Comscore Tracker

Cek Rekening, Bansos Tunai untuk Warga Jakarta Cair Besok!

Pemprov DKI Jakarta cairkan BST tahap 2 minggu kedua Maret

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 2 sebesar Rp300 ribu untuk warga terdampak COVID-19 besok.

Dilansir halaman akun Instagram resmi Pemrov DKI Jakarta, BST tahap 2 akan ditransfer langsung ke masing-masing rekening penerima manfaat di minggu kedua Maret 2021.

"Pencairan dilakukan minggu ke dua Maret, karena adanya proses pemutakhiran data yang dilakukan petugas kewilayahan," tulis akun tersebut dikutip IDN Times, Minggu (7/3/2021).

1. Data berubah disesuaikan kondisi penerima BST

Cek Rekening, Bansos Tunai untuk Warga Jakarta Cair Besok!Ilustrasi warga penerima Bansos (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Perubahan data tersebut dilakukan karena menyesuaikan kondisi Penerima Manfaat BST, mulai meninggal dunia, pindah luar DKI Jakarta, status perubahan perkawinan, mampu / tidak mampu secara ekonomi, penerima PKH/BPNT dan memiliki tahap tetap.

"Perubahan data dilakukan berdasarkan perencanaan RT / RW melalui Forum Musyawarah Kelurahan yang dilaksanakan pada bulan Februari 2021," tulis akun tersebut.

Baca Juga: Dinsos DKI Perbarui Data, BST Tahap II Akan Disalurkan Pekan Depan

2. Beberapa hal buat Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tidak lanjut

Cek Rekening, Bansos Tunai untuk Warga Jakarta Cair Besok!Kegiatan Lebelisasi KPM PKH PPU (IDN Times/Dinsos PPU)

Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tidak dapat melanjutkan BST COVID-19 tahun 2021 yakni penyalahgunaan kartu BST (diperjualbelikan, disalahgunakan, dll), perubahan hasil musyawarah kelurahan dan pengungkit lapangan oleh petugas wilayah.

Lalu adanya duplikasi dengan penerima bantuan sosial PKH dan BPNT. Penerima yang sudah pindah atau meninggal atau tidak lagi masuk ke dalam DTKS, serta memiliki tahap tetap.

3. Penerima baru BST akan terima bulan Maret 2021

Cek Rekening, Bansos Tunai untuk Warga Jakarta Cair Besok!Petugas PT Pos Indonesia menyerahkan bantuan sosial (bansos) tunai tahap pertama ke salah seorang KPM di Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/4) (Dok. Kemensos)

Terkait adanya tambahan penerima baru di dalam BST DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta sudah lakukan evaluasi dari BST Tahap I, yakni usulan hasil musyawarah kelurahan, ditemukan warga yang masih layak dan memenuhi kriteria untuk mendapatkan bantuan sosial.

Untuk penerima baru tetap akan mendapatkan bantuan di bulan Maret 2021 dengan penjadwalan undangan pendistribusian kartu BST yang akan dibawa oleh Bank DKI ke penerima.

4. BST Tahap 3 cair akhir Maret

Cek Rekening, Bansos Tunai untuk Warga Jakarta Cair Besok!Ilustrasi ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Bagi penerima yang sudah terdaftar di Tahap 1 dan belum hadir saat undangan pendistribusian kartu, maka Pemprov DKI melalui bank DKI mengundang kembali pendistribusian kartu rekening BST penerima melalui jadwal undangan yang sudah ditentukan.

Kemudian untuk pencairan BST tahap 3 akan dilakukan pada akhir Maret 2021yang mengacu data terakhir l yang sudah dilakukan di Februari 2021.

Baca Juga: BST Mulai Didistribusikan, Penerima di DKI Wajib Bawa Dokumen Ini

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya