Comscore Tracker

Potensi Hepatitis Hingga Jamur, 5 Benda Ini Baiknya Tidak Dipinjamkan!

Hiiyy ngeri!

Pinjam-meminjam barang dengan teman memang tampaknya sudah biasa. Terlebih jika kalian sudah sangat dekat bahkan bersahabat sejak lama. Namun ada beberapa barang yang sebenarnya tidak boleh dipinjamkan karena berpotensi menjadi media penyebaran penyakit seperti lima barang di bawah ini contohnya!

1. Lipstik

Potensi Hepatitis Hingga Jamur, 5 Benda Ini Baiknya Tidak Dipinjamkan!Pexels/Dids

Mungkin kebanyakan orang menganggap tak mengapa meminjamkan lipstik pada teman sendiri. Namun jangan salah nyatanya lipstik bisa merupakan media penyebaran penyakit. Bisa jadi dalam lipstik yang sudah dipakai terdapat virus berbahaya seperti herpes yang ditularkan lewat air liur.

Selain itu bakteri penyebab infeksi bisa saja ditularkan lewat lipstik. Oleh sebab itu baiknya tidak berbagai dengan teman ya meskipun kalian sudah bersahabat sejak lama.

2. Sikat gigi

Potensi Hepatitis Hingga Jamur, 5 Benda Ini Baiknya Tidak Dipinjamkan!Pexels/George

Memang sudah paling benar jika kamu tidak saling pinjam sikat gigi dengan orang lain. Bukan apa-apa biasanya sesekali saat menyikat gigi gusimu akan berdarah. Nah biasanya ini merupakan media yang paling subur untuk penyebaran virus.

Bayangkan saja kalau sikat gigimu dipinjamkan orang lain dan orang tersebut menderita hepatitis C. Tentunya virus tersebut bisa masuk ke pembuluh darahmu lewat sikat gigi yang dipakai bersama.

Baca Juga: 8 Benda yang Wajib Dibersihkan Setelah Terkena Flu, Jangan Malas ya!

3. Handuk

Potensi Hepatitis Hingga Jamur, 5 Benda Ini Baiknya Tidak Dipinjamkan!Pexels/Dom J

Se-genting apa pun jangan pernah meminjam handuk orang lain karena hal ini sangat beresiko. Handuk merupakan tempat paling banyak bakteri serta jamur sehingga saat kamu dan temanmu saling pinjam handuk maka secara gak langsung proses penyebaran penyakit akan terjadi. Apalagi jika nyatanya temanmu memiliki infeksi mata, kulit bahkan infeksi kelamin.

4. Alas kaki

Potensi Hepatitis Hingga Jamur, 5 Benda Ini Baiknya Tidak Dipinjamkan!Pexels/Ivandrei

Jangan anggap alas kaki bisa dipinjam oleh siapa saja. Karena di dalamnya bisa saja terdapat jamur dan bakteri penyebab kurap bahkan kutu air. Kalaupun terpaksa meminjam baiknya gunakanlah kaus kaki bersih dahulu supaya kakimu terhindar dari bakteri serta jamur yang telah ada dalam sandal atau alas kaki tersebut.

5. Sisir

Potensi Hepatitis Hingga Jamur, 5 Benda Ini Baiknya Tidak Dipinjamkan!Pexels/Element5 Digital

Lagi-lagi barang satu ini juga tidak boleh dipinjamkan dan meminjam pada orang lain. Bukan apa-apa bisa saja dalam sisir yang kamu pinjam terdapat berbagai kutu rambut, ketombe bahkan minyak berlebih. Akibatnya rambut pun terasa gatal, kulit kepala infeksi bahkan kerontokan yang tak bisa dicegah.

Masih mau berbagi barang dengan teman?

Baca Juga: Bikin Ngilu, 10 Netizen Ini Temukan Benda Asing di Makanannya

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya