Comscore Tracker

5 Tips Manajemen Stres yang Bisa Bikin Kamu Lebih Bahagia

Penting untuk kualitas hidup yang baik

Stres merupakan salah satu hal umum yang sering dihadapi manusia pada zaman sekarang ini. Banyaknya tantangan dan tuntutan hidup seringkali bikin orang mengalami tekanan yang ujung-ujungnya merasa stres. Oleh karena itu, perlu adanya manajemen stres yang bisa membantu kamu mengelola dan mengatasi stres secara tepat. Lalu, apa itu manajemen stres?

Simpelnya, manajemen stres itu adalah bagaimana kemampuan manusia untuk mengatasi gangguan emosional maupun mental akibat stres yang dipicu berbagai faktor.

Nah, dari sekian banyak cara nih ada 5 tips manajemen stres yang bisa kamu terapkan agar bisa lebih bahagia dan gak gampang stres. Penasaran? Yuk kita simak ulasannya.

1. Jangan bawa masalahmu ketika tidur

5 Tips Manajemen Stres yang Bisa Bikin Kamu Lebih Bahagiapexels.com/John-Mark Smith

Tidur sangatlah penting dalam kehidupan manusia. Tidur merupakan istirahat bagi fisik dan mental yang sudah lelah seharian dan wajib dilakukan manusia setiap hari. Namun, apa jadinya kalau kamu tidak bisa tidur karena sedang mengalami masalah dan stres?

Padahal di saat sedang seperti inilah kamu benar-benar perlu tidur yang berkualitas agar mampu beraktivitas dan menyelesaikan masalahmu untuk keesokan harinya. Jadi, meski sulit, ingatlah untuk selalu berusaha membereskan hal-hal yang mengganggu pikiranmu sebelum tidur.

Kalaupun tidak bisa langsung selesai, tunda dahulu sampai besok dan jangan sampai mengorbankan waktu tidurmu yang berharga ya. Karena, kalau kamu kurang tidur yang ada malah masalahmu tidak bisa terselesaikan dengan baik bukan?

2. Mengenal perubahan diri dan gejala stres dalam dirimu

5 Tips Manajemen Stres yang Bisa Bikin Kamu Lebih Bahagiapexels.com/burst

Salah satu cara dan langkah awal mengelola stres adalah dengan mengenal perubahan dan gejala stres itu sendiri. Cukup banyak orang yang tidak sadar bahwa dirinya sedang mengalami stres akibat faktor luar maupun dalam. Misalnya, perubahan pada nafsu makan yang tiba-tiba naik ataupun turun drastis.

Jadi, dengan mengenali perubahan yang terjadi dalam dirimu sendiri baik secara fisik atau mental maka kamu bisa lebih cepat mengatasi dan mencari solusinya. So, usahakan untuk lebih peka pada dirimu sendiri ya!

Baca Juga: Kenapa Stres Identik dengan Sakit Kepala? Ini 7 Cara Jitu Mengatasinya

3. Memanfaatkan waktu dengan optimal sehingga tak ada celah untuk merasa stres

5 Tips Manajemen Stres yang Bisa Bikin Kamu Lebih Bahagiapexels.com/Burst

Seringkali kita membiarkan pikiran kita melayang-layang entah kemana-mana yang akhirnya bikin diri jadi tak produktif. Sebenarnya, dengan melakukan rutinitas yang kita sukai mampu mengurangi stres lho dibanding tidak melakukan apa-apa.

Namun, bukan berarti kamu harus memaksakan diri untuk selalu sibuk ya tetapi manfaatkan setiap waktu secara optimal. Waktunya beraktivitas lakukan secara maksimal, begitu juga dengan waktunya tidur dan istirahat ataupun berolahraga.

Jadi, selain manajemen stres kamu juga perlu nih mengelola gaya hidup yang sehat. Setuju?

4. Saat stres melanda, itu artinya kamu perlu me time dan istirahat sejenak

5 Tips Manajemen Stres yang Bisa Bikin Kamu Lebih Bahagiapexels.com/bruce mars

Stres bisa jadi sinyal bahwa dirimu perlu yang namanya istirahat sejenak. Kadang rasa bosan dan jenuh juga bisa bikin stres menjadi-jadi. Nah, itu artinya kamu harus berhenti sejenak dari segala kesibukanmu agar bisa kembali beraktivitas secara normal dan optimal.

Selain itu, kamu juga tahu dong yang namanya me time? Ya, me time itu artinya waktu untuk dirimu sendiri. Istirahat sejenak dan manjakan dirimu sendiri, misalnya berolahraga, berbelanja, menonton film, jalan-jalan ataupun melakukan hobi favoritmu.

Percaya deh, setidaknya dengan melakukan me time dan istirahat sejenak ini kamu akan lebih siap secara fisik maupun mental untuk menghadapi berbagai hal tanpa harus merasa terlalu terbebani.

5. Belajar untuk selalu bersyukur dengan apa yang sudah kamu miliki

5 Tips Manajemen Stres yang Bisa Bikin Kamu Lebih Bahagiapexels.com/ Tetyana Kovyrina

Berapa banyak sih dari kita yang sering merasa tertekan dan stress yang akhirnya membuat kita lupa bersyukur? Ya, memang agak sulit dihindari ya, guys tapi jangan sampai nih kamu menutup mata dengan kebaikan-kebaikan yang telah ada di hidupmu.

Misalnya, saat kamu sedang stres dengan deadline pekerjaan yang rasanya bikin kamu pengen resign. Pikirkan lagi, betapa beruntungnya dirimu masih bisa bekerja dan mendapat penghasilan di saat orang lain masih jadi pengangguran dan sibuk melamar kerja. Dengan rajin bersyukur, mudah-mudahan stres yang dialami juga bisa berkurang karena kamu memutuskan untuk merasa bahagia.

Jadi, menurutmu apa lagi nih tips manajemen stres yang efektif dan cocok untuk diterapkan? Kalau ada silahkan share di kolom komentar ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Dianggap Sepele Ini Ternyata Menandakan Kamu Sedang Stres

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya