Mahfud MD: UU Otsus Papua Dibentuk Sesuai UUD 1945  

UU sudah dibentuk secara bersama oleh DPR dan pemerintah

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, DPR dan pemerintah telah membentuk Undang-Undang Otonomi Khusus Papua (UU Otsus Papua), menggunakan mekanisme yang sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Dasar 1945.

“(Undang-undang ini) sudah dibentuk secara bersama oleh DPR dan pemerintah, menurut ketentuan Pasal 5 ayat (1), Pasal 20 ayat (1) dan ayat (2) UUD 1945,” kata Mahfud dikutip dari ANTARA, Selasa (16/11/2021).

Baca Juga: MRP: UU Otsus Papua Tidak Berdampak pada Hak Politik Perempuan

1. Presiden dan DPR memiliki kekuasaan membentuk undang-undang

Mahfud MD:  UU Otsus Papua Dibentuk Sesuai UUD 1945  Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Pada persidangan sebelumnya, Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Timotius Murib, selaku pemohon menyampaikan pembuatan UU Otsus Papua harus diajukan rakyat Provinsi Papua melalui MRP atau Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) kepada DPR atau pemerintah.

Akan tetapi, berbagai pasal yang telah dipaparkan Mahfud yang berhak untuk mengajukan rancangan undang-undang adalah presiden dan DPR, memiliki kekuasaan untuk membentuk undang-undang.

2. Majelis Rakyat Papua tidak berhak menetapkan undang-undang

Mahfud MD:  UU Otsus Papua Dibentuk Sesuai UUD 1945  Ketua Panitia Musyawarah MRP dan mantan Ketua KPU Papua, Benny Suweni (Dok. IDN Times Screenshot)

Adapun mekanisme pembentukan undang-undang adalah, setiap rancangan undang-undang harus dibahas DPR dan Presiden untuk mencapai atau mendapat persetujuan bersama.

Lembaga lain, menurut Mahfud, tidak boleh ikut serta dalam menetapkan pemberlakuan undang-undang, termasuk dalam pemberlakuan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2021, tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua.

“Majelis Rakyat Papua atau MRP yang menjadi pemohon pengujian dalam perkara ini tidak berhak untuk ikut menetapkan undang-undang ini secara final, tetapi tetap berhak untuk menyampaikan dan didengar pendapatnya dalam proses pembentukannya,” tutur Mahfud.

Baca Juga: Otsus Papua Mengoyak Keamanan dan Kedamaian Orang Asli Papua

3. Pemerintah beri ruang bagi perwakilan masyarakat Papua

Mahfud MD:  UU Otsus Papua Dibentuk Sesuai UUD 1945  Ilustrasi Pulau Papua (IDN Times/Mardya Shakti)

Menko Polhukam juga mengungkapkan sebelum DPR dan pemerintah mengesahkan undang-undang tersebut, pemerintah telah memberi ruang bagi perwakilan-perwakilan masyarakat Papua untuk menyampaikan aspirasinya.

“Baik pemerintah pusat berkunjung ke daerah-daerah, baik kantor Kemenko atau Kemendagri menerima kunjungan MRP dan mengundang narasumber-narasumber, semua sudah didengar. Tetapi, ketetapan akhir, sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945, hanya DPR dan Presiden yang menetapkan (UU),” kata Mahfud.

 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya