4 Siswa SMPIT Al Hikmah Depok Hanyut saat LDKS, Ayah Korban: Ada Air Bah

Tiga dari empat siswa yang terseret arus berhasil ditemukan 

Depok, IDN Times - Tiga dari empat siswa SMPIT Al Hikmah berhasil ditemukan setelah dinyatakan hilang terseret arus saat mengikuti LDKS di Curug Kembar, Bogor, pada Rabu (12/10/2022). Dari tiga siswa tersebut, salah satunya Amira Hana Purnono telah dibawa pulang dan dimakamkan di Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok.

Ayah Korban, Aipda Wawang Sidik Purnomo mengatakan, anaknya mengikuti LDKS yang dilaksanakan pihak sekolah sejak Rabu (12/10/2022) pagi. Dia mendapat kabar bahwa anaknya akan menuju Curug setelah melaksanakan salat zuhur dan makan siang.

"Makan siang sama salat zuhur berjamaah, abis itu dia ke Curug bersama peserta lainnya," ujar Wawang kepada IDN Times, Kamis (13/10/2022). 

1. Korban hanyut terbawa arus sungai

4 Siswa SMPIT Al Hikmah Depok Hanyut saat LDKS, Ayah Korban: Ada Air BahSunsana rumah duka Amira yang menjadi korban hanyut sungai saat mengikuti LDKS SMPIT Al Hikmah, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Usai mengkuti LDKS di Curug, Amira beserta rombongan bergegas kembali untuk turun. Namun saat perjalanan pulang, korban bersama tiga teman lainnya terseret arus sungai saat cuaca buruk di daerah tersebut.

"Pas baliknya air bah turun yang terjebak banyak cuma yang hilang itu empat anak termasuk anak saya," terang Wawang.

Ia mengetahui anaknya menjadi korban setelah pihak sekolah menghubunginya sekitar pukul 20.00 WIB. Wawang tidak mengungkapkan secara pasti pihak sekolah menghubunginya saat korban berada di rumah sakit atau masih di lokasi.

"Sekitar jam 20.00 WIB, jadi infonya cuma ananda Amira hilang kebawa air gitu aja," ucap Wawang.

Baca Juga: Puting Beliung Hantam Depok, Rumah Warga Rusak dan Pohon Tumbang

2. Dimakamkan dekat rumah korban

4 Siswa SMPIT Al Hikmah Depok Hanyut saat LDKS, Ayah Korban: Ada Air BahJenazah Amira saat akan dimakamkan di TPU Kober, Kecamatan Beji, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Diketahui tiga dari empat korban berhasil diketemukan hingga pukul 22.00 WIB. Korban pertama diketemukan sekitar pukul 18.00 WIB, korban kedua yakni Amira sekitar pukul 19.00 WIB, dan korban ketiga sekitar pukul 22.00 WIB. Satu korban lainnya atas nama Andini belum diketemukan dan masih dilakukan pencarian.

"Amira itu anak kedua dari empat bersaudara, Insya Allah anaknya baik," kata Wawang.

Wawang menambahkan, Amira akan dimakamkan tidak jauh dari kediamannya di wilayah Pondok Cina, Kecamatan Beji Kota Depok.

"Mau di makamanin di TPU Kober," tutup Wawang.

3. Pencarian korban hilang dilanjutkan kembali

4 Siswa SMPIT Al Hikmah Depok Hanyut saat LDKS, Ayah Korban: Ada Air BahTim gabungan melakukan pencarian salah satu korban hanyut terseret arus sungai (IDN Times/ istimewa)

Sebelumnya, sebanyak 4 murid SMP IT Al-Hikmah, Depok, Jawa Barat, hanyut di Curug Kembar, Bogor, saat kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), Rabu (12/10/2022). Tiga di antaranya ditemukan meninggal dunia dan 101 siswa dinyatakan selamat.

Kasi Trantib Satpol PP Kecamatan Cisarua, Efendi mengatakan, hingga kemarin malam petugas gabungan melakukan pencarian korban siswa yang hanyut di sungai saat mengikuti LDKS. Hari ini pihaknya melanjutkan pencarian kembali satu korban yang belum diketemukan.

"Semua pencarian ada 4 orang. 1 belum ditemukan," kata Efendi.

Saat kejadian siswa SMPIT Al-Hikmah sedang mengadakan kegiatan susur sungai air terjun ke atas Curug Kembar. Namun pada saat turun, siswa tersebut terjebak hujan yang sebelumnya di lokasi tersebut sedang cerah.
 
"Informasinya di lokasi mereka sedang kegiatan LDKS itu. Saat ini kita sedang melakukan pencarian kembali," ucap Efendi.

Baca Juga: Depok Berlakukan Jam Malam untuk Pelajar: Maksimal Pukul 20.00

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya