Nyaris Hilang karena Banknya Ditutup, Uang Petani Ini Akhirnya Kembali

Ternyata ini rahasianya

Ciwidey, IDN Times - Pernah kehilangan uang dalam nominal yang sedikit, tentu kita masih bisa ikhlas menerimanya. Tapi apa jadinya ya, kalau uang tabungan kita yang jumlahnya tidak sedikit eh tiba-tiba bisa hilang karena satu dan lain hal yang tidak kita inginkan?

Ternyata ini benar-benar dirasakan oleh salah satu nasabah PT BPR Brata Nusantara, bernama Ahmad Hidayat, di mana izin usaha bank tersebut dicabut oleh lembaga otoritas terkait pada tanggal 30 September 2020 lalu. Bagaimana cerita lengkapnya?

1. Nasabah adalah seorang petani sayur

Nyaris Hilang karena Banknya Ditutup, Uang Petani Ini Akhirnya KembaliAhmad Hidayat, salah satu nasabah PT BPR Brata Nusantara Ciwidey, Jawa Barat (Dok. LPS)

Di kesehariannya, Ahmad Hidayat bekerja sebagai petani sayur. Ia berangkat bekerja untuk mengurus kebun dari pukul 6 pagi, hingga pukul 12 siang. Dari pekerjaannya sebagai petani sayur, semua penghasilannya ia simpan di bank. Tidak hanya untuk tabungan, di bank ini pula ia bisa mendapatkan uang simpan pinjam sebagai modalnya.

Bukan tanpa alasan, Ahmad Hidayat yakin apabila ia sendiri yang menyimpan uang tabungannya tersebut pasti akan cepat habis. Tapi di sisi lain, kehadiran bank ini sangat menolongnya terutama untuk menyimpan uang tabungannya di masa tua nanti.

Baca Juga: Petani Millenial Lampung Pakai Panel Surya Sumber Listrik Hidroponik

2. Bank tempatnya menabung telah dicabut izin usahanya

Nyaris Hilang karena Banknya Ditutup, Uang Petani Ini Akhirnya KembaliAhmad Hidayat, salah satu nasabah PT BPR Brata Nusantara Ciwidey, Jawa Barat (Dok. LPS)

Seketika, harapan Ahmad Hidayat seakan sirna ketika mendengar bahwa bank tempatnya menabung telah dicabut izin usahanya oleh lembaga otoritas terkait pada tanggal 30 September 2020 lalu. Ia hanya heran sekaligus khawatir di balik tutupnya PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Brata Nusantara. 

3. Simpanan dijamin oleh LPS, uang tabungan tidak jadi raib

Nyaris Hilang karena Banknya Ditutup, Uang Petani Ini Akhirnya KembaliAhmad Hidayat, salah satu nasabah PT BPR Brata Nusantara Ciwidey, Jawab Barat (Dok. LPS)

Tapi kekhawatirannya pun hilang ketika salah seorang petugas mengungkapkan bahwa PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Brata Nusantara ini adalah peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sehingga uang tabungannya pun dipastikan aman. Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa proses pencairannya pun tidaklah rumit seperti yang dibayangkan oleh masyarakat lainnya.

Sekadar informasi, dalam rangka pembayaran klaim simpanan para nasabah PT BPR Brata Nusantara, nantinya LPS akan memastikan simpanan para nasabah dapat dibayarkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selanjutnya, LPS akan melakukan rekonsiliasi dan juga verifikasi atas data simpanan serta informasi lainnya guna menetapkan simpanan yang akan dibayarkan. Sebagai estimasi, ini bisa diselesaikan oleh LPS paling lama 90 hari kerja sejak tanggal pencabutan izin usaha, tepatnya paling lambat tanggal 17 Februari 2021 mendatang. Semua pembayaran dana nasabah akan dilakukan secara bertahap, setidaknya selama kurun waktu tersebut.

4. LPS miliki 3T Kriteria Simpanan Layak Bayar untuk para nasabahnya

Nyaris Hilang karena Banknya Ditutup, Uang Petani Ini Akhirnya KembaliInstagram/lps.idic

LPS ini adalah sebuah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah sejak tahun 2005 lalu, yang menjamin simpanan para nasabah perbankan, sekaligus turut aktif dalam memelihara stabilitas sistem perbankan sesuai dengan kewenangannya. Dilansir dari lps.go.id, bahwa LPS menjamin simpanan kamu hingga Rp2 miliar per nasabah per bank. Eits, tapi simpanan nasabah yang dijamin LPS harus memenuhi syarat 3T ya.

  1. Tercatat dalam pembukuan bank
  2. Tingkat bunga simpanan tidak melebihi tingkat bunga penjamin LPS
  3. Tidak melakukan tindakan yang merugikan bank (contoh: kredit macet)

Jadi, kita sebagai sahabat LPS pun, gak perlu khawatir untuk menabung di bank lagi ya, simpananmu pasti aman kok karena sudah dijamin oleh LPS. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa kamu cek di nabungdibank.id. Yuk menabung di bank! (CSC)

Baca Juga: LPS Jamin Simpanan Masyarakat Rp3.418 Triliun di Bank 

Topik:

  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya