghentikan haid, sementara berat badan yang naik akan membuat darah yang keluar sangat banyak. 

Maka dari itu, sebaiknya jagalah berat badan agar tetap ideal dan tidak berubah secara drastis. Caranya adalah dengan memiliki pola makan yang sehat dan seimbang. Kamu juga bisa konsultasi dengan dokter jika memang memiliki riwayat penyakit yang menyebabkan berat badan fluktuatif.

8. Minum air dengan cukup setiap harinya

10 Cara Melancarkan Haid yang Tidak Teratur secara Alamipexels.com/Daria Shevtsova

Cara berikutnya untuk memperlancar haid adalah dengan mencukupi kebutuhan air harian. Melansir Healthline, hal ini mampu mencegah penggumpalan darah yang bisa menghambat haid. Maka dari itu, jangan pernah menyepelekan anjuran minum setidaknya air delapan gelas sehari, ya.

9. Kamu juga bisa mengonsumsi asupan makanan ini

10 Cara Melancarkan Haid yang Tidak Teratur secara Alamihealthline.com

Asupan makanan setiap hari juga harus diperhatikan untuk mencegah haid yang tidak teratur. Berikut ini makanan yang sebaiknya kamu konsumsi:

  • Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kale;
  • Kelompok citrus, seperti jeruk, lemon, dan jeruk bali;
  • Buah lain yang mengandung vitamin C, seperti stroberi, kiwi, tomat, buah berry, dan pepaya;
  • Nanas;
  • Berbagai jenis teh;
  • Makanan yang mengandung zat besi seperti daging, kuning telur, dan hati;
  • Makanan yang kaya akan vitamin B6 seperti ikan, ayam, dan telur.

10. Coba cara-cara tradisional yang terbukti ampuh

10 Cara Melancarkan Haid yang Tidak Teratur secara Alamikagiso.io

Terakhir, kamu juga bisa mencoba cara-cara tradisional yang terbukti ampuh menurut sains. Di antaranya adalah:

  • Jamu kunyit asam atau kunyit secara umum bisa melancarkan haid dan mempersingkat periodenya;
  • Jahe dapat meringankan pendarahan yang berlebihan;
  • Adas memiliki sifat analgesik, sehingga mampu meringankan gejala PMS dan melancarkan keluarnya darah;
  • Kayu manis untuk mengurangi nyeri dan memperbaiki siklus haid;
  • Nanas mengandung enzim bromelain yang mampu membantu meluruhkan dinding rahim. 

Itulah sepuluh cara melancarkan haid yang tidak teratur secara alami yang bisa kamu coba. Gak sulit, kan? Semoga berhasil, ya!

Baca Juga: 7 Olahraga Saat Haid yang Dianjurkan dan Masih Diperbolehkan, Coba Aja

Topic:

  • Izza Namira
  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya