VIDEO: Detik-detik Jembatan Kuning Kebanggaan Warga Palu Roboh

Dalam video tersebut warga tampak panik

Jakarta, IDN Times - Landmark kebanggaan Kota Palu, Sulawesi Tengah, yakni Jembatan Kuning, hancur dihantam dahsyatnya gempa dan tsunami yang terjadi pada Jumat (28/9) sore. 

Jembatan yang biasa juga disebut Jembatan Ponulele itu diresmikan oleh Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2006 lalu. Jembatan ini menjadi istimewa karena merupakan jembatan lengkung pertama yang ada di Indonesia dan yang ketiga di dunia. Sebelumnya jembatan lengkung sudah ada di Jepang dan Prancis.  

Pascagempa, beredar video detik-detik robohnya jembatan yang menjadi kebanggaan warga Palu. Berikut videonya. 

1. Video amatir yang direkam warga

VIDEO: Detik-detik Jembatan Kuning Kebanggaan Warga Palu RobohIAIN Palu setelah gempa/Foto Prof Azyumardi Azra

Dalam video berdurasi sekitar 2 menit itu, tampak warga mengabadikan kondisi pascagempa dan tsunami. Terdengar alarm mobil yang hanyut tersapu ombak setinggi 1,5 meter di Pantai Talise. 

Kondisi di sekitar tampak hancur, termasuk Jembatan Kuning yang menjadi kebanggaan warga Palu. Jembatan lengkung tersebut tak lagi berbentuk. Warga yang mengabadikan video tersebut pun terdengar berulang kali mengucap takbir, "Allahu Akbar, Allahu Akbar." 

https://www.youtube.com/embed/pmbpLRdrxLE

2. Warga panik dan ketakutan

VIDEO: Detik-detik Jembatan Kuning Kebanggaan Warga Palu RobohANTARA FOTO/Rolex Malaha

Dari rekaman video amatir tersebut, warga yang tampak panik dan kalut juga terdengar memohon maaf dan perlindungan kepada Allah SWT. Setelah melihat Jembatan Kuning hancur tak berbentuk, ia pun berlari dan sesekali merekam kondisi di sekitarnya. 

Tampak sejumlah warga menangis ketakutan melihat kondisi yang luluh lantak akibat gempa dan tsunami. Terlihat pula ombak tsunami masih menyapu beberapa kali meski tak setinggi yang terjadi pertama kali. 

Baca Juga: Begini Kronologi Gempa dan Tsunami di Donggala dan Palu

3. Dibenarkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

VIDEO: Detik-detik Jembatan Kuning Kebanggaan Warga Palu RobohIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Video amatir yang beredar di media sosial ini dibenarkan oleh Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwonugroho. Dalam akun Twitter resminya, Sutopo juga mengunggah video tersebut. 

Dalam video yang berdurasi selama 49 detik yang diunggah Sutopo di akun @Sutopo_PN, terlihat kondisi Jembatan Ponulele di Kota Palu hancur setelah gempa dan kemudian disapu ombak. Tsunami itu sendiri terjadi akibat dari gempa berkekuatan 7,4 SR. 

"Kondisi jembatan Ponulele di Kota Palu yang hancur akibat gempa 7,4 SR. Jembatan ini sebelumnya sebagai icon Kota Palu. Kondisinya hancur. Pascagempa tsunami menerjang pantai sekitarnya. Permukiman di bawah hancur dan terbawa tsunami," tulis Sutopo dalam akun Twitternya, Sabtu (29/9). 

Baca Juga: Update Gempa dan Tsunami Palu, Korban Meninggal 384, Luka Berat 540

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya