Program BRI Peduli Bagikan Beasiswa S2 untuk 36 Jurnalis

Hasil program BRI Fellowship Journalism 2021

Jakarta, IDN Times - BRI Fellowship Journalism 2021 resmi berakhir dengan terpilihnya 36 jurnalis sebagai penerima beasiswa magister (S2). Program yang dimulai sejak Desember 2021 ini diikuti oleh 972 jurnalis dari berbagai media. Kemudian dipilih sebanyak 44 jurnalis untuk ditempatkan di 18 Regional Office BRI se-Indonesia. 

Program kali ini mengusung tema Optimisme Kebangkitan UMKM di Masa Pandemi untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional. Dengan tema ini, para jurnalis mengangkat kisah perjuangan masyarakat pelaku UMKM dalam menghadapi pandemik.

Kemudian para peserta menuangkan kisah tersebut menjadi produk jurnalistik yang diharapkan bisa memberikan motivasi dan semangat bagi para pembaca untuk tetap optimis menghadapi tantangan di masa pandemik.

1. Angkat kisah pelaku UMKM

Program BRI Peduli Bagikan Beasiswa S2 untuk 36 Jurnaliskampung sentra bandeng tambakrejo semarang, kub global milk fish, bri incubator, ud mina makmur, bandeng presto, bandeng presto bu darmono, ilustrasi umkm-14.jpg

Dalam 2 bulan, ke-44 jurnalis ini mengumpulkan sebanyak 1.170 kisah pejuang ekonomi kecil yang sukses bangkit dan memberikan economic value serta social value di lingkungan tempat tinggalnya.

Hal ini tentu saja tak mudah, para jurnalis pun sempat menghadapi masa-masa sulit di tengah pandemik gelombang ketiga terjadi di Indonesia. Banyak jurnalis yang harus isoman atau kantornya sedang menerapkan lockdown, namun mereka tetap menunaikan tugasnya hingga penghujung kompetisi BRI Fellowship Journalism 2021.  

Di sisi lain, para mentor pun bekerja keras untuk melakukan penilaian terhadap kualitas berita yang dihasilkan. Dari sini, terpilihlah 36 jurnalis pemenang Journalist Scholarship dari BRI Peduli.

Mereka berhak atas beasiswa pendidikan magister (S2) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mereka pilih, dengan minat dan jurusan yang sesuai dengan keinginannya.

Baca Juga: Selamat, 36 Jurnalis Indonesia Raih Beasiswa S2 dari BRI Peduli

2. Hadiah tambahan berupa saham BBRI sebanyak 500 lembar

Program BRI Peduli Bagikan Beasiswa S2 untuk 36 JurnalisPenganugerahan Journalist Scholarship, Kamis (7/4/2022). (Dok. BRI)

Penganugerahan Journalist Scholarship telah dilakukan pada Kamis (7/4/2022). Lima pemenang dengan nilai tertinggi mendapatkan hadiah tambahan saham BBRI sebanyak 500 lembar, mereka adalah:

  1. Arifin Al Alamudi Jurnalis IDN Times dengan total score 3100,
  2. Yakob Nauly Jurnalis suarakarya.id dengan total score 2934
  3. Yuda Pranata Jurnalis radarlampung.co.id dengan total score 2760
  4. Ramdani Bur Jurnalis Okezone Sport dengan total score 2728,
  5. Eka Prasetya Kusuma Negara Jurnalis Jawa Pos Radar Bali dengan total score 2395.

Corporate Secretary BRI, Aestika Oryza Gunarto, mengatakan bahwa para penerima beasiswa ini merupakan agen perubahan yang mengedukasi dan memotivasi publik, serta membangun semangat optimisme kebangkitan UMKM Indonesia.

“Selamat kepada rekan jurnalis, semoga beasiswa ini memberikan manfaat positif secara pribadi dan bagi dunia jurnalisme di Indonesia” kata Aestika di Kantor Pusat BRI, Kamis (7/4/2022).

3. Apresiasi dari Mentor BRI Fellowship Journalism

Program BRI Peduli Bagikan Beasiswa S2 untuk 36 JurnalisPenganugerahan Journalist Scholarship, Kamis (7/4/2022). (Dok. BRI)

lebih jauh Aestika menjelaskan, pemberian beasiswa jurnalis ini tidak lepas dari 3 tema besar BRI Peduli yaitu lingkungan, pendidikan dan pengembangan UMKM. Ia pun mengatakan, program ini dilatarbelakangi rasa kebersamaan dan berharap bisa mengembangkan pengetahuan dan karier bagi para jurnalis Indonesia.  

Pada kesempatan tersebut, salah satu Mentor BRI Fellowship Journalism, Alexander Sudrajat, mengaku salut dengan BRI yang memperhatikan profesi jurnalis dengan memberikan beasiswa. Menurutnya, program seperti ini perlu diapresiasi dan ditiru oleh lembaga lain.

"Umumnya lembaga lain memberikan bantuan itu hanya sekali dan putus. Tetapi BRI, memberikan perhatian yang berkelanjutan kepada jurnalis Indonesia dalam program beasiswa S2 dengan nilai nominal yang sangat besar, dan untuk jumlah jurnalis yang banyak pula, yaitu 36 jurnalis,” ujar Kang Ajat, yang juga merupakan jurnalis senior. (WEB) 

Baca Juga: Selamat! 2 Jurnalis IDN Times Raih Beasiswa S2 dari BRI Peduli 

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya