Comscore Tracker

Bacaan, Manfaat, dan Keutamaan dari Selawat Nariyah

#IDNTimesLife bisa membukakan pintu rezeki

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, selawat adalah untaian doa yang dipanjatkan kepada Allah untuk Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya. Keistimewaan selawat juga tertulis dalam Al-Qur'an yang berbunyi sebagai berikut:

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya". (QS Al Ahzab: 56).

Ada banyak jenis selawat yang bisa kamu lantunkan, salah satunya adalah sholawat nariyah. Dalam artikel kali ini, IDN Times akan membahas tentang definisi sampai keutamaan dari sholawat nariyah. Simak artikel bacaan sholawat nariyah dan keutamaannya untuk tahu lebih lengkapnya!

1. Penjelasan tentang selawat nariyah

Bacaan, Manfaat, dan Keutamaan dari Selawat NariyahIlustrasi perempuan berdoa (IDN Times/Fikriyah Nurshafa)

Sebagai bentuk pujian kepada Allah SWT, selawat nariyah disusun oleh Syekh Nariyah. Selawat ini dipandang menjadi salah satu lantunan selawat yang sifatnya mujarab. Sebab, ada banyak manfaat di dalamnya. Salah satunya membuat hati menjadi lebih tenang.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Mundah dan Jabit, Nabi Muhammad SAW pun pernah bersabda:

"Siapa membaca selawat kepadaku sehari 100 kali (dalam riwayat lain): Siapa membaca selawat kepadaku 100 kali maka Allah akan mengijabahi 100 kali hajatnya; 70 hajatnya di akhirat, dan 30 di dunia... Dan hadis Rasulullah yang mengatakan; Perbanyaklah selawat kepadaku karena dapat memecahkan masalah dan menghilangkan kesedihan".

2. Bacaan sholawat nariyah

Bacaan, Manfaat, dan Keutamaan dari Selawat NariyahIDN Times/Rizka Yulita

Agar hati senantiasa tenteram dan dikaruniai rasa sabar dan kekuatan dari Allah SWT, kamu bisa membaca selawat nariyah. Ada pun bacaan selawat nariyah berbunyi sebagai berikut:

“Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman. Taman ‘ala sayyidina Muhammadi lladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhobihil hawaaiju wa tunna lu bihiro ‘ibu wa husnul khotima wa yustaqol ghomawu biwajhihil kariim wa ‘ala aalihi washohbihi fii kulli lamhatin wa hafasim bi’adadi kulli ma’lu mi laka.”

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah selawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujan pun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau."

Baca Juga: Ini 7 Salawat Nabi Teristimewa untuk Rayakan Maulid Nabi 1442 Hijriah

3. Manfaat membaca sholawat nariyah

Bacaan, Manfaat, dan Keutamaan dari Selawat NariyahIDN Times/Anjani Eka Lestari

Terdapat empat manfaat utama yang bisa kamu peroleh ketika membaca selawat nariyah, di antaranya adalah:

1. Dikabulkan keinginannya

Kamu bisa membaca selawat nariyah setelah melaksanakan salat wajib. Sebelum membacanya, sebaiknya kamu membaca surah Al-Fatihah terlebih dahulu. Untuk itu, kamu bisa mendapatkan manfaat pertama dari selawat nariyah yaitu keinginannya akan dikabulkan oleh Allah SWT.

2. Dibukakan pintu rezeki

Manfaat yang kedua adalah dimudahkan rezekinya atau dibukakan pintu rezeki oleh Allah SWT. Diriwayatkan jika seorang muslim membaca selawat ini setelah melaksanakan salat wajib, maka rezekinya tidak akan putus.

3. Diberi kemudahan

Jika saat ini kamu memiliki urusan dan ingin mendapatkan kemudahan dari Allah SWT, kamu bisa rutin membaca selawat nariyah. Dalam hadis pun disebutkan bahwa ketika seorang muslim membaca selawat ini maka manfaat utama yang ia dapatkan adalah dimudahkan segala urusannya.

4. Dihindarkan dari bahaya:

Manfaat keempat yang bisa kamu terima adalah terhindar dari berbagai penyakit dan bahaya. Hal ini juga tertuang dalam kitab Khozinatul Asror, bahwa selawat nariyah adalah salah satu selawat yang dapat menjauhi kita dari segala penyakit dan marabahaya.

Itu dia definisi, bacaan, dan manfaat utama dari membaca selawat nariyah. Semoga artikel ini bisa menambah wawasanmu, ya!

Baca Juga: Kumpulan Selawat Nabi dan Manfaatnya, Dapat Menutup Kesedihan

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya