Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Cukup Tidur, Penting untuk Imunitas Tubuhmu

Badan bisa jadi lebih sehat, lho!

Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi agar kerja sistem tubuh tetap berjalan normal. Mayo Clinic melansir, orang dewasa setidaknya butuh tidur selama tujuh hingga 8 jam, usia remaja tidur 8 hingga 9 jam, dan anak-anak butuh minimal tidur 10 jam setiap malam.

Tidur di luar durasi yang dianjurkan, baik terlalu lama atau kurang tidur, bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Orang yang kurang tidur akan sulit untuk berkonsentrasi hingga mudah jatuh sakit. Oleh sebab itu, seseorang harus tidur cukup agar bisa mendapatkan banyak manfaat sebagai berikut.

1. Konsentrasi dan produktivitas meningkat jika kualitas tidur baik

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Cukup Tidur, Penting untuk Imunitas Tubuhmuilustrasi seseorang yang sedang bekerja (pexels.com/Anthony Shkraba)

Tidur ternyata bisa memberikan dampak baik pada kemampuan seseorang untuk melakukan kerja. Dilansir Healthline, tidur dapat menjaga fungsi otak yang meliputi kognisi, konsentrasi, produktivitas, dan performa.  

Jika jam tidur berkurang, otak tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Akibatnya, konsentrasi menurun dan sulit untuk melakukan aktivitas.

2. Cukup tidur bisa menurunkan risiko sakit jantung dan stroke

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Cukup Tidur, Penting untuk Imunitas Tubuhmuilustrasi berolahraga (pexels.com/Valeria Ushakova)

Salah satu cara menjaga tubuh tetap sehat adalah dengan menjaga tidur. Dilansir Healthline, kualitas dan durasi tidur sangat berkaitan erat dengan kondisi kesehatan.

Cappuccio, dkk., dalam risetnya yang diterbitkan oleh European Heart Journal tahun 2011 menyebutkan bahwa tidur dengan durasi kurang dari tujuh hingga 8 jam per malam dapat meningkatkan risiko menderita penyakit jantung dan stroke. Jadi, pastikan tidur sesuai durasi yang dianjurkan, ya!

Baca Juga: Mau Tidur Pulas? Hindari Olahraga 2 Jam Sebelum Tidur, Ini Alasannya!

3. Sistem imun lebih kuat

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Cukup Tidur, Penting untuk Imunitas Tubuhmuilustrasi seseorang yang sedang berolahraga (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Selain mengonsumsi makanan bergizi disertai olahraga teratur, istirahat yang cukup juga diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Salah satu bentuk istirahat yang paripurna adalah tidur.

Dilansir Mayo Clinic, saat tidur, sistem imun melepas sitokin, sebuah protein yang berperan untuk melawan infeksi. Jika kualitas tidur menurun, produksi sitokin dapat terganggu dan membuat lebih mudah jatuh sakit. Oleh sebab itu, tidur yang cukup bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh.

4. Tidur berkualitas bisa menjaga berat badan tetap ideal

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Cukup Tidur, Penting untuk Imunitas Tubuhmuilustrasi menimbang berat badan (pexels.com/Andres Ayrton)

Hasil studi yang dilakukan oleh Milia, dkk., dalam jurnal Sleep Medicine tahun 2013 mengungkapkan bahwa kurang tidur bisa meningkatkan berat badan, salah satu mekanismenya melalui gangguan keseimbangan hormon leptin dan grehlin yang menyebabkan rasa lapar berlebih.

Bisa diketahui bahwa ketika merasa sangat lapar, seseorang akan cenderung makan berlebihan. Akibatnya, berat badan tidak terkendali dan berisiko munculnya kelebihan berat badan bahkan obesitas.

5. Emosi bisa tetap stabil

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Cukup Tidur, Penting untuk Imunitas Tubuhmuilustrasi ekspresi bahagia (unsplash.com/Antonino Visalli)

Dilansir Harvard Medical School, kurang tidur dapat mengakibatkan seseorang merasa stres dan lekas marah, sehingga mood menjadi tidak stabil. Sebaliknya, tidur dengan kualitas dan kuantitas yang cukup bisa meningkatkan kesehatan.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengusahakan tidur dengan durasi yang cukup. Jangan sampai jadi emosian hanya karena ngantuk, ya!

Nah, ternyata tidur memberikan banyak manfaat untuk kesehatan mental dan fisik. Mulai sekarang, selalu usahakan untuk tidur dengan durasi yang dianjurkan, sesibuk apa pun kegiatan di hari itu. Selamat mencoba!

Baca Juga: 8 Cara Cepat Tidur Malam, Solusi untuk Langganan Insomnia!

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya