Comscore Tracker

Heboh Millennial di IMS 2019, Ridwan Kamil Jadi Magnet di Ujung Acara

Sejak pagi antrean millennial mengular demi ikut IMS 2019

Jakarta, IDN Times – Indonesia Millennial Summit (IMS) 2019 sukses digelar oleh IDN Times, Sabtu (19/1) lalu. Dari awal hingga berakhirnya acara, pukul 18.00 WIB lebih, antusiasme peserta tak hilang. Menjelang Magrib, peserta yang semuanya millennial, masih memadati lokasi acara di Grand Ballroom, Hotel Kempinski, Jakarta Pusat.     

Antusiasme peserta bahkan terlihat sejak acara belum dimulai. Pukul 07.00 WIB, sebelum acara dibuka, peserta sudah mulai memadati lokasi acara. Bahkan mereka dengan sabar menunggu, ketika Pasukan Keamanan Presiden (Paspampres) memasang Metal Detector di pintu masuk untuk keamanan. 

Peserta kemudian langsung berbaris mengantre masuk, begitu Paspamres menyatakan ruangan acara sudah bisa dimasuki.

Metal Detector harus dipasang, karena acara IMS 2019 dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, pukul 10.00 WIB. Meski dibuka pukul 10.00 WIB, namun acara sudah dimulai pukul 08.30 WIB.

Semula peserta IMS 2019 ditargetkan 1.500 millennial. Namun ternyata yang datang lebih dari itu. Tercatat di buku panitia, ada sekitar 2.500 lebih millennial yang menghadiri ajang millennial terbesar di Tanah Air ini.

Sementara jumlah pembicara yang semula diperkirakan sekitar 51 orang, di detik-detik sebelum acara dimulai, bertambah menjadi 60 orang. Banyak tokoh yang tertarik dan meminta hadir di panggung IMS 2019. Para tokoh yang menjadi pembicara ini datang dari berbagai bidang, mulai dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.  

Pada ajang millennial yang pertama digelar di Indonesia ini, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2019. Survei ini dikerjakan oleh IDN Research Institute bekerjasama dengan Alvara Research Center, yang menelisik aspirasi dan DNA millennial Indonesia.

Bagaimana keseruan IMS 2019 yang berhasil menyedot perhatian ribuan millennial Indonesia itu? Berikut catatan di balik layar acara yang menghadirkan tiga panggung tersebut: 

Baca Juga: IMS 2019: Dihadiri Wonder Women Indonesia, Stage Garuda Penuh Animo

1. Antrean peserta IMS 2019 sudah mengular sejak pagi

Heboh Millennial di IMS 2019, Ridwan Kamil Jadi Magnet di Ujung AcaraIDN Times/Ashari Arief

Keramaian IMS 2019 sudah terlihat sejak pagi hari. Pukul 06.10 WIB, sejumlah orang terlihat sudah mulai berdatangan ke Grand Ballroom Kempinski. Sebagian besar di antara mereka yang datang mengenakan batik. Kedatangan mereka mencolok, karena saat itu jalanan di sekitar Hotel Kempinski masih sepi karena sedang libur weekend.

Tampak juga beberapa mobil beriring-iringan memasuki Grand Ballroom Kempinski. Di antaranya mobil berpelat merah. Pertanyaan mereka ke petugas hotel sama, di mana lokasi acara Indonesia Millennial Summit 2019. Petugas keamanan pun tampaknya mafhum, sehingga dengan sigap mengarahkan jalan bagi yang membawa kendaraan dan yang jalan kaki.  

Di lantai 11 Grand Ballroom, tempat acara IMS berlangsung, peserta sudah ramai terlihat. Registrasi baru dibuka pukul 07.30 WIB dan sesi pertama dimulai 30 menit setelahnya, namun antrean penonton sudah mengular. Mereka juga tidak komplain meski harus melewati pemeriksaan oleh Paspampres.

Keramaian tidak hanya terlihat di lantai 11, di lantai dasar orang-orang juga sudah menumpuk menunggu giliran naik lift ke tempat acara.

2. Menghadirkan 3 panggung dengan pembicara kompeten

Heboh Millennial di IMS 2019, Ridwan Kamil Jadi Magnet di Ujung AcaraDok.IDN Times

IMS 2019 mengadirkan 3 panggung tempat pembicara. Panggung utama bernama Bhinneka stage, sementara dua panggung lainnya yakni Garuda dan Nusantara stage

Acara pertama sudah dimulai pukul 08.30 WIB di Bhinneka dan Garuda stage. Di Bhinneka hadir dua pembicara kompeten yakni Salman Subakat dan Melissa Siska Juminto. Salman adalah Chief Marketing Officer PT Paragon Technology and Innovation, yang tak lain adalah generasi kedua dari pemilik perusahaan kosmetik, Wardah. Sementara Melissa adalah Vice President Tokopedia.

Sedangkan di Garuda stage ada 3 pembicara yang membagi pengalaman dan kesuksesan mereka dengan millennial. Ketiganya adalah Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas Azis, Kepala UPT Jakarta Smart City Setiaji, dan pemimpin Qlue Raditya Maulana Rusdi.

Meski terbilang masih pagi, acara ini langsung diserbu peserta. Kursi tempat duduk peserta tidak ada yang kosong satu pun. Bahkan banyak yang harus berdiri tak kebagian tempat duduk. Peserta terus bertambah jelang pembukaan acara oleh Wapres Jusuf Kalla. 

3. IDN Media rilis Indonesia Millennial Report 2019

Heboh Millennial di IMS 2019, Ridwan Kamil Jadi Magnet di Ujung AcaraIDN Times/Ashari Arief

Indonesia Millennial Summit 2019 resmi dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Kalla bersyukur dapat hadir di ajang millennial ini. "Saya bersyukur hadir di acara millennial," kata Jusuf Kalla.

Dalam pembukaan IMS 2019, IDN Media yang diwakili oleh COO William Utomo sempat memaparkan sebagian hasil survei IDN Research Institute berjudul 'Indonesia Millennnial Report 2019' di depan peserta.

"Hanya satu dari empat millennial yang mengikuti berita terkini maupun politik,” jelas William. Riset tersebut merupakan hasil kolaborasi IDN Research Institute bekerjasama dengan Alvara Research Center.

Hasil riset itu kemudian diberikan kepada Kalla secara simbolis serta kepada seluruh pembicara lainnya. Untuk kamu yang ingin membacanya, bisa kamu dapatkan di toko buku ketika sudah resmi dijual.

4. Sekitar 60 pembicara beken hadir berbagi pengalaman dan tips sukses di IMS 2019

Heboh Millennial di IMS 2019, Ridwan Kamil Jadi Magnet di Ujung AcaraDok.IDN Times

Dalam edisi perdana IMS 2019, IDN Times menghadirkan sekitar 60 pembicara beken di berbagai bidang yakni dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.

Beberapa di antaranya adalah calon wakil presiden Sandiaga Uno, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan jurnalis senior Najwa Shihab. Hadir juga Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir, meski bukan sebagai pembicara. 

Ada juga artis Maudy Ayunda, pebisnis transportasi Eka Sari Lorena, putri Presiden Gus Dur Alissa Wahid, sutradara Angga Dwimas Sasongko, Managing Director LINE Indonesia Dale Kim, pebisnis Irvin Gunawan, dan President Director Mercedes-Benz Distribution Indonesia Roelof Lamberts.

Mereka hadir untuk berbagi pengalaman dan juga tips-tips sukses kepada millennial. Tak sedikit dari pembicara yang sebelumnya jarang dan hampir tak pernah muncul di depan publik, bersedia menjadi pembicara di IMS 2019.  

5. Peserta IMS menyuarakan pilihannya untuk Pilpres 2019

Heboh Millennial di IMS 2019, Ridwan Kamil Jadi Magnet di Ujung AcaraIDN Times/Gregorius Aryodamar

Dalam IMS 2019, terdapat sejumlah backdrop berisi paparan IMR 2019. Dalam acara ini, IDN Times mengajak orang-orang yang hadir untuk mengisi survei terkait pilihan calon presiden-wakil presiden, optimisme pada kemajuan bangsa di masa depan serta hal-hal yang membatasi dalam karier.

Dalam backdrop survei Pilpres, peserta yang hadir di IMS 2019 ternyata mayoritas memilih pasangan capres-cawapres Joko "Jokowi" Widodo-Ma’ruf Amin ketimbang Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

6. Ridwan Kamil jadi magnet millennial di penghujung acara IMS 2019

Heboh Millennial di IMS 2019, Ridwan Kamil Jadi Magnet di Ujung Acaradok.IDN Times

Rangkaian IMS 2019 ditutup dengan kehadiran Ridwan Kamil sebagai pembicara dalam topik bertajuk 'Smart City for a Better Quality Life'. Gubernur Jawa Barat itu sebetulnya sempat akan membatalkan kedatangannya ke IMS 2019, karena harus mendampingi Presiden Jokowi yang datang ke Garut, Jawa Barat. Namun, akhirnya ia tetap datang.

Sesi terakhir IMS dimulai dan berakhir terlambat. Namun, hal tersebut tak mengurangi antusiasme peserta. Bahkan, beberapa peserta harus rela duduk di lantai demi bisa menyaksikan Ridwan Kamil di panggung.

Berakhirnya penampilan Ridwan Kamil di panggung utama Bhinneka sekaligus menandai berakhirnya IMS 2019 yang berlangsung selama 10 jam.

Baca Juga: Tinggalkan Jokowi di Garut, Ridwan Kamil Tutup Ajang IMS 2019 

Topic:

  • Sunariyah

Just For You