Daftar Tokoh dan Pejabat yang Datangi KPK Terkait Kasus Formula E 

Terakhir, Ketua DPRD DKI Jakarta datang ke KPK

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memanggil sejumlah pihak terkait penyelidikan dugaan korupsi Formula E DKI Jakarta. Pemanggilan ini dilakukan setelah KPK menerima laporan masyarakat mengenai dugaan korupsi tersebut.

Lalu, siapa saja yang telah dipanggill KPK?

1. Bambang Widjojanto, Jakpro, dan Inspektorat DKI Jakarta

Daftar Tokoh dan Pejabat yang Datangi KPK Terkait Kasus Formula E Widi Amanasto, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Bambang Widjojanto, dan Syaefulloh Hidayat. (IDN Times/Aryodamar)

Anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Anies Baswedan, Bambang Widjojanto datang ke Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, pada November 2021. Mantan Pimpinan KPK itu datang bersama Inspektorat DKI Jakarta Syaefulloh Hidayat dan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo, Widi Amanasto.

Ketiganya datang untuk menjelaskan kepada KPK soal penyelenggaraan Formula E yang akan digelar Pemprov DKI Jakarta. Selain itu, mereka juga melampirkan dokumen ribuan lembar untuk membantu KPK dalam melakukan penyelidikan.

Baca Juga: Diperiksa KPK, Ketua DPRD DKI Sebut Anggaran Formula E Pakai Ijon

2. Eks Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal

Daftar Tokoh dan Pejabat yang Datangi KPK Terkait Kasus Formula E Dr. Dino Patti Djalal dalam acara Congress of Indonesian Diaspora ke-6, pada 14 Agustus 2021. Dok. Pribadi

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Dino Patti Djalal turut dipanggil KPK pada Januari 2022. Usai diperiksa, Dino mengaku dipanggil KPK karena dirinya yang mengenalkan penyelenggara Formula E dengan Anies Baswedan pada 2019.

Selain itu, Dino juga mendampingi Anies untuk bertemu penyelenggara Formula E di Amerika Serikat. Saat itu Anies melihat penyelenggaraan Formula E di New York.

3. Pimpinan Komisi E DPRD DKI Jakarta

Daftar Tokoh dan Pejabat yang Datangi KPK Terkait Kasus Formula E Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI, Anggara Wicitra (dok. Humas PSI DKI Jakarta)

Iman Satria dan Anggara Wicitra Sostroamidjojo selaku pimpinan Komisi E DPRD DKI Jakarta turut dipanggil KPK karena Formula E. Usai dipanggil KPK, Anggara mengatakan ada banyak hal yang ditanyakan padanya, salah satunya soal biaya komitmen yang telah dibayarkan Pemprov DKI untuk menyelenggarakan Formula E.

4. Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi

Daftar Tokoh dan Pejabat yang Datangi KPK Terkait Kasus Formula E Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi datangi KPK untuk menyampaikan informasi terkait penyelenggaraan Formula E, Selasa (8/2/2022). (instagram.com/PrasetyoEdiMarsudi)

Sosok terakhir yang datang ke KPK adalah Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. Pras datang ke KPK pada Selasa, 8 Februari 2022 dengan membawa setumpuk dokumen.

Pras mengatakan, dirinya menyampaikan segala hal yang diketahui terkait Formula E mulai dari usulan, pembahasan, hingga pengesahan anggaran.

Baca Juga: Profil Perusahaan Pemenang Tender Sirkuit Formula E 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya