Comscore Tracker

Hipertrikosis; Penyakit Langka yang Merubah Manusia Bak Serigala

Mari kenali penyakit yang satu ini!

Rambut sering kali menjadi mahkota tidak hanya bagi perempuan namun juga laki-laki. Pertumbuhan rambut di atas kepala sering kali menurun sebanding dengan faktor usia manusia. Terdapat sebuah penyakit langka yang berkaitan dengan pertumbuhan rambut secara abnormal. Pertumbuhan rambut tersebut akan terjadi di seluruh wajah maupun dibagian tubuh tertentu dan menjadikan tampilan secara estetika dapat terganggu. Bagaimanakah sebenarnya penyakit langka yang satu ini? Mari simak penjelasannya pada ulasan berikut ini.

1. Hipertrikosis ternyata terbagi atas dua jenis. Apa saja ya?

Hipertrikosis; Penyakit Langka yang Merubah Manusia Bak Serigalahealthline.com

Secara umum penyakit hipertrikosis diklasifikasikan atas dua jenis yaitu hipertrikosis bawaan dan dapatan. Hipertrikosis bawaan atau turunan ini biasanya terjadi setelah seorang bayi dilahirkan dan faktor penyebabnya adalah mutasi genetik. Sementara jenis hipertrikosis dapatan terjadi akibat efek samping obat-obatan, berkaitan dengan kanker, maupun berhubungan dengan gangguan makanan.

2. Dilihat dari pertumbuhan rambutnya, hipertrikosis dapat dijabarkan menjadi lima jenis. Begini penjelasannya!

Hipertrikosis; Penyakit Langka yang Merubah Manusia Bak Serigalaverywellfamily.com
  • Hipertrikosis kongenital lanuginosa

Pada tubuh seorang bayi yang menderita hipertrikosis jenis ini biasanya akan ditumbuhi rambut halus dan terlihat normal. Tetapi rambut halus lembut tersebut akan terus tumbuh di berbagai tempat di tubuh bayi dan tidak bisa berkurang maupun menghilang.

  • Hipertrikosis kongenital terminal

Pertumbuhan rambut abnormal pada tipe ini akan dimulai sejak lahir dan berlanjut sepanjang hidup seseorang. Rambut yang tumbuh biasanya tebal dan panjang, menutupi wajah dan tubuh penderitanya.

  • Hipertrikosis Nevoid

Pada tipe ini pertumbuhan rambut berlebih jenis apa pun muncul di area tertentu bahkan di beberapa kasus ada lebih dari satu bidang rambut yang tumbuh.

  • Hirsutisme

Bentuk hipertrikosis ini merupakan kelainan yang terjadi pada wanita. Tanda yang paling terlihat adalah seperti tumbuhnya rambut gelap dan tebal pada area yang tidak sewajarnya seperti atas bibir, wajah, dada, bahkan pada area punggung.

  • Hipertrikosis Dapatan

Bentuk penyakit ini cenderung berkembang di kemudian hari dan berbeda dengan jenis hipertrikosis kongenital. Pada tipe ini biasanya akan dihasilkan dua jenis rambut yaitu rambut vellus dan rambut terminal. Kelebihan kedua rambut tersebut adalah dapat tumbuh di semua area pertumbuhan rambut tubuh seseorang maupun di tambalan kecil. 

3. Meskipun termasuk langka dan disebabkan oleh mutasi gen. Namun hipertrikosis bisa juga disebabkan oleh faktor lain

Hipertrikosis; Penyakit Langka yang Merubah Manusia Bak Serigalafreepik/suranualpradid

Jika pertumbuhan rambut abnormal terjadi secara acak dan tidak beraturan biasanya kemungkinan penyebabnya adalah sebagai berikut.

  • Diet atau gangguan makan seperti anoreksia nervosa
  • Terserang kanker tertentu
  • Kondisi kulit sangat sensitif terhadap cahaya
  • Konsumsi obat-obatan tertentu seperti steroid androgenik, minoxidil maupun obat penumbuh rambut
  • Kekurangan gizi
  • Penggunaan gips sementara
  • Kondisi kulit kronis yang menyebabkan rasa gatal dan goresan berulang pada tambalan kulit
  • Peningkatan vaskularisasi yang biasanya dilakukan binaraga

Baca Juga: 5 TED Talks yang Akan Membantumu dari Gangguan Kecemasan

4. Jika kamu merasa mengidap hipertrikosis meski hanya jenis hirsutisme atau tidak sampai menyerupai serigala. Begini cara perawatan yang bisa dicoba!

Hipertrikosis; Penyakit Langka yang Merubah Manusia Bak Serigalafreepik/prostooleh

Pada dasarnya penyakit ini tidak dapat dicegah dan belum memiliki obat. Risiko dari hipertrikosis jenis tertentu dapat dikurangi dengan menghindari obat-obatan tertentu.

Terdapat dua metode yang dapat dilakukan guna mengobati atau mengurangi pertumbuhan penyakit ini. Metode tersebut dibagi atas metode jangka panjang dan pendek. Adapun metode jangka panjang yang dapat dilakukan meliputi operasi laser dan elektrolisis.

Untuk metode jangka pendek, pertumbuhan rambut akibat penyakit ini dapat diatasi dengan mencukur, waxing, pencabutan maupun pemutihan rambut. Meskipun hasil metode ini cenderung cepat namun hasil yang diperoleh tidak akan berlangsung lama dan bisa saja menimbulkan iritasi kulit

Nah itulah informasi mengenai penyakit yang bernama hipertrikosis. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menambah pengetahuan kesehatanmu!

Baca Juga: 5 Penyakit Serius yang Ditimbulkan dari Trauma Pelecehan Seksual

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Menulislah dengan bijak dan tutuplah jalan perselisihan - Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You