Intip Harta Ahok dan Ganjar Pranowo, Siapa Lebih Kaya?

Keduanya dilaporkan ke KPK pekan lalu

Jakarta, IDN Times - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pekan lalu dilaporkan Poros Nasional Pemberantasan Korupsi (PNPK) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Keduanya sama-sama politikus PDI Perjuangan.

Sebagai penyelenggara negara, Ganjar serta Ahok yang kini menjadi Komisaris Utama PT Pertamina wajib melaporkan hartanya kepada KPK. Lalu, siapa yang paling kaya dari keduanya?

1. Ahok punya kekayaan Rp59,3 miliar

Intip Harta Ahok dan Ganjar Pranowo, Siapa Lebih Kaya?Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat sidang kasus penistaan agama. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang disampaikan kepada KPK, Ahok mempunyai total kekayaan Rp59,3 miliar. Jumlah tersebut terdiri dari 33 tanah dan bangunan senilai Rp48,7 miliar, hingga lima mobil senilai total Rp5,1 miliar.

Sebanyak 33 tanah dan bangunan yang dimiliki Ahok tersebar di berbagai daerah. Mantan kader Partai Gerindra itu tercatat memiliki tanah dan bangunan di Kabupaten Belitung Timur, Jakarta Utara, Kota Bekasi, hingga Depok.

Sedangkan lima mobil yang Ahok miliki antara lain:

  1. Toyota Land Cruiser 2012
  2. Jeep Rubbicon 2014
  3. Jeep Rubbicon 2018
  4. Mercedes 2019
  5. Toyota Alphard 2019

Tak hanya itu, Ahok juga punya harta berherak lainnya senilai Rp2,39 miliar; surat berharga Rp10,7 miliar; kas dan setara kas Rp1,32 miliar, dan harta lainnya senilai Rp1,26 miliar. Namun, ia tercatat juga punya utang senilai Rp10,789 miliar sehingga ia mempunyai kekayaan senilai Rp59.323.839.726.

Baca Juga: PNPK Laporkan Ahok ke KPK soal Dugaan Korupsi 

2. Ganjar Pranowo punya harta Rp10,5 miliar

Intip Harta Ahok dan Ganjar Pranowo, Siapa Lebih Kaya?Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang disampaikan ke KPK, Ganjar tercatat memiliki total kekayaan senilai Rp10,5 miliar. Jumlah tersebut terdiri dari delapan tanah dan bangunan senilai Rp2,58 miliar serta lima kendaraan senilai Rp1,042 miliar.

Delapan tanah dan bangunan yang Gubernur Jawa Tengah dua periode ini miliki berasal dari hasil sendiri hingga warisan. Tanah dan bangunan tersebut tersebar di berbagai wilayah seperti Kota Bogor, Purbalingga dan Sleman.

Sedangkan lima kendaraan yang Ganjar miliki antara lain:

  1. Mobil Nissan Teana 2013
  2. Mobil Mitsubishi Pajero Sport 2018
  3. Motor Viar Scooter 2018
  4. Motor Kawasi ER-6N 2012
  5. Mobil Toyota Crown 2008

Ia juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp732,86 juta serta kas dan setara kas senilai Rp6,164 miliar. Jika dijumlah, maka total kekayaannya mencapai Rp10.525.241.063.

3. Ahok hingga Ganjar dilaporkan ke KPK

Intip Harta Ahok dan Ganjar Pranowo, Siapa Lebih Kaya?Gedung Merah Putih KPK dijaga oleh Polisi. (IDN Times/Aryodamar)

Diketahui, Ahok dan Ganjar dilaporkan PNPK ke KPK pada Kamis (6/1/2022). PNPK yang diwakili Adhie Massardi menyebut kedua politikus tersebut dilaporkan karena disebut bakal ikut Pemilihan Presiden 2024, sehingga diharapkan Pilpres berikutnya bisa bebas dari isu korupsi.

"Karena kalau masuh 2023 itu sudah tahun politik, nanti akan ada indikasi politiknya, orang akan curiga," jelas Adhie saat itu.

"Contoh soal Ganjar Pranowo, benar dia terlibat (dugaan korupsi) e-KTP atau tidak? kan ini harus dibahas juga. Kemudian ada Erick-Luhut terlibat (dugaan korupsi) PCR atau tidak, kemudian Airlangga Hartarto terlibat (dugaan korupsi) Karru Prakerja atau tidak, kemudian Anies Baswedan ada persoalan Formulai E, dan banyak lagi kandidat lain agar tahu kalau memang bersalah segera tangkap dan kalau tidak (bersalah) dinyatakan clear," sambungnya.

Baca Juga: Lagi Disorot, Ini Program Jokowi, Ahok dan Anies Saat Memimpin Jakarta

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya