Pemerkosa Viral di Bintaro Akhirnya Berhasil Ditangkap Polisi

Peristiwa yang viral di medsos ini terjadi setahun lalu

Jakarta, IDN Times - Kapolres Tangerang Selatan Ajun Komisari Besar Polisi Imam Setiawan membenarkan bahwa kepolisian telah menangkap pelaku dugaan pemerkosa di Bintaro, Tangerang Selatan yang sempat viral di media sosial.

"Iya. Sudah ditangkap," ujar Imam, Minggu (9/8/2020).

1. Terduga pelaku masih diperiksa

Pemerkosa Viral di Bintaro Akhirnya Berhasil Ditangkap PolisiIDN Times/Arief Rahmat

Saat ini lelaki berusia 19 tahun berinisial AF itu tengah diperiksa penyidik di Mapolres Tangerang Selatan. Menurut Imam, terduga pelaku ditangkap di kawasan Pondok Aren, Tangerang Selatan.

"TKP penangkapan di Jalan Swadaya Pondok Aren," kata dia.

Baca Juga: Viral Cerita Korban Kekerasan Seksual Sulit Ambil Jalur Hukum

2. Cerita pemerkosaan korban viral di media sosial

Pemerkosa Viral di Bintaro Akhirnya Berhasil Ditangkap PolisiIlustrasi Pemerkosaan (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya, seorang korban memaparkan di media sosial bagaimana ia selama setahun terakhir kesulitan menempuh proses hukum terkait dugaan pemerkosaan yang dialaminya. Cerita yang terjadi sekitar setahun lalu itu viral di media sosial.

Peristiwa kelam ini, cerita korban, terjadi ketika dia tengah berada di rumah seorang diri.

“Seseorang tampaknya dengan sengaja membangunkan saya dari tidur saya dan saya melihat bayangan tinggi meninggalkan kamar saya,” kata korban. Dia langsung mengikuti arah bayangan tersebut hingga memasuki ruang gantinya.

Pelaku yang disebut korban berinisial RI, bersembunyi di sudut. “Ketika saya memasuki ruangan dan berbalik, saya belum pernah melihat orang tersebut seumur hidup saya,” kata korban lagi.

3. Terduga pelaku meneror korbannya setelah peristiwa terjadi

Pemerkosa Viral di Bintaro Akhirnya Berhasil Ditangkap PolisiIlustrasi kekerasan seksual (IDN Times/Mia Amalia)

Peristiwa kelam itu tak berhenti di sana. Usai dilarikan ke rumah sakit di hari yang sama untuk melakukan pemeriksaan dan melaporkan ke pihak kepolisian, korban masih terus mengalami teror dari pelaku.

"Pertama-tama mencoba minta maaf kemudian sekali lagi mengancam saya karena dia merasa ‘sudah membiarkan saya hidup’. Dia menggunakan VPN untuk meneror Instagram lama saya,” ungkap korban.

Dalam cerita yang diunggah di media sosial, korban juga menunjukkan dengan jelas wajah pelaku dan teror yang dilayangkan pelaku selama ini.

“Saya tidak akan melakukan ini jika polisi akan mengambil tindakan. Tapi menurut hukum, saya tidak memiliki cukup bukti untuk memasukkannya (pelaku) ke dalam penjara hingga yang bisa saya lakukan hanyalah mengungkapkannya,” kata korban dalam awal ceritanya

4. Jika alami kekerasan seksual, segera hubungi nomor berikut ini

Pemerkosa Viral di Bintaro Akhirnya Berhasil Ditangkap PolisiIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Komisi Nasional (Komnas) Perempuan memaparkan, data kekerasan terhadap perempuan terus meningkat setiap tahunnya. Setidaknya dalam empat tahun terakhir sangat terlihat peningkatannya. 

Pada 2019, Komnas Perempuan dalam usulan berjudul Meliput Wabah COVID-19 dengan Perspektif Gender mencatat, ada 431.471 kasus kekerasan terhadap perempuan yang terjadi di Tanah Air.

Komnas Perempuan juga mencatat, potensi kekerasan terhadap perempuan di tengah pandemik COVID-19 terus meningkat karena berbagai faktor. Mulai dari hubungan dengan pasangan yang semakin tegang hingga kondisi ekonomi

Jika ada yang mengalami kekerasan seksual, berikut daftar kontak dan hotline yang dapat dihubungi untuk pendampingan bagi korban:

Komnas Perempuan
Telpon: 021-3903963
Fax: 021-3903922
Tautan: https://s.id/6Tsdx
Email: petugaspengaduan@komnasperempuan.go.id
Facebook: www.facebook.com/stopktpsekarang/
Twitter: @komnasperempuan

LBH APIK
Whatsapp: 0813-8882-2669 (WA only) mulai pukul 09.00-21.00 WIB
Email: PengaduanLBHAPIK@gmail.com

Baca Juga: Bermula dari Aplikasi Jodoh, Wanita di Depok Jadi Korban Pemerkosaan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya