Comscore Tracker

Kena Gas Air Mata, Bunda Simpatisan Rizieq Oles Odol ke Seluruh Muka

Ada aja aksi simpatisan Rizieq Shihab dari kalangan bunda

Jakarta, IDN Times - Simpatisan Rizieq Shihab terlibat bentrokan dengan aparat kepolisian jelang sidang vonis perkara tes swab RS UMMI yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur pada Kamis (24/6/2021).

Aparat kepolisian menembakkan gas air mata untuk memukul mundur massa yang hendak datang ke PN Jakarta Timur. Tidak sedikit simpatisan yang membekali diri dengan pasta gigi untuk mengurangi efek pedih dari gas air mata, termasuk massa simpatisan dari kalangan perempuan.

Dalam sebuah video yang beredar, simpatisan yang menyebut dari kalangan bunda nampak mengoleskan pasta gigi hampir ke seluruh mukanya di tengah kericuhan tersebut.

"Gas air mata bunda-bunda, tolong bantu doa, bantu semangat kami. Gas air mata di mana-mana, kami terpaksa menyelamatkan diri, mundur. Dihadang gak bisa masuk terpaksa menyelamatkan diri dari rombongan," ujarnya dikutip dari Instagram @merekamjakarta.

1. Polisi menembakkan gas air mata agar simpatisan Rizieq Shihab tidak berkerumun

Kena Gas Air Mata, Bunda Simpatisan Rizieq Oles Odol ke Seluruh MukaMassa pendukung Rizieq Shihab berusaha menghalau rekannya menjauh dari blokade polisi di kawasan I Gusti Ngurah Rai saat akan menuju Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Kamis (24/6/2021). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Dalam akun tersebut menerangkan saat itu polisi tengah menembakkan gas air mata di dekat flyover Pondok Kopi, Jakarta Timur.

"Massa simpatisan dari kalangan bunda terlihat mengoleskan odol di hampir seluruh wajahnya saat melakukan aksi mendukung Rizieq Shihab," tulis akun tersebut.

Baca Juga: Rizieq Shihab Cs Tolak Minta Ampun ke Jokowi dan Pilih Banding

2. Warganet heran dengan aksi para bunda mengoleskan pasta gigi ke seluruh wajah

Kena Gas Air Mata, Bunda Simpatisan Rizieq Oles Odol ke Seluruh MukaSimpatisan Rizieq shihab oleskan odol. (instagram.com/merekamjakarta)

Sontak saja, video tersebut menuai beragam komentar dari warganet.

"Bunda-bunda mendingan masak di dapur urus bisnis catering bunda kalau kena covid jangan salahin ya bundo," ujar warganet mengingatkan.

Namun tidak sedikit yang gagal fokus dengan pasta gigi yang dioleskan ke hampir seluruh muka.

"Ga pedes itu muka, masak odol dipakai skincare," imbuh warganet lain.

"Kok digunakan maskeran," kata warganet lainnya di kolom komentar.

 

3. Massa berkerumun dan sempat bentrok dengan aparat

Kena Gas Air Mata, Bunda Simpatisan Rizieq Oles Odol ke Seluruh MukaMassa menunggu kedatangan Rizieq Shihab di Jalan KS Tubun, Petamburan, Jakarta Pusat, Selasa (10/11/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)

Diketahui, simpatisan Rizieq Shihab berusaha datang ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur menjelang sidang pembacaan vonis pada Kamis (24/6/2021). Dari video yang beredar di berbagai sumber terlihat massa berkerumun dan sempat bentrok dengan aparat. 

Dalam video yang dibagikan Kuasa Hukum Rizieq Shihab Aziz Yanuar bahkan sempat terekam bagaimana massa disemprot water cannon oleh aparat agar segera bubar.

Usai sidang, Aziz Yanuar membantah telah mengerahkan massa ke PN Jakarta Timur. Menurutnya hal itu merupakan reaksi spontan dari simpatisan Rizieq Shihab. 

"Setahu saya gak ada, mungkin itu aksi spontan. Saya kaget juga tadi ramai," ujarnya.

4. Ratusan simpatisan Rizieq ditahan

Kena Gas Air Mata, Bunda Simpatisan Rizieq Oles Odol ke Seluruh MukaMassa pendukung Rizieq Shihab tertahan blokade polisi di kawasan I Gusti Ngurah Rai saat akan menuju Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Kamis (24/6/2021). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Akibat aksi massa itu, terdapat ratusan simpatisan Rizieq yang ditahan. Aziz mengatakan bahwa pihaknya sudah berupaya memberi bantuan hukum bagi mereka yang ditangkap polisi. 

"Mudah-mudahan 1x24 jam ada kabar dan bisa dipulangkan ke tempat masing-masing. Minta doanya juga," jelasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Rizieq Shihab Divonis 4 Tahun Penjara di Kasus Swab Test RS UMMI

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya