Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Art Block, Anak Seni Wajib Tahu!

Supaya ide semakin lancar!

Art block adalah situasi ketika seorang seniman atau desainer merasa stuck dan tidak dapat mengembangkan kreativitasnya untuk membuat karya baru. Hal ini umum dirasakan seniman atau desainer bahkan mereka yang profesional sekalipun. 

Meskipun umum, terlalu lama berada dalam kondisi art block tentu bukan hal yang baik. Lantas, untuk mengatasi kondisi mentok ini, kira-kira apa ya yang harus kita lakukan? Yuk, kita cek!

1. Istirahat sejenak dan lakukan hal-hal yang kamu suka untuk me-refresh fokusmu

5 Cara Mengatasi Art Block, Anak Seni Wajib Tahu!Pixabay.com/alfcermed

Art block sering kali muncul karena kamu terlalu lelah. Kamu terlalu banyak bekerja dan menggunakan otak kamu untuk memunculkan ide-ide kreatif. Otakmu merasa jenuh sehingga kamu butuh membersihkan pikiran kita sejenak dari segala tuntutan ide kreatif tersebut. Kamu butuh refresh fokus!

Selama periode ini, kamu bisa bersantai dan melakukan apa pun yang membuatmu senang. Pokoknya jauhkan sementara fokus kamu dari tuntutan seni. Setelah merasa lebih tenang dan relaks, kamu bisa kembali melanjutkan segala pekerjaanmu.

2. Hangout dengan teman, bercerita ke mereka juga bisa memunculkan inspirasi lho

5 Cara Mengatasi Art Block, Anak Seni Wajib Tahu!Pexels/bruce mars

Ketika menghadapi art block, kamu juga bisa bertemu dengan temanmu dan hangout bareng. Ketika sedang bersama teman, tentu kita akan merasa nyaman dan rileks. Obrolan-obrolan seru cenderung keluar dengan sendirinya tanpa kita harus bersusah payah mencari bahan obrolan.

Nah, dari obrolan ini, kadang kamu malah bisa mendapatkan inspirasi lho! Bahkan kamu gak perlu bersusah payah berpikir. Ide tersebut datang sendiri secara natural karena kamu merasa nyaman dengan temanmu.

3. Berani bereksperimen, keluar dari zona nyaman

5 Cara Mengatasi Art Block, Anak Seni Wajib Tahu!pexels/Gotta Be

Masing-masing desainer atau seniman tentu memiliki ciri khas tertentu. Namun ketika sedang mengalami art block, kita bakal susah untuk menemukan ide baru sesuai dengan ciri khas tersebut.

Ketika hal ini terjadi, kita ditantang untuk keluar dari zona nyaman. Gak apa-apa coba bereksperimen dari gaya khas kamu. Siapa tahu, kamu malah menemukan inspirasi baru yang lebih keren!

Baca Juga: Buat Kalian Anak Seni, 10 Ide Bisnis ini Bisa Jadi Ladang Usaha

4. Jangan terlalu lama menunggu inspirasi, kerjakan dan buat kesalahan lebih baik daripada berdiam diri

5 Cara Mengatasi Art Block, Anak Seni Wajib Tahu!pexels/bruce

Banyak desainer dan seniman menunggu 'inspirasi' datang ketika mereka mengalami art block. Hal ini tentu tidak apa-apa, namun kita gak bisa terlalu lama menunggu inspirasi. Apalagi kalau sudah mendekati deadline kerjaan.

Nah, ketika kamu berada dalam situasi ini. Kerjakanlah karyamu semampumu. Gak apa-apa kamu membuat kesalahan, asalkan kamu tetap bekerja. Terkadang, ide kreatif malah muncul seiring kita bekerja. Prinsipnya trial and error, coba-coba sampai berhasil!

5. Ketika mengalami jalan buntu dan gak menemukan titik temu, mulai dari nol mungkin bisa jadi solusi

5 Cara Mengatasi Art Block, Anak Seni Wajib Tahu!pexels/ray

Cara mengatasi art block terakhir mungkin terdengar ekstrem. Siapa sih yang mau mengulang karya dari awal padahal kamu sudah seperempat atau bahkan setengah jalan?

Tapi, ketika kamu merasa mentok dengan karyamu terus-terusan, kamu juga gak bakal menyelesaikan karya tersebut. Oleh karena itu, jalan terbaik adalah mulai dari awal dengan ide yang baru. Daripada frustasi dengan karya yang tak kunjung selesai, lebih baik memulai sesuatu yang baru dan lebih segar.

Kira-kira begitu kiat-kita mengatasi art block untuk para pekerja seni. Kamu sudah pernah mencoba nomor berapa?

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Para Desainer Grafis Tertekan dan Kesal!

Topic:

  • Klara Livia
  • Pinka Wima

Just For You