Comscore Tracker

14 Tanda atau Gejala Diabetes pada Kulit, Cek Kulitmu Sekarang!

Segera cek gula darah dan periksa ke dokter bila melihatnya

Diabetes (baik tipe 1 atau tipe 2) dapat memengaruhi berbagai bagian tubuh, termasuk kulit. Faktanya, dilansir Cleveland Clinic, 1 dari 3 pasien diabetes mengalami masalah kulit sewaktu-waktu. Karena diabetes, kulit pasien lebih kering dan gatal.

American Academy of Dermatology mengatakan bahwa munculnya tanda-tanda tertentu pada kulit biasanya dapat menandakan kadar gula dalam darah terlalu tinggi (hiperglikemia). Hal ini juga berarti:

  • Kamu menderita diabetes yang tidak terdeteksi atau pradiabetes
  • Terapi pengobatan untuk pasien diabetes harus disesuaikan
  • Terganggunya aliran darah ke lengan dan kaki

Perlu diingat, jenis dan penyebab tanda-tanda diabetes di kulit ini berbeda-beda pada setiap orang. Tanda-tanda kulit ini bisa saja hilang dengan perawatan diabetes tertentu. Inilah beberapa tanda-tanda atau gejala diabetes pada kulit.

Disclaimer: artikel ini berisi gambar yang mengandung darah. Kebijaksanaan pembaca amat diharapkan.

1. Necrobiosis lipoidica diabeticorum (NLD)

14 Tanda atau Gejala Diabetes pada Kulit, Cek Kulitmu Sekarang!ilustrasi necrobiosis lipoidica diabeticorum/NLD (healthjade.net)

Terjadi di kaki bagian bawah, NLD lebih sering dialami perempuan. Awalnya seperti jerawat, NLD berubah menjadi bercak merah, kuning, atau cokelat mengilap bak porselen dengan bagian tengah berwarna kuning serta pembuluh darah yang terlihat. Menyebabkan gatal dan nyeri, segera konsultasi ke dermatolog dan dokter agar tidak terjadi komplikasi.

2. Acanthosis nigricans (AN)

14 Tanda atau Gejala Diabetes pada Kulit, Cek Kulitmu Sekarang!ilustrasi acanthosis nigricans (ncbi.nlm.nih.gov)

Ini merupakan bercak gelap pada kulit belakang leher, ketiak, selangkangan, atau daerah tubuh lain yang terasa seperti beludru jika disentuh. Ini tanda dari terlalu banyak insulin dalam darah, pradiabetes, dan obesitas. Segera periksakan diri untuk diabetes.

3. Digital sclerosis (DS)

14 Tanda atau Gejala Diabetes pada Kulit, Cek Kulitmu Sekarang!ilustrasi digital sclerosis (everydayhealth.com)

Kondisi ini umum terlihat pada pasien diabetes tipe 1, DS terlihat seperti kulit tebal yang mengeras dan bertekstur seperti jeruk pada jari dan punggung tangan serta jari kaki. Bisa menyebar hingga ke lutut, dada, leher, punggung, bahu, dan wajah, DS dapat menghambat persendian dan membuat susah bergerak. Selain perawatan kulit, terapi fisik juga diperlukan untuk memulihkan pergerakan.

4. Bullosis diabeticorum (BD)

14 Tanda atau Gejala Diabetes pada Kulit, Cek Kulitmu Sekarang!ilustrasi bullosis diabeticorum (yeswecannewspaper.com)

Terlihat pada pasien diabetes neuropati, lepuhan BD dapat terbentuk di punggung tangan dan punggung kaki, serta tungkai kaki dan lengan bawah. Meskipun tidak sakit, segera konsultasi dengan dokter untuk menyesuaikan perawatan diabetes dan mencegah infeksi.

5. Diabetes foot syndrome (DFS)

14 Tanda atau Gejala Diabetes pada Kulit, Cek Kulitmu Sekarang!ilustrasi diabetic foot syndrome (orthobullets.com)

Pada pasien diabetes, kadar gula yang tak terkontrol dapat memperburuk sirkulasi darah dan merusak saraf. Akibatnya, saat terluka (terutama pada kaki), tubuh sulit menyembuhkan luka atau tukak tersebut. Jika pasien diabetes terluka, segera rawat, dan konsultasi dengan dokter untuk mengontrol diabetes.

6. Diabetic dermopathy (DD)

14 Tanda atau Gejala Diabetes pada Kulit, Cek Kulitmu Sekarang!ilustrasi diabetic dermopathy (diabetesselfmanagement.com)

Kondisi kulit yang menyerupai bintik atau garis pada tulang kering ini umum terlihat pada pasien diabetes. Dalam beberapa kasus, DD bisa terlihat di area tubuh lain selain tulang kering. Tak perlu perawatan, segera konsultasi ke dokter dan lakukan pemeriksaan untuk diabetes.

7. Xantoma erupsi (XE)

14 Tanda atau Gejala Diabetes pada Kulit, Cek Kulitmu Sekarang!ilustrasi xantoma erupsi (healthjade.net)

Terlihat seperti jerawat berwarna kekuningan, gejala ini dapat muncul di area tubuh mana pun. Bertekstur lembut, XE menyebabkan rasa gatal. Segera konsultasi ke dokter untuk kontrol diabetes. Pada pasien laki-laki dengan diabetes tipe 1, umumnya gejala ini juga bisa menandakan kadar kolesterol tinggi.

Baca Juga: 9 Penyebab Urat Terlihat Nyembul di Kulit, Bahayakah?

8. Granuloma annulare (GA)

14 Tanda atau Gejala Diabetes pada Kulit, Cek Kulitmu Sekarang!ilustrasi granuloma annulare (patientcareonline.com)

Pada pasien diabetes, GA membentuk ruam merah atau cokelat kemerahan dengan formasi cincin atau lengkungan pada jari, tangan, kaki, dan telinga. Menyebabkan gatal, GA bisa sembuh tanpa terapi atau steroid topikal. Segera konsultasi ke dokter terutama bila ruam GA terus muncul dan pudar.

9. Xantelesma

14 Tanda atau Gejala Diabetes pada Kulit, Cek Kulitmu Sekarang!ilustrasi xantelesma (dermnetnz.org)

Ini adalah bercak kekuningan bersisik di sekitar kelopak mata yang menjadi tanda penumpukan lemak berlebih. Pada pasien diabetes, xantelesma adalah tanda kalau diabetes tidak terkontrol. Segera konsultasi untuk penyesuaian kontrol diabetes.

10. Skin tag (acrochordon)

14 Tanda atau Gejala Diabetes pada Kulit, Cek Kulitmu Sekarang!ilustrasi skin tag (insider.com)

Benjolan bak kutil berwarna cokelat kemerahan di kulit kelopak mata, leher, ketiak, atau selangkangan ini sebenarnya umum dan tak perlu pengobatan. Pada pasien diabetes tipe 2, ini berarti insulin dalam darah berlebihan. Segera lakukan pemeriksaan untuk diabetes, atau konsultasi dengan dokter untuk mengontrolnya.

11. Vitiligo

14 Tanda atau Gejala Diabetes pada Kulit, Cek Kulitmu Sekarang!ilustrasi vitiligo (nhs.uk)

Umum ditemukan pada pasien diabetes tipe 1, gejala vitiligo adalah hilangnya pigmen kulit, sehingga timbul bercak putih atau terang pada kulit. Terkadang, vitiligo bisa terasa gatal atau sakit. Perawatannya mencakup krim kortikosteroid, laser, atau terapi cahaya.

12. Lichen planus

14 Tanda atau Gejala Diabetes pada Kulit, Cek Kulitmu Sekarang!ilustrasi lichen planus di dinding mulut (spectrum.diabetesjournals.org)

Ini merupakan ruam berupa benjolan ungu dengan pola renda putih yang gatal pada kulit pergelangan kaki dan tangan, hingga mulut. Ruam lichen planus bisa diobati dengan obat topikal atau oral.

13. Acquired reactive perforating collagenosis (ARPC)

14 Tanda atau Gejala Diabetes pada Kulit, Cek Kulitmu Sekarang!ilustrasi plak acquired reactive perforating collagenosis/ARPC (cmaj.ca)

Ruam berupa benjolan merah yang gatal. Selain diabetes, ruam ARPC biasanya menandakan penyakit ginjal. Pengobatan ARPC biasa dilakukan dengan topikal steroid, suntikan steroid pada ruam, dan pengobatan lainnya.

14. Masalah kulit lainnya pada pasien diabetes

14 Tanda atau Gejala Diabetes pada Kulit, Cek Kulitmu Sekarang!ilustrasi gatal-gatal (ecarf.org)

Selain tanda dan gejala diabetes yang dipaparkan di atas, pasien diabetes juga bisa mengalami masalah kulit lain yang perlu diwaspadai, seperti:

  • Reaksi alergi: pasien diabetes menunjukkan reaksi alergi terhadap obat diabetes oral atau suntikan insulin. Pasien mungkin mengalami biduran (urtikaria) di tempat suntikan atau di daerah tubuh lain. Hubungi layanan kesehatan secepatnya jika pasien diabetes mengalami reaksi alergi.

  • Infeksi bakteri: diabetes meningkatkan risiko infeksi bakteri pada kulit. Pasien mungkin mengalami infeksi bakteri di kelenjar kelopak mata (timbil) atau jauh di bawah kulit (carbuncle). Kulit yang terinfeksi mungkin bengkak, panas, merah dan nyeri. Antibiotik dapat digunakan untuk mengobati infeksi.

  • Kulit kering dan gatal: Gula darah tinggi dan kondisi kulit tertentu dapat menyebabkan kulit kering dan gatal. Jika pasien diabetes memiliki sirkulasi darah yang buruk, kaki bagian bawah mungkin yang terasa paling gatal. Penggunaan pelembap dapat membantu.

  • Infeksi jamur: jamur Candida albicans menyebabkan sebagian besar infeksi jamur pada penderita diabetes, terlihat pada tubuh seperti area lembap dengan bercak lepuh kecil kemerahan atau bersisik yang gatal. Infeksi jamur biasanya memengaruhi lipatan kulit seperti bawah payudara, sela-sela jari tangan dan kaki, dasar kuku, ketiak, dan selangkangan. Infeksi jamur yang umum termasuk selangkangan gatal (tinea cruris), kutu air, dan kurap. Obat antijamur dapat membantu.

Bagaimana mencegah masalah kulit akibat diabetes?

14 Tanda atau Gejala Diabetes pada Kulit, Cek Kulitmu Sekarang!ilustrasi tes diabetes (ttnews.com)

Jadi, bagaimana caranya mencegah masalah kulit saat diabetes? Cara terbaik adalah mengontrol kadar gula darah tetap seimbang. Jika masalah kulit terjadi, perawatan kulit yang tepat bisa meredakan atau mengatasinya. Agar masalah kulit tak datang lagi, pasien diabetes dapat melakukan:

  • Periksa kulit setiap hari untuk melihat gejala ruam, kemerahan, infeksi, atau luka.
  • Gunakan air hangat dan sabun moisturizer saat mandi. Jangan berendam dalam bak mandi karena bisa bikin kulit kering.
  • Keringkan kulit dengan handuk dengan lembut, jangan menggosoknya. Jangan lupa keringkan sela-sela jari tangan, jari kaki, dan lipatan kulit.
  • Oleskan moisturizer tanpa pewangi setelah mandi saat kulit masih lembap. Carilah krim dan salep (bukan losion) dengan kandungan ceramide agar kulit tetap lembap.
  • Oleskan krim yang mengandung 10-25 persen urea pada tumit yang pecah-pecah dan kering sebelum tidur.
  • Cegah dehidrasi dan jaga agar kulit tetap terhidrasi dengan minum banyak air.
  • Jika terluka, segera cuci dengan sabun dan air. Gunakan salep antibiotik bila diinstruksikan oleh dokter. Perban luka dan rutin menggantinya setiap hari. Segera hubungi dokter jika terlihat tanda-tanda kemerahan, nyeri, nanah, atau infeksi.
  • Gunakan air humidifier untuk menambah kelembapan udara di rumah.

Baca Juga: 12 Gejala Serangan Jantung di Tangan dan Kulit, Waspadalah!

Topic:

  • Nurulia R F
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya