Survei SMRC: PDIP Raih Dukungan Publik Terbesar, Perindo Geser NasDem

Sebagai parpol non-parlemen, Perindo cukup menonjol

Jakarta, IDN Times - Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebut PDI Perjuangan mendapat dukungan publik terbesar sebanyak 24,1 persen responden jika pemilu diadakan saat ini. Survei ini dilakukan pada 3-11 Desember 2022.

"Kalau dari partai-partai yang ada, PDI Perjuangan terlihat unggul dalam survei Desember dengan dukungan 24,1 persen," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam siaran YouTube SMRC TV, Minggu (18/12/2022).

Posisi selanjutnya setelah PDIP yakni Partai Golkar (9,4 persen), Partai Gerindra (8,9 persen), Partai Demokrat (8,9 persen), PKS (6,2 persen), PKB (6,1 persen), Perindo (4,6 persen), Partai NasDem (3,2 persen), PPP (2,9 persen), dan PAN (1,7 persen).

1. Hanya tujuh partai yang meraih dukungan publik di atas empat persen

Survei SMRC: PDIP Raih Dukungan Publik Terbesar, Perindo Geser NasDemIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut Deni, partai-partai lain memiliki elektabilitas di bawah satu persen dalam survei tersebut. Deni menggarisbawahi pula bahwa hasil temuan survei itu menunjukkan hanya tujuh partai yang meraih dukungan publik di atas empat persen.

"Temuan survei kami pada Desember ini ada sejumlah partai parlemen yang elektabilitasnya masih di bawah empat persen, sebagai batas psikologis untuk disebut cukup aman melaju ke parlemen," ujarnya.

Namun, dengan hasil survei itu, setiap partai masih memiliki peluang untuk menaikkan dukungan karena ada sekitar 20,9 persen warga yang saat ini belum menentukan pilihan.

Baca Juga: Perindo Dapat Nomor Urut 16 di Pemilu 2024, HT: Raih Suara 2 digit

2. Elektabilitas Partai Demokrat cenderung naik, Partai Perindo menonjol

Survei SMRC: PDIP Raih Dukungan Publik Terbesar, Perindo Geser NasDemKetua Umum Perindo, Hary Tanoesoedibjo melantik organisasi sayap Relawan Perempuan dan Anak (dok. Perindo)

Manajer Program SMRC Saidiman Ahmad mengatakan, dibandingkan dengan hasil Pemilu 2019, dukungan kepada PDI Perjuangan naik dari 19,3 persen menjadi 24,1 persen, sedangkan elektabilitas Partai Demokrat relatif stabil atau bahkan cenderung naik dari 7,8 persen menjadi 8,9 persen.

"Sementara partai-partai lain yang ada di parlemen, dukungan publiknya cenderung menurun dibandingkan Pemilu 2019," kata Saidiman.

Sementara itu, partai non-parlemen dengan elektabilitas cukup menonjol di survei SMRC tersebut ialah Perindo dengan perolehan 4,6 persen.

"Partai-partai non-parlemen di luar Perindo itu relatif belum kompetitif, elektabilitasnya masih di bawah satu persen," ujarnya.

3. Survei SMRC dilakukan terhadap 1.220 responden

Survei SMRC: PDIP Raih Dukungan Publik Terbesar, Perindo Geser NasDemIDN Times/Axel Jo Harianja

Hasil survei SMRC tersebut dilakukan terhadap 1.220 responden dengan metode penarikan acak bertingkat (multistage random sampling). Responden yang dijadikan sampel adalah warga negara Indonesia (WNI) yang memiliki hak pilih atau berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Survei dengan teknik pengumpulan data wawancara tatap muka itu memiliki toleransi atau batas kesalahan (margin of error) sekitar 3,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: PDIP Mantap Nomor Urut 3, Hasto: Efisiensi Biaya Atribut Kampanye 

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya