Comscore Tracker

Mulutmu Cepat Kering dan Bau? Coba 7 Cara Cepat yang Ampuh Ini Deh!

Mulut yang bau bisa bikin temanmu dan orang lain kabur lho

Pernah berbicara dengan orang yang mulutnya bau? Rasanya ingin cepat-cepat kabur kan. Bagaimana kalau orang itu ternyata adalah kamu? Aduh, pasti kamu bisa malu banget. Supaya mulutmu gak cepet kering dan akhirnya jadi bau, ini ada 7 tips mengatasinya!

1. Minum air yang cukup

Mulutmu Cepat Kering dan Bau? Coba 7 Cara Cepat yang Ampuh Ini Deh!pexels.com/Daria Shevtsova

Dehidrasi adalah penyebab umum mulut kering. Bagi kamu yang tidak suka minum, mulai biasakan untuk mengonsumsi air selama beberapa jam sekali ya. Minimal satu hari konsumsi 2 liter air agar selain mulutmu tidak bau, ginjalmu juga sehat.

2. Hindari minuman berkafein

Mulutmu Cepat Kering dan Bau? Coba 7 Cara Cepat yang Ampuh Ini Deh!pexels.com/Burst

Apakah kamu sadar kalau setelah minum kopi, kamu bisa merasa lebih haus di siang hari? Hindari minuman berkafein, karena kafein bersifat diuretik yang menyebabkan tubuh lebih cepat kehilangan cairan. Kopi dan teh bisa memperburuk masalah mulut kering.

3. Makan makanan yang asam misalnya lemon

Mulutmu Cepat Kering dan Bau? Coba 7 Cara Cepat yang Ampuh Ini Deh!pexels.com/rawpixel.com

Makanan asam bisa merangsang kelenjar ludah. Coba peras setengah butir lemon dalam segelas air. Air lemon itu bisa menjadi solusi sempurna mulut keringmu. Tapi hati-hati jangan terlalu sering karena asam dari lemon bisa merusak enamel gigimu.

Baca Juga: Usahakan Hindarilah 8 Penyebab Utama Mulut Kering Selain Dehidrasi Ini

4. Jangan merokok

Mulutmu Cepat Kering dan Bau? Coba 7 Cara Cepat yang Ampuh Ini Deh!pexels.com/Megan Forbes

Tembakau bisa mengurangi produksi air liur, terutama kalau kamu sedang mengonsumsi obat-obatan secara bersamaan. Selain itu, tar dari rokok juga bisa mengiritasi kelenjar ludahmu lho. Mulutmu juga akan mengeluarkan bau rokok yang akan sulit hilang.

5. Makan permen bebas gula

Mulutmu Cepat Kering dan Bau? Coba 7 Cara Cepat yang Ampuh Ini Deh!imagenesmi.com

Cobalah untuk makan permen bebas gula. Permen ini akan menyelamatkan mulutmu dari kebauan dan kekeringan untuk jangka pendek. Kenapa bebas gula? Karena kebanyakan gula tidak baik bagi tubuh dan juga bagi gigi.

6. Pakai lipbalm untuk bibir yang kering

Mulutmu Cepat Kering dan Bau? Coba 7 Cara Cepat yang Ampuh Ini Deh!pexels.com/Burst

Bagi orang yang menderita mulut kering, seringkali bibir yang kering akan menambah ketidaknyamanan. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengaplikasikan lipbalm dan menjaga kelembapannya. Kalau kamu pria, kamu juga bisa menggunakan lipbalm transparan kok.

7. Jaga kesehatan gigi dan mulut

Mulutmu Cepat Kering dan Bau? Coba 7 Cara Cepat yang Ampuh Ini Deh!pexels.com/George Becker

Salah satu sumber penyebab bau mulut lainnya adalah kondisi kesehatan mulutmu. Sikat gigi dua kali sehari, pakai obat kumur dan rajin mengunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan rutin. Pastikan juga tidak ada makanan yang menyangkut setiap kamu selesai makan, karena akan membusuk dan menjadi bau di dalam mulut.

Ikuti tips diatas dan jangan pernah gak pede lagi karena takut mulutmu bau. Kalau kamu merasa mulutmu memang rentan bau, kamu bisa membawa sikat gigi kemana-mana. Sikat gigi 20 menit setelah selesai makan akan memberikan mulutmu kesegaran yang baru.

Baca Juga: 6 Cara untuk Membunuh Bakteri Jahat yang Tanpa Sadar Hidup di Mulutmu

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You