KPU Klaim Hemat Anggaran Rp548 Miliar dari Tahun Lalu 

Dana untuk pemilu 2019 sekitar Rp24,8 triliun

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengaku bahwa lembaga pimpinannya menghemat anggaran hingga Rp548 miliar dibandingkan tahun lalu. 

Bagaimana cara KPU bisa menghemat anggaran yang ada? 

1. Penghematan dari anggaran logistik

KPU Klaim Hemat Anggaran Rp548 Miliar dari Tahun Lalu ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Penghematan itu berasal dari anggaran logistik. Terdapat 9 barang yang dipesan melalui pengadaan e-katalog. 

"Perlu kami infokan, KPU melakukan penghematan dari anggaran logistik yang di anggaran 2018 itu kurang lebih sekitar 548 miliar. Jadi kami akan dorong pada saatnya nanti seluruh logistik pemilu harus diadakan melalui e-katalog. Supaya terjadi penghematan yang luar biasa besar," jelas Arief di Ecovention Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (17/11).

2. Anggaran personel dan logistik sudah aman

KPU Klaim Hemat Anggaran Rp548 Miliar dari Tahun Lalu ANTARA FOTO/Weli Ayu Rejeki

Untuk persiapan pemilihan legislatif dan pemiilihan presiden 2019, Arief menyatakan anggaran untuk personel dan logistik sudah aman.

"Dari anggaran personel dan logistik sudah siap. Yang diperlukan tinggal data pemilih. Karena kalau pemilihnya tidak ada, pemilunya tidak ada," ujarnya. 

Baca Juga: Alasan Millennials Tak Boleh Golput, Menurut Kubu Jokowi dan Prabowo

3. Dana untuk pemilu 2019 sekitar Rp24,8 triliun

KPU Klaim Hemat Anggaran Rp548 Miliar dari Tahun Lalu ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Untuk diketahui, Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp24,8 triliun untuk penyelenggaraan Pemilu dan Pilpres 2019. Arief pun menjamin baik provinsi maupun kabupaten menyatakan anggaran untuk pemilu 2019 sudah siap. 

"Tidak satupun dari perwakilan, baik satuan kerja provinsi maupun satuan kerja kabupaten kota, menyatakan tidak ada anggarannya. Jadi setidaknya, faktor pertama KPU siap karena anggarannya sudah ada. Termasuk anggaran untuk tahun 2019 sudah disiapkan," kata Arief. 

Alokasi anggaran ini naik 3 persen atau bertambah Rp700 miliar dibanding biaya Pemilu 2014 lalu yang mencapai Rp24,1 triliun.

Baca Juga: Menilik Kesiapan KPU untuk Pemilu 2019 Dari 5 Hal Ini

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya