Comscore Tracker

5 Penyakit Akibat Kekurangan Sel Darah Merah

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi!

Sel darah merah atau eritrosit adalah salah satu sel yang mengalir di dalam tubuh manusia. Memiliki peran yang penting untuk kelangsungan hidup yaitu mengedarkan oksigen ke sel, jaringan, dan organ yang ada di seluruh tubuh. Eritrosit kepingan darah yang berbentuk bulat dengan sedikit ceruk di tengahnya, sel ini dibuat di sumsum tulang melalui proses yang disebut erythropoiesis, proses ini adalah proses produksi dan maturasi (pematangan) sel darah merah atau eritrosit dan kemudian akan dilepas ke sirkulasi darah.

Kadar eritrosit harus tetap pada batas normal agar tubuh tetap sehat. Seperti yang dilansir dari medicalnewstoday, tubuh yang kekurangan sel darah merah akan menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan dari yang ringan (bisa ditangani dengan mengonsumsi makanan mengandung zat besi) hingga yang parah (harus segera mendapatkan penanganan dari medis). Lima masalah kesehatan atau penyakit berikut ini akan muncul saat tubuh kekurangan sel darah merah.

1. Hipoksemia

5 Penyakit Akibat Kekurangan Sel Darah Merahilustrasi terkena hipoksemia (freepik.com/stefamerpik)

Di dalam sel darah merah terkandung oksigen. Fungsi sel darah merah adalah untuk mengangkut oksigen yang dibutuhkan oleh paru-paru untuk diedarkan ke seluruh jaringan, sel dan organ di dalam tubuh. Saat tubuh kekurangan sel darah merah, pasti tubuh juga akan kekurangan oksigen karena tempat berkumpulnya oksigen ada di dalam sel darah merah.

Yang terjadi jika tubuh kekurangan sel darah merah adalah tubuh akan mengalami hipoksemia, hipoksemia merupakan kondisi serius yang memerlukan penanganan medis segera. Hipoksemia adalah kondisi pada seseorang yang memiliki kadar oksigen di dalam darah di bawah batas yang normal. Hubungannya kekurangan sel darah merah dengan penyakit hipoksemia ini adalah karena tempat berkumpulnya oksigen ada di dalam sel darah merah, oleh karena itu kurangnya sel darah merah tidak bisa cukup menghasilkan oksigen dan terjadilah hipoksemia!

2. Anemia

5 Penyakit Akibat Kekurangan Sel Darah Merahilustrasi mengalami anemia (freepik.com/Jcomp)

Anemia adalah kondisi ketika tubuh mengalami penurunan sel darah merah. Hal ini bisa terjadi disebabkan oleh banyak hal seperti kurangnya kurangnya hemoglobin (protein kaya zat besi), karena pendarahan, sel darah merah rusak, sehingga mempengaruhi produksi sel darah merah.

Hal pertama yang harus dilakukan ketika mengalami masalah kesehatan ini adalah dengan berkonsultasi dengan dokter, dokter akan melalukan pemeriksaan fisik sekaligus tes darah untuk mengetahui kadar hemoglobin. Anemia terjadi saat kadar hemoglobin kurang dari 13,5 gram d/L pada pria, dan kurang dari 12 gram d/L pada wanita. Perawatan yang dilakukan untuk mengatasi anemia tergantung dari tingkat keparahannya, dari mulai mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung zat besi sampai dengan transfusi darah.

3. Aritmia

5 Penyakit Akibat Kekurangan Sel Darah Merahilustrasi mengalami aritmia (freepik.com/freepik)

Rendahnya jumlah sel darah merah disebabkan karena kurang zat besi. Zat besi adalah bahan dasar untuk pembentukan hemoglobin pada darah yang memiliki peran sangat penting yaitu untuk membawa oksigen. Kekurangan zat besi, tubuh tidak bisa menghasilkan hemoglobin yang cukup untuk mengantarkan oksigen ke sel dan jaringan tubuh. 

Kondisi ini bisa membuat jantung bekerja lebih keras, karena tubuh tidak cukup menghasilkan hemoglobin otomatis kadar oksigen yang ada pada jantung akan berkurang. Selain memperberat kerja jantung, kekurangan sel darah merah yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan komplikasi termasuk kelelahan stres pada organ tubuh yang tidak mendapat asupan oksigen yang cukup. Gejala yang timbul akibat kondisi ini adalah detak jantung yang cepat tidak teratur atau disebut juga dengan aritmia.

Baca Juga: 14 Penyebab Tenggorokan Mengeluarkan Darah, Jangan Diabaikan

4. Sakit kepala

5 Penyakit Akibat Kekurangan Sel Darah Merahilustrasi mengalami sakit kepala (freepik.com/DrazenZigic)

Sel darah merah berfungsi membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh organ yang ada di dalam tubuh termasuk otak. Kekurangan sel darah merah menyebabkan beberapa organ seperti otak tidak menerima oksigen yang cukup, alhasil membuat pembuluh darah di otak menjadi membengkak.

Kekurangan oksigen di otak akibat kadar sel darah merah yang rendah membuat pembuluh darah pada otak bengkak dan menekan bagian lainnya sehingga bisa menyebabkan sakit atau nyeri pada bagian kepala. Segera periksa ke dokter apabila mengalami kondisi ini, jika tidak ditangani segera kekurangan oksigen di otak selain bisa menyebabkan sakit kepala bisa juga menyebabkan kerusakan pada otak!

5. Hipoksia

5 Penyakit Akibat Kekurangan Sel Darah Merahilustrasi mengalami hipoksia (unsplash.com/AlexanderGrey)

Hipoksia terjadi karena kurangnya pasokan oksigen untuk diedarkan ke seluruh jaringan dan sel yang disebabkan karena kurangnya sel darah merah yang sehat di dalam tubuh. Apabila seseorang kekurangan sel darah merah tubuhnya pasti akan terkena hipoksia. Tapi, jenis hipoksia banyak sekali. Berdasarkan penyebab yang didasari karena tubuh kekurangan sel darah merah, jenis hipoksia yang akan terjadi yaitu hipoksia anemik.

Dalam keadaan jumlah sel darah merah yang sedikit di dalam tubuh, hal ini menyebabkan kapasitas darah untuk membawa oksigen terlalu rendah akibatnya oksigen yang berada di dalam sel dan jaringan akan berkurang kondisi inilah yang menyebabkan hipoksia. Langkah yang tepat untuk mengatasi hipoksia anemik yaitu dengan memberikan oksigen tambahan dan mengobati penyebab utamanya yaitu dengan pemberian suplemen penambah darah atau jika kasusnya sudah parah bisa dilakukan transfusi darah.

Lima masalah kesehatan tersebut akan timbul jika tubuh kekurangan sel darah merah, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi dapat membantu mencegah kekurangan sel darah merah di dalam tubuh!

Baca Juga: Mineral dan Vitamin yang Berfungsi Mengontrol Tekanan Darah

Tiya Ananta Photo Verified Writer Tiya Ananta

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya