Comscore Tracker

Banyak Kuman, Ini 7 Tempat & Barang yang Harus Sering Dibersihkan 

Jangan biarkan kuman berkembang biak!

Saat musim hujan dan musim pancaroba, flu dan batuk sering menyerang tubuh. Kamu perlu untuk menjaga dirimu dan keluargamu untuk tetap sehat terutama saat pandemi COVID-19 ini. Menjaga kesehatan tidak hanya dari kebersihan tubuh saja tetapi barang dan tempat tinggal juga perlu dijaga kebersihannya. 

Fokuslah membersihkan barang dan tempat yang sering kamu sentuh sehingga kegiatan bersih-bersih berjalan dengan cepat dan efektif. Berikut ini beberapa tempat dan barang yang harus kamu jaga kebersihannya! 

1. Ponsel 

Banyak Kuman, Ini 7 Tempat & Barang yang Harus Sering Dibersihkan pexels.com/Terje Sollie

Ponsel adalah barang yang sering dipegang berkali-kali sepanjang hari. Sebuah studi tahun 2012 oleh Universitas Arizone menemukan bahwa ponsel memiliki lebih banyak kuman dibandingkan dudukan toilet. Membersihkan ponsel harus dilakukan karena kuman pada ponsel akan menyebar ke tanganmu meskipun kamu sudah mencuci tangan dengan benar. 

Saat membersihkan ponsel, pastikan tanganmu bersih. Setelah itu seka permukaan layar dengan kain mikrofiber yang sudah disemprot pembersih. Jangan menyemprotkan cairan pembersih ke layar supaya tidak terjadi kerusakan. Selain ponsel, kamu juga perlu membersihkan casing ponsel menggunakan kain yang sudah dicelupkan ke dalam alkohol isopropil 70%. Terakhir, biarkan ponsel dan casing mengering dengan sendirinya. 

2. Keyboard laptop/komputer 

Banyak Kuman, Ini 7 Tempat & Barang yang Harus Sering Dibersihkan Pexels.com/Karol D

Kamu kemungkinan besar sering mengetik menggunakan keyboard selama berjam-jam sepanjang hari. Keyboard adalah tempat berkumpulnya kuman karena ada banyak celah yang sulit untuk dibersihkan.

Untuk membersihkannya, kamu perlu mematikan terlebih dahulu komputer atau laptopmu. Seka permukaan keyboard menggunakan kain yang sudah dicelupkan alkohol isopropil 70 persen. Berhati-hatilah supaya cairan pembersih tidak menetes ke keyboard. 

3. Kenop pintu

Banyak Kuman, Ini 7 Tempat & Barang yang Harus Sering Dibersihkan Pexels.com/khairul nizam

Kenop pintu banyak mengandung kuman. Kuman bertahan lebih lama di permukaan kenop pintu. Untuk membersihkan kenop pintu, gunakanlah produk pembersih seperti sabun dan cairan disinfektan. Keefektifan produk pembersih dapat diketahui dengan mengecek kandungan dan petunjuk pemakaiannya.  

Baca Juga: Sarang Kuman, 10 Benda yang Jarang Orang Bersihkan

4. Dapur 

Banyak Kuman, Ini 7 Tempat & Barang yang Harus Sering Dibersihkan Pexels.com/Dmitry Zvolskiy

Kebersihan dapur perlu dijaga sepanjang tahun, karena dapur adalah tempat berkumpulnya keluarga. Meja dapur dan keran banyak mengandung kuman karena sering disentuh oleh tangan. Untuk menjaga area ini bebas bakteri, gunakan semprotan disinfektan dengan mengikuti produser pemakaian. 

5. Boneka 

Banyak Kuman, Ini 7 Tempat & Barang yang Harus Sering Dibersihkan Pexels.com/Teresa Howes

Saat anak sakit, pastikan boneka favoritnya bersih dan tidak ada kuman. Periksa label pada boneka dan ikuti petunjuk pencucian. Sebaiknya mencuci boneka dengan menggunakan air panas dan deterjen. Setelah itu keringkan boneka di udara terbuka sampai benar-benar kering. 

6. Meja kamar 

Banyak Kuman, Ini 7 Tempat & Barang yang Harus Sering Dibersihkan Pexels.com/Antonio Borriello

Pandemi COVID-19 yang belum usai mengharuskan kamu untuk bekerja dari rumah dan melakukan segala aktivitas di rumah. Penting untuk membersihkan ruang kerja di rumah terutama meja dan kursi. Pastikan untuk menggunakan semprotan disinfektan ke permukaan yang sering kamu sentuh seperti meja, kursi dan gagang laci.   

7. Remote TV

Banyak Kuman, Ini 7 Tempat & Barang yang Harus Sering Dibersihkan Pexels.com/Karolina Grabowska

Menghabiskan lebih banyak waktu di rumah berarti lebih banyak waktu untuk menonton Netflix dan Youtube di TV. Kemungkinan ada kuman pada remote TV sehingga kamu bisa terinfeksi kuman jika menyentuh remote dan kemudian menggosok mata atau hidung.

Untuk menghilangkan kuman pada remote TV, kamu harus mengeluarkan baterainya terlebih dahulu. Kemudian gunakan kain bersih yang dicelupkan ke dalam alkohol isopropil 70 persen dan cotton buds untuk membersihkan remote. Pastikan remote sudah kering sebelum memasukkan baterai kembali. 

Itu dia beberapa tempat dan barang yang harus kamu jaga kebersihannya. Kuman dapat ditemukan di mana saja, sehingga penting untuk membersihkan tempat dan benda di rumah secara teratur. 

Baca Juga: Sering Diabaikan, 5 Item di Dapur Ini Sebenarnya Sarang Kuman Lho!

Sita Vilosa Photo Writer Sita Vilosa

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya