Comscore Tracker

6 Gerakan Tanpa Lompat untuk Otot Perut Lebih Liat dan Kuat, Coba deh!

Gak ada lagi luberan lemak berlipat-lipat

Punya perut yang kencang dan kuat? Duh, siapa yang gak mau, sih? Paling gak, selain aktivitas jadi lebih nyaman, saat duduk pun perut gak jadi berlipat-lipat meluber.

Nah, buat kamu yang ingin punya otot perut yang oke, coba deh olahraga ini. Lima gerakan tanpa lompat ini bisa membantu mengencangkan dan menguatkan otot perutmu!

1. Leg drops

6 Gerakan Tanpa Lompat untuk Otot Perut Lebih Liat dan Kuat, Coba deh!shutterstock.com

Berbaring di atas matras, angkat kedua kaki lurus. Turunkan kedua kaki secara bersamaan hingga hampir menyentuh lantai (gak sampai menyentuh tanah, ya), lalu kembali angkat ke posisi semula.

Gunakan otot perut terutama bagian bawah untuk mengontrol gerakan, bukan dengan momentum. Kamu bisa meletakkan tangan di samping badan atau batas pinggang dan bokong. Kamu juga bisa sedikit mengangkat kepala dan punggung atas agar lebih menantang.

2. Reverse crunch

6 Gerakan Tanpa Lompat untuk Otot Perut Lebih Liat dan Kuat, Coba deh!youtube.com/LiveStrongWoman

Berbaring dengan punggung dan kepala menempel di lantai. Tekuk lutut ke atas hingga membentuk sudut 90 derajat) Secara bersama-sama, luruskan kedua kaki, lalu kembali tekuk seperti posisi awal.

Gerakan ini juga sangat berpengaruh terhadap otot perut bagian bawah. Posisi tangan bisa kamu atur agar berada di samping maupun sebagai ganjalan agar lebih nyaman. Ambil napas saat kaki menekuk dan buang napas saat kaki lurus.

3. Starfish crunch

6 Gerakan Tanpa Lompat untuk Otot Perut Lebih Liat dan Kuat, Coba deh!phoenixfit4life.com

Berbaringlah dengan kedua tangan terbuka lebar ke atas dan kaki juga terbuka (seperti posisi bintang laut). Bersamaan dengan kaki kanan di angkat, sentuhkan tangan kiri ke ujung kaki kanan (atau sejauh yang kamu mampu), lalu kembali ke posisi semula. Lanjutkan dengan kaki kiri dan tangan kanan.

Seluruh bagian perut akan terasa diaktifkan. Atur napas tetap teratur agar kamu gak merasa lelah. Lakukan inhalasi saat berbaring dan ekshalasi saat menyentuhkan tangan ke ujung kaki.

Baca Juga: Perutmu Buncit? Atasi dengan 6 Olahraga Ini Saja

4. Heel touches

6 Gerakan Tanpa Lompat untuk Otot Perut Lebih Liat dan Kuat, Coba deh!eatingbirdfood.com

Ambil posisi berbaring yang nyaman, tekuk lutut dengan telapak kaki tetap menyentuh lantai. Posisikan kedua tangan berada di samping.

Angkat kepala dan punggung atas, lalu gerakkan bahu sehingga jari tangan menyentuh tumit kanan, lalu bergantian jari kiri menyentuh tumit kiri. Tarik napas saat berada di posisi tengah, buang setiap menyentuhkan jari pada tumit. Rasakan sensasi pada otot perut bagian samping.

5. Plank

6 Gerakan Tanpa Lompat untuk Otot Perut Lebih Liat dan Kuat, Coba deh!yogajournal.com

Gerakan statis ini terlihat begitu sederhana, tetapi bersiap-siap tubuhmu akan terasa panas dan keringat bercucuran. Ambil posisi push up sempurna, telapak tangan menempel pada matras. Kepala, punggung, dan bokong dalam satu garis lurus. Biarkan kaki sedikit terbuka.

Kunci keberhasilan pose ini ada pada di perutmu, sehingga jangan kaget bila kontraksi pada perut akan amat sangat terasa. Kekuatan bahu dan kaki juga tentu dibutuhkan, tetapi bukan menjadi yang utama.

6. Side plank

6 Gerakan Tanpa Lompat untuk Otot Perut Lebih Liat dan Kuat, Coba deh!plankpose.com

Kini, giliran mengencangkan otot perutmu bagian samping. Letakkan salah satu tangan sebagai tumpuan, lalu satukan kedua kakimu. Tahan posisi ini dengan menggunakan otot perut dan juga keseimbangan pada tangan tumpuan.

Lakukan untuk sisi yang satunya. Sebagai catatan, selain dengan posisi tangan lurus, kamu juga bisa mencoba dengan posisi tangan yang ditekuk, sehingga yang menempel pada matras tidak hanya telapak tangan, tetapi lengan bagian bawah.

Masing-masing gerakan ini bisa kamu lakukan selama satu menit dan merepetisinya sebanyak dua hingga tiga kali. Bila telah terbiasa, kamu tentu boleh menambah intensitasnya.

Baca Juga: 5 Cara Terbaik untuk Membakar Lemak Perut Sampai Gak Mudah Dicubit

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya