Comscore Tracker

7 Kandungan Buah Kurma yang Baik untuk Kesehatanmu, Kaya akan Manfaat

#RamadanMasaKini Makan kurma saat puasa itu sunah loh...

Siapa yang suka makan kurma? Buah yang berasal dari Timur Tengah ini memang disarankan untuk dikonsumsi saat puasa. Rasanya yang manis cocok dimakan saat berbuka puasa.

Tidak hanya itu, kurma juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Mulai dari vitamin, kalori, protein, dan lain-lain. Berikut ini penjelasan mengapa kandungan buah kurma baik untuk kesehatan tubuh mu!

1. Kurma memiliki kandungan polifenol yang tinggi

7 Kandungan Buah Kurma yang Baik untuk Kesehatanmu, Kaya akan Manfaatbigcommerce.com

Polifenol adalah senyawa antioksidan yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Senyawa ini biasanya terkandung dalam buah, sayuran, dan sereal. Kurma memiliki kandungan polifenol yang lebih tinggi daripada buah-buahan lainnya karena ia tumbuh di gurun pasir. Senyawa ini melindungi mereka dari oksidasi.

2. Kaya akan antioksidan

7 Kandungan Buah Kurma yang Baik untuk Kesehatanmu, Kaya akan ManfaatANTARAFOTO/Moch Asim

Tidak hanya polifenol, kurma juga memiliki sejumlah antioksidan lainnya, yaitu flavonoid dan karotenoid. Flavonoid bisa membantu mengurangi inflamasi, risiko diabetes, hingga alzheimer.

Sedangkan karotenoid memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit mata. Dibandingkan dengan jenis buah yang sama seperti buah fig dan plum kering, kurma memiliki kandungan antioksidan paling tinggi.

3. Kurma kaya akan serat

7 Kandungan Buah Kurma yang Baik untuk Kesehatanmu, Kaya akan Manfaatjknmelaka.moh.gov.my

Mendapatkan serat yang cukup sehari-hari penting untuk kesehatanmu. Dalam 100 gram kurma terkandung 20 persen serat yang dibutuhkan manusia setiap harinya.

Serat bisa menghindarkan seseorang dari konstipasi dan membantumu tidak merasa lapar. Inilah mengapa mengonsumsi kurma saat berpuasa itu dianjurkan.

Baca Juga: Tips Lancar Berpuasa untuk Kamu yang Beraktifitas di Luar Ruangan

4. Memiliki kandungan potasium yang tinggi

7 Kandungan Buah Kurma yang Baik untuk Kesehatanmu, Kaya akan Manfaatpopsugar-assets.com

Kurma juga kaya akan potasium. Satu buah kurma mengandung setidaknya 47 miligram potasium. Zat ini berfungsi untuk mengatur keseimbangan cairan, aktivitas jantung, dan otot tubuh. Menurut World Health Organization (WHO), jumlah potasium yang disarankan untuk dikonsumsi dalam sehari sebesar 3.510 miligram dalam sehari.

5. Mengandung energi baik untuk beraktivitas

7 Kandungan Buah Kurma yang Baik untuk Kesehatanmu, Kaya akan Manfaatnetdna-ssl.com

Kurma kaya akan gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Oleh karena itu, kamu bisa mendapatkan banyak energi dengan mengonsumsi kurma. Banyak orang di seluruh dunia yang mengonsumsi kurma untuk snack di siang hari saat mereka merasa lemas. Selain itu, konsumsi buah ini bisa menghindarkanmu dari terlalu banyak makan saat berbuka puasa.

6. Kurma cocok dikonsumsi untuk penderita anemia

7 Kandungan Buah Kurma yang Baik untuk Kesehatanmu, Kaya akan Manfaatwikihomenutrition.com

Zat yang paling dibutuhkan oleh penderita anemia adalah zat besi. Dalam satu buah kurma, terdapat lima persen zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari. Zat ini bisa mengurangi gejala anemia seperti pusing, sesak napas, dan kuku yang rapuh.

7. Rincian kandungan nutrisi kurma

7 Kandungan Buah Kurma yang Baik untuk Kesehatanmu, Kaya akan Manfaathamodia.com

Dalam satu buah kurma dengan besar yang standar terkandung zat-zat berikut ini:

  • Kalori: 20
  • Lemak: 0.03 gram
  • Karbohidrat: 5.33 gram
  • Serat: 0.6 gram
  • Gula: 4.5 gram
  • Protein: 0.17 gram
  • Vitamin B-6: 0.012 miligram
  • Zat besi: 0.07 miligram
  • Magnesium: 3 miligram
  • Potasium: 47 miligram

Banyak sekali kan kandungan buah kurma yang baik untuk kesehatanmu. Membiasakan diri untuk makan kurma bukan hal yang buruk loh. Yuk dimulai dari sekarang!

Baca Juga: Ini 5 Cara Mencegah Kulit Kering Selama Bulan Puasa 

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • SEO Intern

Berita Terkini Lainnya